5 Manfaat Obat Tremenza untuk Flu

Flu merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi oleh virus influenza. Pada umumnya kondisi ini tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya karena tubuh sudah memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri untuk mengatasi virus influenza namun dengan perkembangan teknologi mengkonsumsi obat-obatan tak hanya dapat membantu mengurangi gejalnya tapi juga dapat mempercepat proses penyembuhannya seperti manfaat obat tremenza sebagai salah satu obat flu yang banyak digunakan karena memang tergolong aman dan nyaman.

Kandungan Pada Obat Tremenza

Flu yang disebabkan oleh virus influenza bisa menimbulkan berbagai macam gejala seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk bahkan demam dimana suhu tubuh menjadi meningkat. Lalu apakah tremenza bisa mengatasi seluruh gejalanya atau perlu kombinasi obat lain seperti misalnya manfaat parasetamol yang juga bisa mengatasi flu. Sebelum menambah dosis obat lain ketahui terlebih dahulu kandungan per tablet yang terdapat pada obat tremenza.

  • 60 mg Pseudoephedrine
  • 2,5 mg Triprolidine

Dari daftar di atas bisa dilihat bahwa memang ada dua jenis kandungan yang terdapat pada obat tremenza dimana pseudoephedrine merupakan sejenis zat yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi dengan kata lain obat ini memang bisa mengatasi peradangan yang sering terjadi ketika seseorang terinfeksi virus influenza. Sementara kandungan triprolidine-nya juga memiliki fungsi serupa sebagai anti peradangan sekaligus mengurangi efek alergi yang biasa timbul akibat adanya pelepasan histamin ketika adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus influenza.

Manfaat Obat Tremenza untuk Mengatasi Flu

Seperti yang sudah disebutkan di atas obat tremenza memang cocok dikonsumsi ketika seseorang terserang virus influenza karena memang mengandung zat-zat yang dapat meredakan gejalanya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah daftar manfaat obat tremenza yang perlu diketahui:

  1. Mengatasi Gejala Umum Flu

Salah satu manfaat obat tremenza seperti halnya manfaat paratusin adalah dapat mengatasi gejala umum flu yang disebabkan oleh virus influenza biasa seperti hidung tersumbat, membantu mengatasi rasa sakit pada tenggorokan, mengurangi bersin-bersin dan ingus yang keluar. Selain itu jika dikonsumsi sebelum kondisi parah juga dapat mencegah tubuh demam.

  1. Membantu Melegakan Pernafasan

Kandungan pseudoephedrine dan triprolidine pada obat tremenza memiliki fungsi untuk mengurangi pembengkakan membran mukosa pada saluran pernafasan karena adanya peradangan atau inflamasi. Dengan begitu salah satu efek yang bisa langsung dirasakan adalah pernafasan menjadi lebih lega.

  1. Mengurangi Peradangan

Pseudoephedrine dan triprolidine merupakan zat-zat yang termasuk dalam golongan anti-inflamasi atau anti radang seperti yang terdapat pada manfaat mefentan. Salah satu gejala yang paling sering dialami orang yang terserang flu adalah tenggoroak terasa perih dan panas, hal ini dikarenakan adanya peradangan pada bagian tersebut.

  1. Mudah Diserap oleh Tubuh

Walaupun banyak sekali brand atau merek sejenis dengan obat tremenza yang dapat mengatasi flu namun ternyata obat ini sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga setelah dikonsumsi efeknya bisa segera dirasakan namun untuk hasil yang optimal, setelah mengkonsumsi obat tremenza dianjurkan untuk banyak beristirahat.

  1. Mengatasi Flu yang Disebabkan Reaksi Alergi

Salah satu contoh flu yang disebabkan oleh reaksi alergi adalah ketika seseorang alergi terhadap debu, ketika terpapar debu akan langsung bersin-bersin dan biasanya langsung terjadi peradangan pada bagian pernafasan. Tremenza tak hanya mengatasi gejala yang timbul tapi seperti halnya manfaat obat democolin dan manfaat lotardin yang mengandung triprolidine juga dapat mengatasi reaksi alergi penyebabnya.

Dosis Anjuran Penggunaan Obat Tremenza

Kebanyakan masyarakat awam salah kaprah ketika obat yang dikonsumsi tidak memberikan reaksi itu artinya mereka perlu untuk mengkonsumsi lebih. Walaupun kebutuhan tubuh orang berbeda-beda namun sebaiknya mengkonsumsi obat sesuai dengan dosis dan kalau sudah dikonsumsi tidak kunjung sembuh sebaiknya segera menghubungi dokter dan bukannya menambah dosis konsumsinya. Berikut adalah anjuran penggunaan obat tremenza:

  • Dewasa : 3 – 4 x 1 tablet per hari
  • Anak-anak usia >12 tahun : 3 – 4 x 1 tablet per hari
  • Anak-anak usia 6 – 12 tahun : 3 – 4 x ½ tablet per hari
  • Anak-anak usia 2 – 6 tahun : dianjurkan mengkonsumsi tremenza sirup dengan dosis 3 – 4 x 2,5 ml.

Mengikuti dosis anjuran penggunaan obat sangatlah penting karena kalau dikonsumsi kurang dari dosisi maka obat ini tidak akan berfungsi secara optimal namun jika dikonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan beberapa kondisi seperti berikut ini bisa saja terjadi:

  • Mulut, hidung dan tenggorokan yang harusnya terasa lega justru terasa kering dan sakit.
  • Mengantuk merupakan efek samping dari mengkonsumsi obat tremenza jadi sebaiknya tidak mengoperasikan kendaraan setelah mengkonsumsi obat ini. Dianjurkan justru langsung beristirahat agar proses pemulihan dapat bekerja lebih cepat.
  • Di beberapa kasus, overdosis tremenza juga bisa menyebabkan tremor, gemetaran dan jantung berdetak lebih cepat.

Jika kondisi tidak juga membaik ketika sudah mengkonsumsi obat tremenza sesuai dosis sebaiknya segera hubungi dokter karena bisa saja kondisi yang awalnya terlihat seperti terserang virus flu biasa ternyata justru meruapakan indikasi penyakit yang lebih berbahaya.