4 Manfaat Khitan Untuk Kesehatan Yang Perlu Diperhatikan

Selama menjalani proses kehidupan sejak dari awal lahir hingga dewasa, manusia akan melewati beberapa aktivitas wajib yang berkaitan dengan medis dan berhubungan terkiat masalah kesehatan. Aktivitas medis yang dimaksud tersebut mulai dari imunisasi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya hingga proses khitan yang dianjurkan untuk dijalani oleh setiap laki laki untuk tujuan tertentu yang berhubngan dengan kesehatan seseorang.

Khitan jika dilihat dalam Islam, bukan hanya merupakan aktivitas medis yang dianjurkan namun sudah menjadi salah satu bentuk kewajiban bagi setiap laki laki. Menurut wikipedia, khitan atau yang disebut juga dengan sunat merupakan tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Dalam proses sunat atau khitan tersebut tentu dianjurkan  pastinya memiliki tujuan serta manfaat tertentu. Berikut ini beberapa manfaat sunat atau khitan yang perlu diperhatikan dengan baik bagi setiap orang tua.

Mengenal Khitan Lebih Detail

Khitan dalam sejarahnya diketahui sudah dilakukan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Alasan tindakan khitan atau sunat pada zaman prasejarah tersebut masih belum banyak dijelaskan namun mengarah pada ritual pengorbanan, penyembahan, dan tanda penyerahan pada Yang Maha Kuasa, serta sebagai langkah menuju kedewasaan. Maka banyak yang menyatakan bahwa anak laki laki yang sudah khitan merupakan langkah dimana dirinya menjadi seorang yang lebih dewasa di mata masyarakat.

Di era modern ini, sunat merupakan salah satu aktivitas medis yang perlu dilakukan karena adanya keterkaitannya dengan kesehatan laki laki. Sunat atau khitan dapat dilakukan sejak bayi dengan dokter yang berpengalaman hingga anak menuju usia yang lebih dewasa. Dalam tradisi di masyarakat, sunat merupakan salah satu hal yang perlu untuk dirayakan dan disyukuri sehingga seringkali ada beberapa perayaan yang khas dari setiap daerah di Indonesia yang menjadi daya tarik budaya.

Secara medis, khitan dapat dilakukan dengan berbagai macam metode yang terus berkembang untuk membantu menghilangkan rasa sakit dalam prosesnya serta mempercepat penyembuhan. Beberapa proses atau teknik khitan yang dapat menjadi pilihan tersebut diantaranya seperti teknik traditional yang berkembang di pedesaan dengan mengunakan bambu atau pisau tajam, metode konvensional dimana sebelum dipotong pembiusan akan dilakukan, serta metode atau teknik modern seperti klem, electrical cauter atau laser, dan laser CO2.

Manfaat Khitan Untuk Kesehatan

Khitan seperti dalam penjelasan diatas, mulai berkembang dan dipercaya menjadi salah satu aktivitas medis bagi laki laki yang dapat mendukung kondisi kesehatan. Beberapa manfaat khitan untuk kesehatan yang perlu diketahui diantaranya seperti :

  1. Membantu mengatasi penyakit tertentu

Beberapa proses khitan dilakukan bukan hanya sekedar untuk menjaga kondisi kesehatan atau menjalani salah satu sunnah agama namun juga dianjurkan oleh dokter atas indikasi penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang perlu untuk menjalani khitan demi membantu proses penyembuhannya diantaranya seperti fimosis atau kondisi dimana kalup melekat kencang pada kepala penis, refraktori balanopostitis atau kondisi peradangan pada bagian ujung penis, dan infeksi saluran kemih (ISK) yang kronis. Infeksi saluran kemih dapat juga diatasi dengan menggunakan manfaat lobak untuk ginjal.

  1. Mengurangi resiko penularan HPV

HIV atau human papiloma virus merupakan salah satu jenis penyakit seksual menular yang cukup berbahaya. Selain HPV, jenis penyakit menular seksual lain yang perlu diperhatikan diantaranya seperti herpes atau sipilis. Melakukan proses khitan dapat membantu dalam mencegah terjadinya resiko penularan penyakit HPV dan penyakit sipilis. Meskipun sunat atau khitan dapat membantu mencegah terjadinya resiko penularan HPV tersebut dengan melakukan hubungan seksual secara sehat dan aman serta tidak melakukan aktivitas gonta ganti pasangan. Dampak positif ini juga dapat dikombinasikan dengan manfaat kb.

  1. Menghindari terjadinya kondisi kanker

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang paling mematikan dan berbahaya di era modern ini selain penyakit jantung koroner. Kanker dapat terjadi pada bebereapa bagian tubuh termasuk yang berhubungan dengan alat kelamin. Melakukan proses sunat dengan benar dapat memiliki manfaat dalam membantu menghindari resiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan. Hal ini ditunjukan dengan fakta bahwa resiko kanker penis dan serviks menurun pada orang yang sudah menjalani sirkumsisi. Kanker dapat diatasi dengan beberapa pengobatan herbal salah satunya menggunakan manfaat daun kelor untuk kanker.

  1. Memudahkan pembersihan penis

Manfaat khitan lainnya yang dapat diperoleh terkait kesehatan adalah membantu dalam memudahkan pembersihan bagian penis. Pembersihan bagian penis yang lebih mudah tentu akan meningkatkan kondisi kebersihan dari penis sebagai salah satu faktor yang sangat menentukan dalam hal kesehatan seorang pria. Kebersihan bagian penis juga akan membantu menghindari resiko permasalahan kesehatan berhubungan dengan seksual baik diri sendiri maupun pasangannya selain menggunakan manfaat madu bagi pria.

Itulah beberapa manfaat khitan untuk kesehatan yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar karena dari penjelasan yang disebutkan diatas, khitan menjadi salah satu proses penting untuk menghindarkan seorang pria maupun pasangannya dari kondisi permasalahan kesehatan yang berhubungan secara langsung dengan kondisi reproduksi maupun seksual dan juga membantu menjaga kualitas reproduksi.