15 Manfaat Jahe Parut untuk Mengatasi Berbagai Macam Masalah Kesehatan

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat populer di Indonesia baik sebagai bumbu masakan ataupun obat tradisional. Salah satu olahan terkenal dari jahe adalah wedang jahe yaitu minuman yang terbuat dari seduhan jahe yang dirajang, dititik atau diparut. Lalu apakah manfaat jahe parut hanya untuk membuat wedang jahe?

Manfaat Jahe Parut

Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Namun secara spesifik ternyata ada banyak sekali manfaat jahe parut bagi kesehatan karena jahe parut tak hanya bisa dikonsumsi tapi juga bisa digunakan untuk pemakaian luar.

  1. Memberikan Efek Menenangkan

Jahe memberikan efek menenangkan. Jika Anda stress atau mengalami susah tidur cobalah seduh jahe parut dengan air panas dan hirup aromanya. Boleh juga ditambah gula atau madu untuk diminum sehingga memberikan efek menenangkan dari dalam.

  1. Sebagai Pengharum Ruangan Alami

Parutan jahe yang dicampur dengan berbagai macam bahan herbal lainnya seperti serai yang dititik, daun jeruk perut atau pandan bisa menjadi pengharum ruangan alami bahkan dapat membantu mengusir nyamuk dan lalat.

  1. Digunakan Sebagai Antiseptik

Salah satu kandungan aktif yang terkandung dalam jahe adalah antiseptik. Jika ada bagian kulit yang luka dan terbuka bisa menggunakan parutan jahe yang direndam dengan air panas dan dioleskan ke sekeliling luka untuk membersihkan dan mencegah infeksi.

  1. Mencegah Perkembangan Jamur di Kulit

Ada banyak masalah jamur pada kulit dan jahe mengandung kandungan yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan jamur dan mengatasi berbagai masalah kulit termasuk enzema.

  1. Deodoran Alami

Bau badan disebabkan karena beberapa faktor yaitu keringat yang bercampur dengan bakteri. Jahe mengandung anti bakteri alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri sehingga saat berkeringat tidak akan bau.

  1. Mengurangi Efek Kulit Terbakar

Salah satu efek buruk sinar matahari bagi kulit adalah bisa menyebabkan kulit terbakar walaupun sifatnya sementara tapi jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi dan masalah kulit lanjutan. Parutan jahe dapat membantu meredakan rasa perih juga dapat mencegah infeksi.

  1. Digunakan Sebagai Antitusive

Batuk atau flu memang bukan kondisi yang berbahaya tapi bisa sangat mengganggu. Parutan jahe yang diseduh dengan air panas dapat juga berfungsi sebagai zat antitusive untuk meredakan peradangan di tenggorokan dan melegakan pernafasan.

  1. Mengandung Anti Inflamasi untuk Mengatasi Bengkak

Kaki bengkak diakibatkan oleh inflamasi dapat juga diatasi dengan menggunakan parutan jahe yang digunakan sebagai tapel. Jahe mengandung zat yang menghangatkan sehingga dapat meresap ke pori-pori kulit dan mengurangi inflamasi.

  1. Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil

Ketika hamil muda indra penciuman seorang ibu hamil bisa menjadi sangat sensitif dan hal ini merupakan salah satu faktor penyebab mual-mual. Parutan jahe akan mengeluarkan aroma yang segar dan alami sehingga dapat membantu mengatasi rasa mual yang disebabkan oleh bau-bauan lain.

  1. Ramuan Alami Wedang Jahe

Wedang jahe memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan merupakan salah satu ramuan tradisional yang diturunkan secara turun temurun. Wedang jahe bisa dibuat dengan cara merebus jahe tapi untuk hasil yang lebih harum sebaiknya menggunakan parutan jahe.

  1. Mencegah Mabuk Laut

Aroma jahe yang segar ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk mencegah mabuk laut. Jika Anda sering mengalami mabuk laut atau mabuk perjalanan cobalah untuk selalu membawa parutan jahe dan ketika akan merasa mual bisa menghirup aromanya dan efeknya bisa sangat menenangkan.

  1. Mengurangi Panas Demam

Panas saat demam terjadi ketika suhu tubuh meningkat karena tubuh sedang berjuang melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Efeknya bisa membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Parutan jahe yang digunakan sebagai tapel dapat membantu mengurangi panas demam dan membuat penderitanya merasa sedikit lebih nyaman ditambah lagi dengan efek menenangkan jahe.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Masyarakat tradisional sering menggunakan parutan jahe sebagai salah satu ramuan yang disapukan ke tubuh saat dipijat. Hal ini karena efek menenangkan jahe serta efek menghangatkannya ternyata tak hanya dapat membuat tubuh merasa relaks tapi juga dapat membantu melencarkan peredaran darah.

  1. Mengurangi Pegal-pegal

Jika Anda merasa pegal-pegal karena banyak beraktifitas atau setelah berolahraga, bisa menggunakan parutan jahe untuk mengurangi pegal-pegal tersebut. Walaupun saat ini banyak sekali produk untuk mengatasi masalah pegal-pegal namun yang alami selalu menjadi pilihan terbaik.

  1. Sebagai Tambahan Rempah Masakan

Tentu saja semua orang sudah tahu manfaat jahe parut yang satu ini yaitu dapat digunakan sebagai tambahan rempah masakan atau membantu menghilangkan bau anyir pada ikan dan ayam.

Secara umum masih banyak lagi manfaat jahe parut untuk kesehatan karena pada dasarnya jika dikonsumsi jahe memberikan banyak sekali manfaat mulai dari meningkatkan stamina dan energi sampai mencegah penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. Mengkonsumsi jahe secara teratur juga baik untuk mengontrol kolesterol darah dan dapat mencegah darah tinggi sehingga masalah fatal seperti serangan jantung dan stroke dapat dikurangi.

,
Oleh :
Kategori : Herbal