9 Manfaat Makan Coklat Solusi Penyembuhan Nikmat

Coklat yang memiliki rasa nikmat dan disukai semua orang ini juga mengandung banyak manfaat coklat untuk tubuh manusia. Awalnya, coklat hanya digunakan sebagai minuman dan bukan makanan yang biasa dikonsumsi sejak dulu oleh masyarakat Amerika Selatan dan bahkan sudah lebih dulu dikonsumsi Suku Maya pada 400 tahun sebelum Masehi. Ada banyak kandungan dalam coklat yang berguna untuk tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, antioksidan, alkanoid, flavonoid dan masih banyak lagi. Dengan begitu banyak kandungan dalam coklat, tentunya juga begitu banyak manfaat makan coklat untuk kesehatan tubuh anda seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Sumber Antioksidan

Tidak hanya enak, namun ternyata coklat merupakan sumber antioksidan tinggi karena mengandung flavanols sejenis antioksidan kuat yang sangat baik untuk tubuh. Flavonoid yakni senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati seperti dalam coklat ini nantinya akan berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya untuk tubuh.

  1. Mencegah dan Melawan Kanker

Kanker yang menjadi salah satu penyakit paling berbahaya di dunia ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbabagi obat yang sudah disediakan alam seperti salah satunya coklat yang merupakan salah satu solusi kanker terbaik. Dari sebuah riset membuktikan jika coklat akan mencegah pemisahan sel kanker sekaligus mengurangi peradangan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Jika anda bermasalah dengan tekanan darah tinggi, makan coklat menjadi cara baik dan nikmat untuk menurunkan tekanan darah. Senyawa yang terkandung dalam coklat sangat ampuh untuk menenangkan saraf yang tegang, merileksasi tubuh dan perasaan sehingga nantinya akan berdampak pada kestabilan tekanan darah. Pilih dark chocolate atau coklat hitam dengan rasa pahit yang baik untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kolesterol LDL hingga mencapai 10%.

  1. Meningkatkan Produksi Hormon Insulin

Hormon insulin merupakan jenis hormon yang dihasilkan pankreas untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh yang penting untuk penderita diabetes. Penelitian di Italia membuktikan jika mengkonsumsi sekitar 3 ons coklat per hari tidak mengandung phytochemical sehingga bisa meningkatkan produksi hormon insulin bagi penderita diabetes.

  1. Meningkatkan Libido

Coklat juga merupakan afrodisiak yaitu peningkat libido atau gairah seseorang. Dari sebuah riset dibuktikan jika wanita yang gemar makan coklat akan memiliki gairah seksual lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi coklat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat dari makan coklat dengan teratur lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena dalam biji coklat mengandung lemak tak jenuh yang merupakan jenis lemak baik bagi tubuh.

  1. Menyembuhkan Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah penyakit yang membuat seseorang sering merasa lelah dan nyeri otot sehingga sulit berkonsentrasi saat beraktivitas sehari hari. Coklat menjadi salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan penyakit ini karena dapat meningkatkan neurotransmitter dan serotonin yang akan mengatur mood saat sedang tidur sekaligus mengatasi lelah secara cepat dan membuat tubuh lebih fit.


  1. Melancarkan Aliran Darah

Coklat juga dapat memperlancar aliran darah karena mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk melindungi peredaran darah sekaligus memperlancar aliran darag. Senyawa flavonoid ini juga akan memperlebar pembuluh darah otak yang akhirnya membuat berbagai penyakit pada peredaran darah bisa dicegah.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Jop Hopkins yang merupakan seorang peneliti dalam risetnya membuktikan jika coklat hitam sangat membantu untuk menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 50% sebab akan memperlambat pembekuan trombosit penyebab utama dari serangan jantung.

Manfaat coklat tidak hanya bisa memuaskan mulut anda namun ternyata juga bisa memberikan banyak khasiat secara bersamaan sehingga bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan