12 Manfaat Jagung Putih Sebagai Sumber Karbohidrat yang Kaya Serat

Kebanyakan orang Indonesia mungkin tidak terlalu familiar dengan jenis jagung putih apalagi tentang manfaat jagung putih karena di Indonesia yang paling dikenal adalah jagung manis yang berwarna kuning muda.

Apa Itu Jagung Putih?

Kebanyakan orang mungkin berfikir bahwa karena warnanya putih maka kandungan gizinya tidak sepadan dengan jagung manis berwarna kuning pada umumnya. Well, sebenarnya warna putih pada jagung putih dikarenakan tidak ada kandungannya beta karoten sementara kandungan gizi, rasa maupun nutrisinya sama saja dengan jagung pada umumnya.

Manfaat Jagung Putih

Walaupun mungkin di Indonesia jagung putih belum seterkenal jagung berwarna kuning namun ternyata jenis jagung ini sudah banyak sekali dibudidayakan di Indonesia terutama di daerah timur seperti di sekitaran daerah Sulawesi dan Nusa Tenggara dimana di beberapa tempat tersebut jagung putih juga dijadikan makanan pokok karena memang ada banyak sekali manfaat jagung putih.

  1. Sebagai Sumber Karbohidrat yang Baik

Salah satu manfaat jagung putih adalah sebagai sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat memiliki fungsi penting bagi sistem metabolisme karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi atau dapat distok sebagai lemak yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber energi cadangan jika diperlukan.

  1. Sumber Energi Sarapan yang Baik

Jika Anda mencari solusi sumber energi sarapan yang baik, olahan makanan yang terbuat dari jagung putih bisa menjadi salah satu rekomendasi. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat tinggi serta mengandung sumber karbohidrat yang sangat baik.

  1. Tinggi Kandungan Seratnya

Jagung terkenal tak hanya tinggi kandungan karbohidratnya tapi juga tinggi kandungan seratnya. Serat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya membantu menjaga berat badan dan menjaga kolesterol dalam darah.

  1. Membantu Mencegah Diabetes

Karbohidrat yang terkandung dalam jagung putih baik untuk mencegah diabetes dan dapat membantu menjaga level gula darah selalu dalam batas normal.

  1. Mengandung Potassium yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Jagung putih juga mengandung potassium yang dianggap baik untuk kesehatan jantung. Fungsi potassium adalah mengurangi kandungan sodium yang berlebihan sehingga dapat membantu mengoptimalkan fungsi jantung.

  1. Kaya akan Vitamin C

Vitamin C tak hanya berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh tapi juga mengoptimalkan penyerapan nutrisi terutama mineral yang dihasilkan dari sistem pencernaan yang baik.

  1. Mengandung Mineral Penting bagi Kesehatan

Beberapa kandungan mineral penting terdapat dalam jagung putih seperti zat besi, zink dan tentunya potassium. Zat besi berfungsi untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan sel darah marah seperti anemia.

  1. Baik untuk Pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, jagung putih juga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan dan dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan yang timbul akibat kurangnya serat dalam tubuh. Pencernaan merupakan salah satu fungsi sentral dimana nutrisi dihasilkan untuk diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin C akan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

  1. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Kanker usus terjadi karena beberapa sebab salah satunya adalah ketika sistem pencernaan terganggu dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri juga merupakan salah satu penyebabnya. Namun jagung putih mengandung antioksidan yang merupakan senyawa anti kanker serta kaya akan serat yang mampu menjaga kesehatan usus secara optimal sehingga dapat mengurangi risiko kanker usus.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Berat Badan

Jika Anda kesulitan dalam menjaga berat badan Anda mungkin mengganti makanan pokok Anda dengan jagung putih bisa menjadi solusi. Kandungan karbohidratnya baik dan dianggap lebih sehat dibandingkan karbohidrat yang terkandung dalam nasi. Selain itu kandungan seratnya juga jauh lebih tinggi. Serat memiliki fungsi mengikat lemak yang berlebihan dalam sistem pencernaan dan dibuang secara langsung dari sistem metabolisme sehingga masalah berat badan dapat diatasi dengan lebih alami.

  1. Mengandung Vitamin B Kompleks Baik untuk Kesehatan Otak

Ada banyak alasan mengapa orang tua sekarang lebih memilih untuk memberikan jagung putih kepada anak-anak mereka karena memang kandungan B kompleks dari jagung putih sangat tinggi dan dipercaya mampu menjaga kesehatan otak. Pada ibu hamil, kandungan asam folat yang terkandung pada jagung putih juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan otak janin.

  1. Mengatasi Masalah Konstipasi

Konstipasi terjadi ketika sistem pencernaan tidak dapat berfungsi secara optimal dan akibatnya pergerakan di usus besar menjadi lambat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya konstipasi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah konstipasi adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan salah satunya adalah jagung putih.

Sebenarnya tidak penting mana yang lebih baik antara manfaat jagung putih, jagung kuning ataupun jagung yang berwarna ungu karena pada dasarnya yang membedakan hanya kandungan pigmentasinya saja sementara secara keseluruhan baik kandungan nutrisi, gizi dan manfaatnya bagi kesehatan hampir sama saja.

,
Oleh :
Kategori : Makanan