10 Manfaat Danau Singkarak – Objek Wisata Penting di Sumatera Barat

Danau merupakan salah satu bentang alam yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Namun sayangnya banyak sekali masyarakat yang tinggal di sekitar danau tidak memahami banyaknya potensi serta manfaat danau yang tersedia sehingga kadang danau yang menjadi objek pariwisata yang kadang bahkan tidak dirawat secara maksimal. Salah satu danau di Indonesia yang sangat terkenal sebagai objek wisata adalah Danau Singkarak.

Dimanakah Danau Singkarak Terletak?

Tentunya bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan melihat foto-foto cantik Danau Singkarak yang beredar di internet pasti ingin segera mengunjunginya. Lalu dimanakah Danau Singakarak terletak? Danau Singkarak terletak di Provinsi Sumatera Barat dan tepatnya berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau Singakarak mungkin secantik Danau Toba dan juga merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Jadi memang potensi wisata danau ini sangat besar sekali.

Manfaat Danau Singkarak

Lalu apakah manfaat Danau Singkarak hanya sebatas pada sebagai objek wisata saja apakah tidak ada manfaat lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar danau atau bahkan potensi manfaat lain bagi alam sekitarnya? Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat Danau Singakarak penting diketahui.

  1. Sebagai Objek Wisata Penting Sumatera Barat

Seperti halnya manfaat Danau Toba, Danau Singkarak juga merupakan objek wisata penting yang berada di Sumatera. Sebagai objek wisata penting tentunya banyak memberikan kontribusi secara ekonomi terutama untuk masyarakat yang tinggal di sekitar danau.

  1. Sumber Air Bersih yang Utama

Seperti halnya manfaat sungai, Danau Singakarak yang memiliki air yang sangat jernih dapat dimanfaatkan sebagai  sumber air bersih yang utama bagi masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar danau maupun daerah-daerah sekitarnya.

  1. Potensi Pengembangan Ekosistem Danau

Ekosistem danau memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan yang berada di sekitarnya. Ada banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dari ekosistem Danau Singkarak dan salah satunya adalah budi daya ikan air tawar.

  1. Memiliki Potensi Budaya Berasal Dari Masyarakat yang Tinggal di Sekitar Danau

Tak hanya manfaat danau yang bisa dirasakan oleh mereka yang mengunjungi Danau Singkarak tapi juga manfaat keanegaraman budaya yang berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar danau. Tentunya hal ini menjadi nilai lebih bagi turis yang datang.

  1. Potensi Wisata Kuliner Khas Danau Singkarak

Danau Singkarak memiliki satu biota endemik yaitu ikan bilih dan ikan ini hanya ditemukan di Danau Singkarak sehingga memang ikan ini menjadi wisata kuliner khas Danau Singkarak yang wajib dicoba bagi para pengunjung.

  1. Pembangunan PLTA Singkarak

Ada banyak sekali manfaat air dan salah satunya dapat dijadikan sumber listrik lewat PLTA Singkarak.

  1. Penambakan Ikan di Sekitar Danau

Ikan bilih sekarang ini populasinya sudah mulai berkurang, penambakan ikan bilih di sekitar danau bisa menjadi solusi peremajaan sehingga dapat menambah tingkat perekonomian masyarakat sekitar.

  1. Olahraga Air

Potensi lain yang bisa dimanfaatkan dari Danau Singkaran adalah olah raga air mulai dari memancing, berenang sampai olahraga dayung.

  1. Potensi Biota Endemik Ikan Bilih

Seperti yang sudah disebutkan di beberapa poin di atas salah satu potensi utama dari Danau Singkarak adalah adanya biota endemik yaitu ikan bilih.

  1. Wisata Pendidikan untuk Anak-anak

Objek wisata tak hanya tentang tamasya, jalan-jalan dan bersenang-senang namun Danau Singkarak juga bisa menjadi solusi wisata Pendidikan bagi anak-anak karena keadaan ekosistemnya yang unik sampai adat budaya masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Krisis Lingkungan di Sekitar Danau Singkarak

Saat ini sudah banyak ditemukan krisis lingkungan di sekitar Danau Singkarak dan untungnya pemerintah sudah mulai menyadari dan mulai mengambil beberapa inisiatif untuk mencegah krisis lingkungan menjadi semakin parah.

  • Ikan Bilih merupakan populasi ikan yang sangat penting di Danau Singkarak karena ikan ini hanya ditemukan di Danau Singkarak saja. Sayangnya beberapa tahun terakhir populasi ikan ini berkurang ditandai dengan berkuranganya tangkapan para nelayan. Oleh karena itu potensi penambahan guna peremajaan ikan bilih di danau ini sangatlah penting.
  • Tidak dipungkiri mengenai manfaat energi listrik namun sejak dibangunnya PLTA Singkarak pada awal tahun 1990an memang sudah banyak sekali terjadi perubahan lingkungan di sekitar Danau Singkarak. Masalah ini semakin diperburuk ketika Danau Singkarak juga dijadikan tempat pembuangan limbah sehingga biota-biota endemik yang hanya terdiri dari 19 jenis spesies ikan kesulitasn mencari tempat untuk bertelur sehingga populasinya semakin hari semakin berkurang.
  • Cara masyarakat sekitar menangkap ikan juga masih sangat sederhana bahkan beberapa diantaranya masih menggunakan bom ikan yang tentunya sangat merusak. Untungnya sudah dilakukan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga lingkungan terutama di sekitar Danau Singkarak.

Peranan generasi muda sangat penting untuk senantiasa menjaga kelestarian Danau Singkarak terutama dalam hal menjaga keberlangsungan kehidupan di sekitar Danau Singkarak karena danau ini merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat yang tinggal di sekitarnya.