9 Manfaat Madu Rambutan bagi kesehatan tubuh

Madu sebagai hasil alam berupa cairan kental dengan rasa khas manis yang dihasilkan dari kegiatan lebah dengan nektar bunga. Pembentukan madu diawali hinggapnya lebah disekitar nektar dan mneghisap nektar bunga kemudian memprosesnya sehingga hasil proses tersebut diletakkan pada sel – sel sarang, kegiatan ini dilakukan oleh banyak lebah sehingga hasilnya terkumpul banyak menjadi madu. Rasa manis dari madu dihasilkan dari adanya monosakarida dalam kandungan madu, sehingga hal ini membuat madu menjadi pemanis alternatif selain gula.

Madu yang beredar di pasaran memiliki banyak jenis yang setiap jenisnya di produksi dengan bahan dan cara yang berbeda. Salah satunya yaitu madu rambutan, madu rambutan merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah ternak yang disebar di perkebunan rambutan sehingga menghisap sari dari nektar bunga tanaman rambutan. Madu rambutan memiliki berbagai manfaat yang dipercaya oleh masyarakat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat madu rambutan bagi kesehatan

  1. Anti Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang hidup disekitar lingkungan kita. Bakteri memiliki bentuk dan karakteristik kehudap yang berbeda. Perbedaan jenis bakteri juga berdampak pada manfaat dari bakteri itu sendiri terdapat bakteri baik yang sering di gunakan dalam proses fermentasi seperti olahan tempe, yogurt, tape dan banyak lagi. Disamping itu terdapat bakteri merugikan yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia.

Adanya banteri yang merugikan membuat manusia membutuhkan kemmpuan untuk tidak mudah terserang penyakit dari infeksi bakteri. Selain sistem imun sebagai tameng kesehatan cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi bakteri yaitu dengan mengkonsumsi Madu rambutan. Madu yang asli dari alam seperti madu rambutan memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, kemampuan madu sebagai anti mikroba ini dikenal lebih baik sebab merupakan bahan yang alami untuk tubuh serta minim efek samping apabila digunakan untuk pengobatan.

2. Pemanis

Madu dikenal dengan rasa manis yang khas begitu pula madu rambutan. Madu rambutan memiliki rasa lebih manis dari madu lainnya dengan aroma-aroma manis buah rambutan. Manfaat madu rambutan sebagai pemanis untuk pengganti gula. Manis madu rambutan dikenal disukai oleh kebanyakan anak-anak, selain itu penggunaan madu sebagai pemanis dapat menjaga kesehatan serta memenuhi kebutuhan gula pada tubuh.

3. Mengatasi anemia

Penyakit anemia yang menimbulkan rasa mudah lelah, letih, lesu, lunglai dan lalai atau dikenal dengan gejala 5L merupakan sebuah gangguan kesehatan di mana tubuh kekuranga kadar darah merah. Anemia bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari sebab akan membuat tubuh lemas. Anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi madu rambutan. Madu rambutan memiliki kandungan manfaat zat besi yang dapat mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang mencukupi akan mencegah gangguan anemia dimasa yang akan datang. Konsumsi madu rambutan untuk mengatasi anemia bisa dilakukan dengan cara mengganti konsumsi gula dengan madu rambutan serta menambah madu dalam makanan seperti roti.

4. Melancarkan buang air

Buang air sebagai proses pembuangan sisa metabolisme sekaligus pengeluaran racun dalam tubuh terkadang bisa tidak lancar akibat beberapa faktor seperti tidak lancarnya buang air kecil dikarenakan kurang dalam minum air serta memakan makanan yang rendah nutrisi. Kegiatan buang air yang tidak lancar memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh sebab racun – racun dan sisa metabolisme tidak dapat dibuang secara sempurna sehingga penumpukan dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan.

Konsumsi makanan bergizi tinggi dapat membantu menjaga kesehatan dan dapat melancarkan buang air seperti madu rambutan yang dipercaya dapat melancarkan buang air kecil. Hal ini dapat diterapkan untuk mencegah gangguan kesehatan seperti kencing batu.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak sebagai organ vital manusia yang merupakan pusat berfikir maupun sebagai pusat pengendali memiliki peran yang sangat penting. Kinerja otak yang baik maka akan mempengaruhi kecepatan dalam merespon dan berfikir. Kecepatan respon dan berfikir akan membuat seseorang cepat tanggap dan produktif. Peningkatan fungsi otak ini dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu manfaat madu rambutan.

Madu rambutan dengan manfaat peningkatan fungsi otak sangat cocok dikonsumsi bagi semua kalangan pelajar maupun anak-anak yang baru masuk sekolah yang bisa membantu para pelajar dalam meningkatkan kosentrasi dalam belajar. Proses belajar akan sangat mudah dan materi yang dipelajari dapat dengan mudah ditangkap.

6. Sumber nutrisi

Madu rambutan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan baik ini akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga tubuh akan ternutrisi dengan baik sehingga tubuh tetap sehat dan fit. Untuk dapat merasakan manfaat nutrisi dari madu rambutan dapat dikonsumsi sebagai minuman (air dan madu) maupun sebagai campuran minuman maupun makanan. Vitamin dan mineral yang tercukupi juga memperlacancar proses metabolisme.

7. Mengobati demam

Demam sebagai gejala gangguan kesehatan yang berupa kenaikan suhu tubuh diatas normal akan membuat tubuh terasa panas (hangat) apabila disentuh serta memiliki efek pusing apabila suhu tubuh sangat tinggi. Demam juga merupakan salah satu tanda dari gejala penyakit yang serius seperti demam berdara ataupun tipes serta demam tinggi juga sangat berbahaya apabila terjadi pada anak-anak karena akan rentan mengalami kejang. Hal itu membuat pengobatan harus dilakukan secepatnya apabila terkena demam tinggi, Madu rambutan dalam hal ini dipercaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

8. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh  yang dapat membantu tubuh terhindar dari serangan penyakit sangat berguna dalam kehidupan manusia. Akan tetapi sistem kekebalan tubuh yang buruk akan membuat seseorang rentan terkena gangguan kesehatan sehingga aktivitasnya terganggu. Sistem imun dapat dijaga dan ditingkatkan agar dapat tahan terhadap serangan penyakit. Peningkatan sistem imun dapat dilakukan dengan cara vaksinasi yang biasa dilakukan untuk pengebalan tubuh terhadap penyakit tertentu serta dengan cara konsumsi makanan kaya vitamin serta  memiliki kandungan manfaat antioksidan seperti madu rambutan. Madu rambutan yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan menjadi lebih baik.

9. Mengobati maag

Perut terasa begah, mual saat makan, dan rasa tidak enak pada perut bisa jadi sebuah gejala penyakit maag. Maag sebagai gangguan kesehatan akibat naiknya asam lambung akibat produksi asam berlebih sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Maag dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti makan tidak teratur, sering makan makanan pedas asam, serta makanan bersantan yang rentan memicu timbulnya maag. Maag akan sangat meganggu serta dalam beberapa kasus dapat membuat acara makan tidak nyaman. Maag dapat diatasi dengan obat yang berada dipasaran akan tetapi konsumsi obat maag langsung selama jangka panjang akan membuat tubuh ketergantungan dan kebal dengan obat maka dari itu terdapat cara alami untuk mengatasi masalah maag salah satunya dengan konsumsi madu rambutan. Madu rambutan dengan rasa manis yang khas akan sangat cocok untuk minuman sebagai ganti obat maag.

Demikian artikel mengenai manfaat madu rambutan.