Manfaat Kutu Rambut Untuk Hepatitis yang Tidak Disangka

Kutu rambut tentu saja menjadi binatang yang menjijikkan untuk kebanyakan orang. Membayangkan kutu – kutu rambut yang kecil tersebut kerap membuat orang ingin mandi dan keramas karena tidak mau rambutnya dijangkiti serangga tersebut. Kutu rambut adalah hama yang menjadi musuh manusia dan penyakit sangat menular yang dihindari oleh semua orang terutama para wanita. Sudah diketahui oleh umum bahwa kutu rambut sangat merugikan manusia dengan tinggal sebagai parasit di kepala manusia dengan cara menghisap darahnya, sehingga kepala terasa sangat gatal.

Belum lagi, mereka sangat mudah berkembang biak dan bertelur hanya dalam waktu beberapa jam saja, dan kepala akan menjadi sarang kutu hanya dalam waktu beberapa hari. Satu ekor kutu rambut saja sudah cukup membuat masalah di kepala seseorang. Dari sekian macam kesulitan yang  ditimbulkan oleh kutu rambut tersebut, ternyata masih ada manfaat yang bisa diberikan oleh kutu rambut di bidang kesehatan. Manfaat kutu rambut yang sering dikenal orang adalah manfaat kutu rambut untuk hepatitis.

Penyakit Hepatitis

Salah satu dari sekian ancaman kesehatan di dunia yang utama adalah penyakit hepatitis. Kebanyakan orang yang menderita infeksi hepatitis tidak mengetahui bagaimana mereka bisa sampai tertular, dan tidak semua orang yang terinfeksi hepatitis akan menunjukkan gejala tertentu. Kondisi penyakit ini baru akan disadari di kemudian hari ketika penyakit ini sudah berkembang jauh, dan sebagian besar diketahui pada saat pemeriksaan medis rutin.

Hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2014 menyatakan sebanyak 10 dari 100 orang Indonesia atau sebanyak 28 juta penduduk menderita infeksi hepatitis B atau C, empat belas juta diantara jumlah tersebut berpotensi untuk menderita stadium kronis dan berlanjut ke penyakit kanker hati, sehingga Indonesia menjadi peringkat kedua di ASEAN dengan jumlah kasus penyakit hepatitis B tertinggi.

Hepatitis adalah penyakit peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Saat ini ada lima jenis virus hepatitis yaitu A, B, C, D dan E, yang memiliki karakteristik dan cara pengobatan yang berbeda untuk masing – masing virus tersebut. Yang sering ditemukan adalah virus hepatitis A, B dan C, sementara hepatitis D tidak akan terjadi tanpa adanya virus hepatitis B dalam tubuh.

Hepatitis bisa terjadi karena infeksi virus atau hepatitis non virus, yang terjadi karena alkoholik atau reaksi autoimun. Tidak semua hepatitis menunjukkan gejala atau ada gejala samar yang terjadi pada tahap awal di sekitar 80% kasus, dan dua puluh kasus lainnya bisa menunjukkan gejala dengan berbagai tingkat bervariasi.

Gejala bisa bersifat ringan atau parah pada sebagian orang seperti demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual muntah, nyeri lambung, sendi atau otot, ketidak laziman buang air kecil atau buang air besar, kekuningan pada warna putih bagian mata, kulit terasa gatal dari dalam, sulit berkonsentrasi, dan perdarahan dalam. Ketahui juga mengenai manfaat semut Jepang bagi kesehatan, manfaat minyak tawon, dan manfaat bedak Herocyn.

Kutu Rambut Untuk Hepatitis

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa hewan parasit menjijikkan seperti kutu rambut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat kutu rambut untuk hepatitis terutama dikenal bisa menyembuhkan penyakit ini yang sejak dulu terkenal sulit untuk disembuhkan. Manfaat kutu rambut untuk hepatitis didapatkan dengan cara mengonsumsinya.

Walaupun ukurannya kecil namun tetap saja kutu rambut bukan untuk dikonsumsi manusia. Orang tentu akan jijik untuk mengonsumsinya secara langsung, karena itu biasanya manfaat kutu rambut untuk hepatitis dikonsumsi dengan buah pisang. Kutu – kutu rambut tersebut dimasukkan ke dalam buah pisang dan dimakan oleh penderita hepatitis, sehingga tidak akan terasa seperti sedang memakan kutu rambut.

Sudah banyak orang yang menderita penyakit liver konon mencoba cara pengobatan dengan menggunakan manfaat kutu rambut untuk hepatitis tersebut sebagai pengobatan alternatif, dan setelah beberapa kali pengobatan maka penyakitnya menjadi sembuh. Konsumsi kutu rambut dalam pisang selama satu bulan secara rutin dikatakan bisa menyembuhkan penyakit liver yang diderita, dalam jumlah hingga belasan ekor sehari. Selain itu kutu rambut dikatakan dapat memposes apoenzim yang ada di tubuh manusia hingga menjadi senyawa protein yang sangat berguna bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Penyakit hepatitis jika tidak diobati secara tuntas dapat menyebabkan kerusakan hati atau sirosis bahkan dapat berkembang menjadi gagal hati dan kanker hati. Untuk mencegah penularan hepatitis, Anda perlu menjaga kebersihan sumber air, mencuci bahan makanan dengan baik, tidak berbagi barang – barang pribadi seperti sikat gigi, pisau cukur dan lainnya, menghindari hubungan seksual tidak aman, tidak menyentuh darah dengan tangan telanjang, dan mengurangi konsumsi alkohol, juga mencegahnya melalui vaksinasi hepatitis A dan B.

Walaupun manfaat kutu rambut untuk hepatitis ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda, namun itu bukan berarti Anda perlu memelihara kutu rambut untuk mendapatkan manfaatnya. Sebab akan lebih banyak kerugian yang Anda dapatkan jika rambut Anda berkutu, belum lagi resiko menularkan kutu tersebut ke orang lain yang akan sangat membuat tidak nyaman. Apabila Anda ingin mencoba manfaat kutu rambut untuk hepatitis sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang ahli, karena belum ada penelitian dan bukti secara ilmiah mengenai manfaat kutu rambut untuk hepatitis yang benar – benar membuktikan hal tersebut. Ketahui juga mengenai manfaat vaksin hepatitis B, manfaat daun sukun untuk hepatitis dan manfaat daun benalu.