7 Manfaat Akupuntur Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang terus naik memang menjadi salah satu masalah umum yang dialami khususnya oleh wanita. Tidak hanya memperburuk penampilan, namun berat badan berlebih atau obesitas juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, kolesterol, diabetes dan sebagainya. Begitu banyak dampak buruk dari obesitas ini, maka banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menjaga keseimbangan berat badan yang salah satunya bisa dilakukan dengan akupuntur. Lalu, apa saja manfaat akupuntur untuk diet?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teknik akupuntur tidak hanya berguna untuk meningkatkan efektifitas obat obatan, namun juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan ini, maka sumber energi yang dikeluarkan dalam proses pembakaran lemak akan lebih banyak dan hasilnya tubuh akan terlihat lebih proporsional secara bertahap.

  1. Menjaga Pola Makan dan Sistem Pencernaan

Kegunaan akupuntur berikutnya adalah supaya pola makan bisa lebih teratur sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Teknik akupuntur nantinya akan mennargetkan bagian otak thalamus dan juga hypnothalamus yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan. Jika sebelumnya dalam sehari seseorang bisa makan sebanyak 3 piring, maka nantinya bisa berkurang hingga 1 piring saja. Selain itu, teknik akupuntur ini juga bisa mengatur kadar gula darah supaya normal yang tidak hanya penting untuk penderita diabetes, namun juga membantu tubuh untuk mengurangi nafsu makan berlebih. Sedangkan kegunaan akupuntur untuk sistem pencernaan adalah mencegah sembelit sehingga kotoran tidak tertimbun di dalam tubuh.

  1. Menyeimbangkan Hormon

Hormon yang tidak seimbang menjadi salah satu penyebab dari tubuh terlihat semakin besar khususnya pada wanita. Teknik akupuntur ini menjadi solusi efektif untuk melangsingkan bentuk tubuh dengan cara mengatur keseimbangan hormon. Dengan ini, maka teknik akupuntur juga berguna untuk mencegah tumor dan juga solusi kanker.

  1. Mengontrol Stress

Stress juga menjadi penyebab utama dari masalah berat badan dan ini juga bisa diatasi dengan teknik akupuntur. Teknik akupuntur ini akan membantu tubuh untuk melepaskan hormon bahagia bernama endrophis sehingga tubuh akan semakin rileks dan stress terlalu berlebihan bisa dikurangi sekaligus mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi cemilan terlalu berlebih.

  1. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu teknik akupuntur yang dilakukan pada jaringan rongga mulut bertujuan untuk mengendalikan kebiasaan buruk seseorang yang sering makan pada tengah malam dan juga mengurangi rasa lapar terlalu berlebihan sehingga akan sangat mendukung program diet yang sedang dilakukan.


  1. Mengaktifkan Kelenjar Ramus Auricularis

Selain banyak manfaat akupuntur untuk kolesterol, metode akupuntur dengan cara menusukkan jarum khusus di bagian belakang telinga merupakan titik rasa lapar yang terjadi pada manusia dan berhubungan dengan aktivitas lambung. Teknik akupuntur ini akan mengaktifkan kelenjar ramus auricularis yang nantinya akan mengalir secara perlahan menuju jaringan tubuh lain sehingga akan berpengaruh pada sistem pencernaan atas. Dengan ini, maka lambung bisa menjadi lebih tenang dan lambat dalam mencerna makanan dan rasa lapar bisa dan bahkan bisa merasa kenyang lebih lama melebihi 4 jam sesudah makan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat akupuntur yang terakhir adalah sangat membantu anda dalam menurunkan program diet menurunkan berat badan. Akupuntur yang dilakukan secara teratur sebanyak 2 kali seminggu bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, buang air besar juga akan semakin lancar sehingga penumpukan lemak dalam tubuh akan terbuang bersama dengan tinja.

Tidak hanya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit, manfaat akupuntur wajah dan melancarkan aliran darah, namun ada beberapa manfaat akupuntur untuk diet yang bisa dimanfaatkan dan membantu program menurunkan berat badan anda. Hal yang harus diperhatikan adalah memastikan akupuntur tersebut dilakukan oleh tenaga profesional berpengalaman yang sudah memiliki sertifikasi baik.

,
Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.