8 Manfaat Energi Mekanik bagi Kehidupan Sehari-hari

Jika Anda pernah mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam tentunya Anda tahu bahwa ada banyak sekali bentuk energi dan setiap jenis atau bentuk energi memiliki fungsi serta manfaatnya masing-masing. Energi sendiri merupakan suatu objek yang dianggap sangat fundamental yang bisa berubah bentuk tapi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Salah satu energi dengan banyak manfaat untuk kehidupan manusia adalah energi mekanik.

Apa Itu Energi Mekanik?

Sebelum mencari tahu lebih jauh tentang manfaat energi mekanik ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari energi mekanik. Energi mekanik adalah jenis energi yang dimiliki oleh suatu benda dikarenakan atau disebabkan oleh sifat gerakannya. Energi jenis ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Energi Mekanik Potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan di dalam suatu objek atau materi dikarenakan kedudukannya terhadap benda lain.

  • Energi Mekanik Kinetik

Sementara energi kinetik adalah jenis energi yang dimiliki oleh sebuah benda dikarenakan oleh gerakannya.

Manfaat Energi Mekanik dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari pengertian energi mekanik di atas tentunya Anda sudah bisa membayangkan apa saja jenis-jenis energi energy mekanik yang bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Salah satu manfaat utama dari energi mekanik yang bisa dirasakan oleh umat manusia adalah pemanfaatan energi gerak air untuk menghasilkan energi listrik. Saat ini perusahaan pembangkit listrik kita menggunakan tenaga air sebagai sumber energi yang nantinya akan digunakan untuk penerangan maupun kebutuhan lainnya yang menggunakan energi listrik.

  1. Untuk Menggerakkan Kendaraan

Energi mekanik juga berfungsi sebagai penggerak kendaraan. Sebagai contoh, gerakan mengayun pada sepeda membuat Anda bisa bergerak lebih cepat. Begitu juga dengan untuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil. Hasil dari pembakaran bahan bakar akan menghasilkan energi gerak.

  1. Kincir Angin

Jika di Indonesia pada umumnya menggunakan tenaga air sebagai pembangkit listrik, di beberapa negara lain menggunakan energi angin untuk menghasilkan listrik yang dikenal dengan istilah mesin turbin. Kincir-kincir angin yang digerakkan oleh angin akan diubah oleh mesin turbin untuk menghasilkan energi listrik yang tentunya memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan umat manusia.

  1. Motor Listrik

Ada banyak alat sehari-hari yang bisa Anda temukan di rumah yang menggunakan energi mekanik untuk berfungsi secara optimal. Salah satunya adalah kipas angin yang menggunakan motor listrik yaitu energi listrik akan menghasilkan energi gerak yang kemudiana kan menghasilkan angin.

  1. Bermain Gitar

Salah satu contoh paling sederhana dari manfaat energi mekanik adalah seperti ketika Anda bermain gitar. Gitar tidak akan berbunyi jika tidak dipetik. Proses memetik gitar akan menghasilkan gaya pegas yang membuat senar gitar bergerak dan bergesekan dengan udara sehingga menghasilkan bunyi.

  1. Permainan Ayunan

Dalam kehidupan sehari-hari sepertinya sudah terbiasa melihat anak-anak bermain ayunan bahkan orang dewasa juga masih suka main ayunan. Proses mendorong ayunan yang memberikan gaya dorong pada ayunan juga termasuk dalam energi mekanik.

  1. Mesin-mesin Pabrik

Saat ini sudah banyak industri yang lebih memanfaatkan energi mekanik dalam berproduksi yaitu dengan memilih menggunakan mesin-mesin dibandingkan tenaga manusia. Alasannya sederhana karena memang dengan menggunakan mesin dianggap lebih efisien baik secara waktu maupun biaya karena dalam waktu yang singkat dapat menghasilkan jauh lebih banyak barang dibandingkan jika harus menggunakan tenaga manusia sehingga dapat lebih menekan biaya produksi.

  1. Kereta Uap

Mungkin saat ini kereta api sudah tidak lagi menggunakan tenaga uap namun kereta uap merupakan salah satu contoh pemanfaatan energi mekanik yang penting juga untuk dibahas karena dari energi panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar akan menghasilkan energi uap yang digunakan untuk menggerakkan kereta uap agar dapat bergerak.

Dampak Negatif dari Energi Mekanik untuk Kehidupan Manusia

Pada jaman Revolusi Industri dahulu bisa dilihat salah satu dampak yang bisa muncul ketika pemanfaatan energi mekanik yang berlebihan ternyata juga dapat membuat banyak manusia kehilangan pekerjaan karena banyak pekerjaan manusia sudah digantikan oleh mesin. Namun seiring perkembangan jaman dampak seperti itu tak lagi signifikan karena biar bagaimana canggihnya suatu alat atau mesin tetap saja manusia dibutuhkan sebagai pengontrol kualitas. Walaupun saat ini memang banyak perusahaan atau industri yang sudah menggunakan mesin yang bersifat mekanis namun bukan berarti tidak membutuhkan tenaga manusia hanya saja mesin memang dianggap jauh lebih cepat, efisien dengan biaya operasional yang jauh lebih murah jika dibandingkan harus menggunakan tenaga manusia yang manual.

Secara umum jika dilihat dari beberapa daftar manfaat energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari dapat disimpulkan bahwa energi mekanik sangatlah memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Dari energi gerak bisa menghasilkan listrik yang tentunya berguna baik untuk penerangan maupun fungsi lainnya. Selain itu dengan adanya kendaraan serta alat-alat yang bersifat mekanis tentunya akan membuat pekerjaan menusia menjadi jauh lebih efisien.

Oleh :
Kategori : Buah Buahan