7 Manfaat Batuan Gabro Serta Kelebihannya

Batuan gabro juga dikenal dengan istilah granit hitam dan merupakan salah satu jenis batuan beku yang banyak digunakan sebagai salah satu bahan atau media konstruksi. Batuan gabro sendiri terbentuk dari adanya proses pembekuan magma yang berlangsung di dalam permukaan bumi yang membutuhkan durasi waktu yang cukup lama.

Manfaat Batuan Gabro

Karakteristik utama batuan gabro adalah memiliki warna gelap kehijauan cenderung hitam yang menjadi alasan mengapa batuan ini juga dikenal dengan nama granit hitam. Dalam dunia konstruksi batu gabro atau granit hitam sudah cukup lumrah namun seperti halnya batu granit lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari batuan gabro.

  1. Untuk Bahan Bangunan

Salah satu daya tarik dari batuan gabro atau granit hitam adalah pola, pattern atau coraknya yang unik. Karena batuan gabro adalah batuan alam jadi semuanya terbentuk secara alami sehingga tidak akan dua corak granit yang sama. Oleh karena itu sebagai bahan bangunan, penggunaan batu gabro bisa memberikan corak tersendiri bagi hunian Anda ketika dilihat dari luar apalagi warna hitamnya yang member kesean elegan.

  1. Digunakan untuk Design Interior Ruangan

Selain untuk bahan bangunan untuk membuat hunian Anda terlihat lebih elegan dan mewah batuan gabro juga bisa digunakan untuk design interior ruangan seperti untuk lantai, dinding ataupun untuk kitchen island karena permukaannya yang terlihat mewah namun keras dan tebal. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat bahwa menggunakannya untuk design interior ruangan membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat harga batu granit yang tidak murah jadi perencanannya harus benar-benar matang.

  1. Bisa Juga digunakan Sebagai Campuran Paving Block

Karakteristik batu gabro yang kuat membuatnya menjadi salah satu pilihan bahan sebagai campuran paving block. Jika Anda menggunakan paving block biasa yang terbuat dari campuran semen dan pasir maka berdasarkan pengalaman, tidak akan bertahan lama apalagi jika jalan masuk rumah Anda sering dilalui mobil maka akan cepat hancur tapi tidak akan terjadi jika campurannya adalah batuan gabro.

  1. Bahan Pembuatan Produk Kerajinan

Salah satu manfaat batuan gabro adalah sebagai bahan pembuatan produk kerjinan. Bahkan sejak jaman dahulu sudah banyak ditemukan kerajinan dalam bentuk gerabah ataupun patung yang dipahat dan bahan dasarnya adalah menggunakan batu granit atau batuan gabro yang memang terkenal kokoh dan kuat.

  1. Umum Digunakan Sebagai Batu Nisan

Di era modern, warna hijau kehitaman batuan gabro juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk menggunakannya sebagai batu nisan. Rancangan yang sederhana namun karena corak serta warnanya yang mewah membuat batu nisan yang memiliki potongan sederhanapun menjadi terlihat lebih elegan. Selain itu penggunaan batu gabro juga akan membuat batu nisan tahan lebih lama tanpa perawatan ekstra atau secara reguler.

  1. Digunakan Sebagai Batu Perhiasan

Ada juga beberapa orang yang memanfaatkan corak dan warna unik dari batu gabro sebagai batu atau media perhiasan. Walaupun mungkin nilainya tidak akan senilai dengan jenis batu perhiasan lain namun bisa memberikan kesan elegan dan mewah serta unik bagi pemakainnya. Walaupun mungkin di Indonesia penggunaan batuan gabro sebagai perhiasan masih jarang namun sudah cukup terkenal di luar negeri.

  1. Media Panjat Tebing

Tidak banyak orang yang tahu bahwa batuan gabro juga sering dijadikan sebagai media panjat tebing karena olahraga jenis ini memerlukan fasilitas yang dirancang dengan baik terutama dari segi keamanan. Penggunaan semen atau batuan biasa dapat membahayakan karena bisa saja pecah atau cepat aus, sementara batu gabro dapat bertahan lama.

Kelebihan Batuan Gabro Dibanding Jenis Batuan Lain

Ada banyak jenis bebatuan dan jika saat ini Anda memiliki rencana untuk merenovasi rumah dan batuan gabro terdapat dalam salah satu rekomendasinya mungkin perlu mencari tahu tentang kelebihan batuan gabro dibandingkan dengan batuan jenis lain.

  • Salah satu karakteristik utama yang mencolok dari batuan gabro adalah warnanya yang berwarna hijau cenderung hitam. Warna ini member kesan elegan apalagi jika digunakan untuk design interior ruangan seperti untuk kitchen island atau lantai.
  • Selain warnanya, salah satu karakteristik utama dari kebanyakan batu granit adalah pattern yang terdapat akibat dari proses pembentukannya yang lama dan alamiah sehingga memberikan sentuhan yang sangat unik.
  • Batuan gabro juga termasuk dalam jenis bebatuan yang tahan dan kuat dengan daya serap air yang rendah sehingga cocok digunakan untuk bahan bangunan karena bisa bertahan lama.

Dari segi kesehatan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa beberapa jenis batuan yang tergolong dalam batu granit bisa memancarkan radiasi yang dianggap berbahaya dan dapat memicu kanker. Namun walaupun kemungkinan itu ada tapi beberapa penelitian lanjutan menyatakan bahwa kemungkinannya sangatlah kecil sehingga sampai tidak perlu menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan terutama bagi Anda yang ingin menggunakan batu granit sebagai salah satu bahan konstruksi untuk membangun rumah impian Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam