7 Manfaat Daun Pegagan untuk Anak Autis yang Begitu Berkhasiat

Autis ( Autisme ) merupakan kelainan neurologis yang terjadi pada manusia sejak masa kanak-kanak dan bertahan hingga dewasa. Dalam sebuah studi autisme disebabkan oleh gangguan pertumbuhan otak di awal masa pertumbuhan dan cenderung disebabkan oleh faktor genetik. Anda sebagai orang tua yang memiliki anak penderita autis dapat melakukan terapi pemulihan dengan berbagai cara. Salah satu cara memberikan terapi pengobatan tersebut adalah menggunakan tanaman obat alami yang tidak memberikan efek samping berlebih.

Tanaman obat yang dapat digunakan untuk terapi pemulihan anak autis adalah tumbuhan pegagan terutama pada bagian daunnya. Tumbuhan daun pegagan merupakan tumbuhan liar yang tumbuh bebas di ladang atau kebun, Daun tumbuhan pegagan mempunyai khasiat yang beragam dan dapat di jadikan obat terapi pemulihan bagi anak autis. Manfaat daun pegagan untuk anak autis antara lain sebagai berikut

  1. Mengatasi Rasa Cemas pada Anak Autis

Anak yang menderita penyakit autis mempunyai tingkat rasa cemas yang besar. Rasa cemas dapat di tekan dengan memberikan obat antidepresan. Daun pegagan mempunyai kandungan anti depresan yang mampu memberikan rangsangan untuk mengurangi rasa cemas pada anak. Manfaat daun pegagan sudah banyak diteliti oleh ilmuwan luar dan membuktikan bahwa tumbuhan ini dapat mengurangi rasa cemas pada penderita anak autis.

  1. Memperbaiki Funsi Kognitif Otak

Penderita autis mempunyai daya berfikir yang kurang untuk beberapa hal yang tidak ia sukai. Manfaat daun pegagan berikutnya adalah memperbaiki fungsi kognitif otak. Ekstrak daun pegagan dipercaya mampu menjadi obat alami untuk meningkatkan kemampuan berfikir otak. Dalam sebuah studi penelitian, Para ilmuwan membandingkan asam folat dan ekstrak daun pegagan untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa ekstrak daun pegagan lebih efektif daripada asam folat. Anda dapat memberikan ekstrak daun pegagan untuk membuat anak anda bisa lebih berkembang kemampuan berfikirnya.

  1. Mengurangi Tingkat Stress Anak Autis

Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak autis membuat ia mudah stress terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Anda dapat memberikan terapi yang tepat dan pemberian obat alami dari daun pegagan untuk kondisi tersebut. Kandungan Anti depresan pada ekstrak daun pegagan tak hanya mengobati rasa cemas tetapi juga mampu mengurangi tingkat stress pada anak.

  1. Memperbaiki Sistem Saraf

Manfaat daun pegagan berikutnya adalah mampu memperbaiki kinerja sistem saraf. Anti depresan mampu membuat kinerja saraf menjadi normal. Saat sistem saraf bisa berjalan normal maka respon tubuh akan meningkat, hal ini tentu baik bagi penderita autis sebab respon terhadap dirinya bisa lebih mudah diterima dan ditanggapi.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan yang dimiliki daun pegagan dipercaya mampu meningkatkan daya ingat otak. Apabila anak anda menderita penyakit autis, daya ingat yang dimilik cenderung lemah. Mengkonsumsi daun pegagan menjadi alternatif pilhan untuk meningkatkan kembali daya ingat anak autis. Cara ini juga alami jadi anda tak perlu khawatir akan dampak negatif bagi tubuh.

  1. Membuat Mood Lebih Baik

Anak yang menderita autis cenderung memiliki tingkat emosi yang tinggi dan labil. Hal ini bisa berpengaruh pada perilaku dan sikap mereka sehari-hari. Anda dapat mencoba memberikan daun pegagan ini sebagai asupan yang berguna untuk meningkatkan hormon pengatur yang berkaitan dengan emosi dan respon sikap. Daun pegagan dapat memberikan manfaat pada fungsi mood/perasa anak autis.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur sering dialami penderita autis. Anak yang menderita autis tentu sangat merepotkan bagi anda apabila memiliki gangguan tidur. Salah satu manfaat daun pegagan adalah mampu mengatasi gangguan tidur ini. Efek penenang yang dimilki daun pegagan mampu membuat penderita autis memiliki pikiran rileks. Apabila kondisi tubuh rileks akan memberikan kemudahan untuk tubuh dan pikiran bisa beristirahat.

Manfaat daun pegagan untuk anak autis begitu banyak dan beragam. Walaupun tumbuhan pegagan termasuk tumbuhan liar dan tak memiliki nilai ekonomis namun berbagai kandungan zat yang dimilikinya dapat dijadikan salah satu obat atau nutrisi alami bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang mempunyai anak autis sangat disarankan sekali untuk mencoba mengkonsumsi daun pegagan ini. Anda tak perlu sulit mencari tumbuhan ini karena memang mudah ditemukan keberadaannya di sekitar kita.

Agar lebih optimal dalam mendapatkan manfaat dari daun pegagan ini ketahui dulu bagaimana cara menyajikan atau mengkonsumsi daun pegagan yang baik dan benar. Hal yang utama anda wajib berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan sehingga anda dapat tau berapa besarnya konsumsi atau dosis yang sesuai dengan kebutuhan anak anda. Memberikan konsumsi obat alami memang tidak banyak memberikan dampak negatif dan ketergantungan bagi tubuh akan tetapi apabila dosis yang diberikan tidak sesuai kebutuhan tubuh tentu akan menimbulkan ancaman bagi kesehatan tubuh anak.