8 Manfaat Arah Mata Angin dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan ada banyaknya aplikasi penunjuk jalan saat ini yang menggunakan sistem GPS semakin banyak orang yang tidak tahu tentang fungsi serta manfaat arah mata angin dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Arah Mata Angin?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang manfaat arah mata angin, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa itu arah mata angin. Mata angin secara umum diartikan sebagai panduan yang digunakan untuk menentukan arah yang biasanya digunakan untuk kepentingan navigasi. Terdapat delapan arah mata angin yang perlu Anda ketahui dengan putaran mengikuti arah jarum jam yaitu Utara yang diposisikan pada arah jarum jam 12, selanjutnya mengikuti Timur Laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut.

Manfaat Arah Mata Angin dalam Kehidupan Sehari-hari

Kebanyakan anak-anak jaman sekarang menghafal arah mata angin hanya sebagai bagian dari pelajaran yang akan keluar saat ujian. Padahal mengetahui arah mata angin sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari dan berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengetahui arah mata angin dengan baik.

  1. Membantu Agar Tidak Tersesat

Salah satu manfaat utama yang bisa Anda dapatkan ketika mengetahui arah mata angin adalah dapat membantu Anda gar tidak mudah tersesat. Misalkan saja Anda berada di suatu wilayah asing, Anda tetap bisa menebak kemana arah Anda berjalan dan tahu ke arah mana Anda harus kembali walaupun menempuh jalur yang berbeda.

  1. Lebih Mudah untuk Menjelaskan Arah

Pernah tidak Anda menanyakan arah kepada seseorang dan dia hanya bilang, belok kanan, belok kiri terus belok kiri lagi lalu belok kanan. Pasti membingunkan bukan? Sebenarnya dengan mengetahui arah mata angin menjelaskan arah kepada orang asing bisa jauh lebih mudah karena setidaknya orang yang diberi penjelasan setidaknya bisa menebak ke arah mana dia harus berjalan.

  1. Digunakan untuk Navigasi Kapal ataupun Pesawat

Manfaat arah mata angin yang mungkin paling krusial adalah ketika digunakan untuk tujuan navigasi baik itu kapal ataupun pesawat karena di laut ataupun di udara tidak ada rambu-rambu lalu lintas sehingga penting bagi sebuah sistem navigasi untuk menggunakan mata angin sebagai penunjuk arah yang utama sehingga tidak terjadi kecelakaan.

  1. Dapat Digunakan Sebagai Patokan Menentukan Kiblat

Bagi umat Islam, mengetahui arah mata angin juga dapat membantu mereka menentukan kilbat untuk sholat. Begitu juga sebaliknya jika Anda sedang berada di tempat asing dan tidak tahu arah mata angin, Anda bisa lihat arah kuburan umat Islam yang selalu menghadap ke kiblat sehingga Anda bisa menerka-nerka kemana Anda harus pergi atau melanjutkan perjalanan.

  1. Bisa Membantu Mendeteksi Cuaca Sekitar

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa dengan mengetahui arah mata angin serta arah tiupan angin Anda bisa mendeteksi cuaca sekitar. Contoh sederhana saja Anda akan pergi keluar rumah sementara ketika melihat ke arah langit sudah terliat awan hitam di beberapa sisi. Dengan mengetahui arah mata angin dan arah angin Anda bisa memilih rute yang membebaskan Anda dari hujan.

  1. Digunakan untuk Membaca Peta

Walaupun saat ini sudah banyak teknologi sehingga Anda tidak membutuhkan lagi untuk mebawa peta konvensional namun tetap saja pengetahuan dasar membaca peta sangatlah diperlukan terutama jika Anda suka bepergian atau travelling. Karena jika di negara asing tidak semua orang paham teknologi sehingga membawa peta konvensional tetap sesuatu yang penting setidaknya untuk saat-saat emergency.

  1. Mengetahui Perkiraan Waktu

Tahukah Anda bahwa untuk mengetahui waktu tidak selalu menggunakan jam. Well, jika Anda paham dan mengetahui arah mata angin maka Anda juga bisa memperkirakan waktu. Pernah dengan tentang jam matahari? Tentunya Anda tahu di bagian mana matahari terbit dan di bagian mana matahari tenggelam. Dengan mengetahui arah itu saja Anda sudah bisa menerka waktu hanya dengan berdiri di bawah sinar matahari dan melihat arah bayangan Anda.

  1. Tidak Selalu Bergantung kepada Teknologi

Seperti yang sudah disebutkan di beberapa poin di atas sudah banyak teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda menentukan arah bahkan lengkap dengan denah suatu kota sehingga tidak mudah tersesat. Namun akan ada kalanya Anda harus berada di tempat yang tidak mendukung teknologi-teknologi tersebut atau ketika tiba-tiba smartphone Anda kehabisan daya atau provider Anda tidak mendukung dan lain sebagainya. Tapi jika Anda mengetahui arah mata angin Anda tidak harus selalu bergantung kepada teknologi.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa dengan mengetahui arah mata angin ternyata memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ketika banyak orang begitu bergantung kepada teknologi, Anda tidak perlu khawatir ketika ada saatnya dimana Anda tidak bisa bergantung dengan teknologi. Jadi setelah mengetahui manfaat arah mata angin dalam kehidupan sehari-hari tentunya Anda tidak akan menganggap sepele pengetahuan ini.

,
Oleh :
Kategori : Pendidikan