5 Manfaat Pohon Cendana untuk Segala Manfaat

Pohon cendana merupakan salah satu pohon yang mudah sekali ditemui di Nusa Tenggara Timur. Namun sekarang pohon cendana juga dapat ditemui khususnya di pulau jawa. Pohon cendana ini dapat menghasilkan kayu cendana dan minyak cendana. Adapun hasil dari kayu cendana memiliki nilai yang tinggi karena kualitasnya yang bagus. Itu kenapa banyak orang yang tertarik untuk memiliki bisnis dengan memanfaatkan kayu cendana. Dan cara untuk berbisnis kayu ini adalah dengan membudidayakannya.

Diawal kehidupannya bibit pohon cendana ini memerlukan inang untuk dapat membantu pertumbuhannya. Setelah berusia sedikit besar baru kemudian pohon ini bisa hidup secara mandiri tanpa bantuan inang. Itu kenapa membudidayakan pohon ini terasa sulit – sulit mudah. Namun jika Anda berhasil maka hasil dari bisnis ini akan membuat Anda tersenyum lebar karena sangat menjanjikan. Seperti contoh manfaat kayu cendana bagi kehidupan manusia dapat dijadikan sebagai salah satu perabot rumah tangga yang bagus kualitasnya.

Dan berikut ini manfaat pohon cendana untuk segala manfaat antara lain adalah sebagai berikut ini :

1.Parfum

Manfaat pohon cendana yang pertama adalah untuk bahan dasar parfum. Pohon cendana menghaasilkan yang namanya minyak cendana. Minyak inilah yang kemudian di olah untuk dijadikan sebagai parfum. Adapun harga dari parfum pohon cendana ini sangat mahal karena baunya yang istimewa. Terlebih sekarang ini parfum merupakan salah satu penunjang untuk dapat tampil percaya diri di hadapan publik. Belum lagi jika Anda termasuk orang yang sering berjumpa dengan banyak orang penting. Maka keberadaan parfum ini sangat penting.

2. Herbal

Pohon cendana termasuk kedalam manfaat herbal yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Siapa sangka daun dari pohon ini sudah lama dikenal sebagai obat herbal. Obat herbal dari segi ekonomi murah dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Itu sebabnya obat herbal lebih banyak digunakan oleh para orang tua untuk mengatasi sakit yang di alami.

3. Melancarkan buang air kecil

Anda memiliki masalah dengan buang air kecil seperti ayang – ayangan. Ayang – ayangan ditandai dengan perasaan ingin buang air kecil namun begitu sampai di kamar mandi tidak bisa buang air kecil. Kondisi inilah yang disebut dengan ayang – ayangan. Biasanya kondisi ini bermula karena kebiasaan menahan pipis dalam waktu yang lama. Itu sebabnya kita dilarang untuk menahan buang air kecil dimanapun berada. Nah, manfaat pohon cendana ini adalah daunnya yang dapat dijadikan sebagai minuman herbal melancarkan buang air kecil. Ambil bebrapa lembar daun cendana kemudian masukkan kedalam panci dan tambahkan air untuk direbus. Setelah direbus saring airnya untuk diminum. Selain itu ternyata ada juga manfaat air kencing salah satunya adalah sebagai pupuk.

4. Mengendalikan stres

Pohon cendana juga memiliki manfaat untuk mengendalikan stres. Stres berhubungan dengan kondisi kejiwaan yang dimiliki oleh seseorang. Umumnya stres terjadikan akibat tekanan dari beban kerja dan tekanan dari berbagai sudut dalam menjalankan kehidupan ini. Mengendalikan stres diperlukan untuk membantu mengelola stres yang Anda alami. Tujuannya adalah untuk mengatasi dan membuat kondisi mental rileks kembali. Biasanya orang yang mudah stres adalah para wanita. Ini karena wanita kadang sering berada pada kondisi mood yang naik turun akibat datang bulan. Aroma dari pohon cendana ampuh untuk mengendalikan stres secara alami. Selain itu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres adalah coba tenangkan pikiran. Duduk bersila dan pejamkan mata. Hirup nafas dan hembuskan secara perlahan. Dan yang paling penting pastikan kondisi tenang dan mendukung Anda untuk melakukan proses meditasi. Ada juga beberapa cara mengendalikan stres diantaranya manfaat teriak untuk kesehatan dan manfaat tertawa untuk kesehatan.

5. Mengatasi kecemasan

Manfaat pohon cendana yang terakhir adalah untuk membantu mengatasi kecemasan. Kecemasan umumnya hadir seiring dengan rasa takut akan sesuatu. Misalnya takut akan kegagalan atau takut tidak bisa mencapai sesuatu yang sudah lama diinginkan. Sebenarnya kecemasan itu termasuk salah satu sifat negatif yang haru jauh – jauh dihilangkan. Karena sifat kecemasan yang berlebihan dapat membuat seseorang menjadi takut untuk melangkah keluar dari zona nyamannya. Ditambahn lagi rasa cemas sangat tidak baik bagi kesehatan pikiran dan jiwa. Sedangkan sebaliknya manfaat berpifikir positif bagi fisik dan mental  dapat mendorong Anda untuk melangkah maju sejauh yang Anda inginkan. Jadi mulai sekarang ada baiknya untuk menjauhkan sifat cemas salah satunya adalah dengan menggunakan pohon cendana berupa parfumnya yang dapat membantu menenangkan hati dan pikiran.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dari pohon cendana. Ternyata dibalik keanggunan pohon cendana ini juga memiliki beragam manfaat yang dapat di manfaatkan dalam kehidupan kita semua sehari – hari.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan