12 Manfaat Kuliah S3 dan Menariknya Memiliki Gelar Doktor

Tentunya Anda sudah mengetahui dengan baik mengenai manfaat pendidikan terutama pendidikan formal. Indonesia sendiri sudah mewajibkan pendidikan 9 tahun dengan tujuan seluruh anak Indonesia mendapatkan semua pengetahuan dasar yang penting agar mereka siap untuk menghadapi persaingan di masa depan.

Apa Pentingnya Memiliki Gelar Doktor?

Dengan adanya isu globalisasi dan pasar bebas tentunya persaingan akan semakin ketat di masa depan bahkan saat ini para lulusan SMA sudah mulai sulit untuk bersaing dalam mendapatkan pekerjaan yang layak karena memang bahkan lulusan S1 pun sudah mulai kesulitan. Lalu bagaimana dengan para lulusan S2 atau S3? Sayangnya saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa apa gunanya sekolah tinggi-tinggi sampai S3, hanya buang-buang waktu dan biaya. Well, tahukan Anda bahwa ada banyak sekali manfaat kuliah S3 dan memiliki gelar Doktor yang mungkin belum banyak orang ketahui.

  1. Akan Dianggap Lebih Kompeten Secara Akademis

Percaya atau tidak tapi seseorang yang di belakang nama memiliki gelar bahwa dia adalah lulusan S3 maka otomatis orang lain akan menganggapnya jauh lebih kompeten terutama dalam hal akademis. Tidak sembarang orang akan dengan serta merta mengajak Anda berdebat karena mereka tahu kompetensi seorang lulusan S3 bergeral Doktor.

  1. Tentunya Akan Lebih Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dulu ketika pulang kampong membawa gelar S1 saja sudah bangga sekali, bayangkan jika setelah sekian lama Anda pulang dengan membawa gelar Doktor dan bahkan riset Anda diakui dan dipublikasikan tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri beberapa level.

  1. Persaingan di Dunia Kerja Menjadi Lebih Sempit

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lapangan kerja untuk lulusan SMA dan bahkan S1 saja sudah sulit tapi jika Anda lulusan S3, percayalah persaingan di dunia kerja akan menjadi menyempit.

  1. Kesempatan Berkarir Semakin Luas

Ketika persaingan kerja menyempit maka, kesempatan berkarir juga akan semakin luas. Itu artinya Anda bisa dengan leluasa memilih jenis pekerjaan yang memang sesuai dengan passion Anda dan orang tidak akan berfikir dua tiga kali untuk tidak mempekerjakan Anda karena secara akademis kemampuan Anda sudah pasti terbukti.

  1. Menamatkan Kuliah S3 Bisa Sambil Bekerja

Salah satu manfaat S3 juga adalah bahwa kebanyakan orang tidak perlu sampai berhenti bekerja hanya untuk menamatkan kuliah S3. Waktu yang ditawarkan lebih fleksibel walaupun tentunya semakin lama Anda lulus ada semakin banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan termasu masalah biaya, waktu dan tenaga yang terbuang.

  1. Punya Lebih Banyak Kesempatan di Bidang Akademis

Tak hanya di dunia kerja, di bidang akademis pun Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan. Jika tidak bisa menjadi dosen tetap, akan banyak sekali universitas-universitas yang dengan senang hati menerima Anda sebagai dosen tamu, membagikan hasil riset Anda kepada mahasiswa dan mahasiswi.

  1. Lulusan S3 Dianggap Memiliki Lebih Banyak Pengalaman

Menamatkan gelar S3 tidak mudah karena tidak seperti kuliah S1 dan S2 yang kebanyakan bergantung pada SKS dan kuliah di kelas, kuliah S3 menuntut Anda untuk berinteraksi dengan banyak orang sehingga pengalaman dalam mengumpulkan data, wawancara sampai proses riset akan semakin menambah pengalaman Anda.

  1. Pilihan Pendanaan untuk Kuliah S3 Banyak

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari kuliah S3 adalah banyaknya beasiswa untuk riset yang tersedia baik untuk dalam atau luar negeri sementara peminatnya di Indonesia masih sedikit.

  1. Prospek Kerja di Luar Negeri Lebih Tinggi

Jika Anda ingin bekerja di luar negeri memiliki gelar S3 memiliki prospek yang lebih tinggi apalagi jika hasil riset Anda relevan dengan kebutuhan di negara yang Anda tuju. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki riset yang diterbitkan dan digunakan sebagai acuan riset di luar negeri, tidak perlu dicari kesempatan itu akan datang dengan sendirinya.

  1. Bisa Lebih Berguna untuk Bangsa dan Negara

Hasil riset dari kerja keras Anda selama menempuh pendidikan S3 tentunya akan lebih berguna bagi bangsa, negara dan tentunya orang banyak.

  1. Memiliki Standar Gaji Lebih Tinggi

Well, tidak dapat dipungkiri salah satu manfaat kuliah S3 yang tidak dapat dielakkan adalah bahwa setelah lulus Anda akan memiliki standard gaji lebih tinggi dimanapun Anda bekerja karena memang gelar ini akan jauh lebih dihargai lagi.

  1. Lebih Populer

Jika Anda ingin lebih populer di antara teman-teman, keluarga bahkan tetangga maka jangan sungkan-sungkan untuk melanjutkan studi Anda ke jenjang ini.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kuliah S3 apalagi jika Anda masih lajang tapi sudah memiliki gelar S3, orang tua mana yang tidak akan dengan rela mengambil Anda untuk menjadi menantunya? Selain itu gelar S3 juga bisa membuka jalan lebih luas lagi terutama di bidang pendidikan karena bukan tidak mungkin setelah gelar Doktor maka tinggal selangkah lagi untuk mencapai gelar Profesor. Jika demikian, apa kah Anda masih ragu untuk melanjutkan studi S3 Anda?