7 Manfaat Gis dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan untuk Memetakan

Saat ini sudah banyak sekali berbagai macam sistem yang dapat anda gunakan untuk membantu dalam menyelesaikan aktivitas anda salah satunya adalah aktivitas di pertanian. This merupakan salah satu sistem informasi yang dapat digunakan untuk menyimpan mengolah memasukkan menganalisis kembali serta menghasilkan data bereferensi geografis ataupun data geospasial. GIS kepanjangan dari geographical Information System. Adanya sistem ini dapat membantu anda dalam bidang pertanian. Adapun beberapa manfaat Gis dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut.

Manfaat Gis dalam bidang pertanian

1. Digunakan untuk pemantauan budidaya pertanian

Manfaat Gis dalam bidang pertanian salah satunya dapat dimanfaatkan untuk memantau budidaya pertanian. Pemanfaatan Gis dalam bidang ini dapat digunakan untuk menetapkan masa panen sampai dengan penghitungan secara tahunan. Dalam penentuan tempat pertanian dan masa panen, ini tentu berkaitan pula dengan tanah, apabila tanah yang digunakan dalam pertanian tidaklah gembur, maka akan sulit pula dalam pemanenan. Karena memang manfaat tanah dalam pertanian sangat mempengharuhi hasil pertanian.

2. Digunakan untuk pengendalian hama dan penyakit

Tahukah anda ternyata dengan penerapan Gis ini dalam bidang pertanian dapat membantu untuk menghindari hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman anda. Sehingga dengan demikian menggunakan sistem pemanfaatan Gis dalam bidang pertanian ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya hama dan penyakit. Memang Gis memiliki manfaat untuk mengendalikan hama, dan manfaat sianida juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama, karene kandungan dalam sianida, efektif pula untuk membasmi hama.

3. Digunakan untuk menentukan sumber daya air

Dalam pemanfaatan ini Gis hanya digunakan sebagai sarana untuk mengambil data serta menganalisa data dalam menentukan sumber daya air yang dapat digunakan untuk mendukung proses pertanian yang Anda lakukan.

4. Digunakan untuk pemantauan produksi di bidang pertanian

Aplikasi GIS ini sangat dibutuhkan dalam bidang pertanian karena aplikasi Gis dapat digunakan untuk membantu dalam menghasilkan produksi yang maksimal serta menghasilkan produksi yang memuaskan.

5. Digunakan untuk melihat kerusakan lahan

Dengan mengetahui kerusakan kerusakan lahan yang ada sebelum anda melakukan penanaman dapat mengurangi kegagalan ketika anda melakukan cocok tanam. Kerusakan lahan ini biasanya dikarenakan banyaknya hama atau juga karena berbagai hal lain seperti bencana alam, namun ada satu bencana alam yang justru dapat menambah kesuburan tanah dalam pertanian yaitu vulkanik, karena manfaat tanah vulkanik atau tanah yang kena abu vulkanik ini akan lebih menjadi subur dan gembur. 

6. Digunakan untuk menilai resiko usaha pertanian

Dengan menggunakan aplikasi Gis dapat membantu dalam pengelolaan sumber daya pertanian dan dapat mempermudah anda untuk mengurangi resiko usaha pertanian karena anda sudah mengetahui berbagai informasi tentang usaha pertanian dari aplikasi Gis tersebut.

7. Digunakan untuk membantu dalam penetapan masa panen

Manfaat yang dapat anda dapatkan Ketika anda menggunakan aplikasi Gis dalam bidang pertanian adalah Anda dapat dengan mudah menentukan penetapan masa panen pada tanaman yang anda tanam.

Itulah 7 manfaat GIS dalam bidang pertanian yang dapat anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel manfaat GIS ini dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan anda tentang manfaat GIS dalam bidang pertanian. Dengan adanya Gis dalam pertanian tentu akan mempermudahkan tata cara hitung atau penentuan masa panen dan bebearpa hal yang berkaitan dengan panen. Hal ini  tentu akan membantu para pentani untuk mendapat kan hasil panen yang lebih baik, dari pada tidak menggunakan sistem Gis ini.