Sponsors Link

6 Manfaat Biji PJ untuk Tanaman

Sponsors Link

Pueraria javanica (PJ) merupakan salah satu jenis tanaman penutup tanah/LCC (Legume Cover Crop) yang sering digunakan oleh perkebunan karet dan juga kelapa sawit sebagai salah satu tumbuhan pioneer. Pueraria javanica merupakan salah satu jenis biji kacangan yang memiliki kemampuan cepat dalam menjalar karena memiliki keunggulan dalam proses pengikatan unsur nitrogen (N) yang dibutuhkan oleh tanaman utama (karet atau kelapa sawit) yang belum dewasa.

Manfaat Biji PJ (Pueraria javanica)

Selain sebagai tanaman penutup tanah, tanaman pueraria javanica juga sering digunakan sebagai makanan ternak. Hingga saat ini, kebutuhan akan biji PJ sangat tinggi, diperkirakan mencapai 1600 ton per tahunnya. Jumlah kebutuhan biji PJ tersebut bisa jadi terus meningkat setiap tahunnya mengingat lahan perkebunan karet ataupun kelapa sawit setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Sangat disayangkan, hingga saat ini kebutuhan akan biji PJ sebagian besar masih terpenuhi dari komoditas impor. Produksi biji PJ di Indonesia masih berada dalam kisaran yang relatif rendah. Bahkan, pada tahun 2004, harga biji PJ di pasaran mencapai Rp 60.000,- sampai Rp 80.000,- per kilogramnya. Harga tersebut relatif mahal, padahal kebutuhan akan biji PJ tersebut sangatlah tinggi.

Lalu, kenapa kebutuhan biji PJ sangat tinggi? Apa saja manfaat biji PJ, terutama bagi lahan perkebunan? Berikut beberapa manfaat dari Pueraria javanica bagi lahan perkebunan:

  1. Berguna untuk menekan pertumbuhan gulma sehingga biaya untuk pengendalian gulma dapat ditekan.
  2. Mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kondisi fisik tanah seperti aerasi dan juga menjaga kelembaban tanah.
  3. Erosi tanah dapat dikurangi, dengan kata lain dapat memelihara tekstur tanah dan mengurangi proses kehilangan unsur hara pada tanah.
  4. Sifat kimia tanah akan diperbaiki karena tanaman Pueraria javanica memiliki kemampuan untuk mengikat Nitrogen (N) dari udara, kemudian nitrogen akan diolah dan dilepaskan ke dalam tanah melalui bintil akar dalam bentuk bahan organik (produksi humus), sehingga tanaman perkebunan juga memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dengan meningkatnya unsur nitrogen di dalam tanah.
  5. Mampu mengurangi penguapan air permukaan, menyimpan air, dan mengurangi suhu tanah, sehingga kelembaban dan kandungan air dalam tanah dapat dipertahankan.
  6. Dapat mempercepat dekomposisi bahan organik.

Solusi untuk tanaman lainnya :

sponsored links

Cara Menanam Biji PJ

Untuk menanam biji PJ, biasanya biji PJ akan dikombinasikan dengan jenis biji kacangan yang lain seperti biji CC, biji CP, biji PP, dan biji PM. Untuk kombinasi antara berbagai jenis biji kacangan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa jenis perbandingan yang dianjurkan, seperti:

  • 1 Kg biji CC + 3 Kg biji PJ
  • 3 Kg biji PJ + 8 Kg biji CP

Adapun campuran biji PJ, CM, dan juga CP sebaiknya ditanam pada tanah yang rata dan di wilayah tanah yang tidak selalu tergenang. Selain itu, agar biji PJ bisa tumbuh dengan lebih optimal, maka dapat dilakukan beberapa upaya untuk mempercepat proses perkecambahan biji PJ tersebut. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses perkecambahan pada biji PJ adalah:

  • Biji PJ direndam di dalam air. Biji direndam selama 2 hari di dalam air panas dengan suhu 75 derajat celcius.
  • Setelah melalui proses perendaman selama 2 hari, biji PJ dikeringkan.
  • Setelah biji PJ kering, biji PJ selanjutnya direndam di dalam larutan gliserin. Biji PJ direndam di dalam larutan gliserin yang bersuhu 60 derajat celcius selama 2 hari.
  • Setelah direndam dalam larutan gliserin selama 2 hari, biji PJ dikeringkan.
  • Selanjutnya biji direndam dalam larutan asam. Biji PJ direndam dalam larutan asam sulfuric (4 % dari berat biji) dengan menggunakan gelas plastik atau wadah aluminium. Untuk perendaman di dalam larutan asam sulfuric ini dilakukan selama 15 menit.
  • Setelah direndam dalam larutan asam, biji harus dicuci dan dikeringkan. Kemudian campurkan dengan pasir dan masukkan ke dalam drum. Setelah itu, drum diputar dengan elektro motor kecil (0,5 HP) 75 rpm sampai kulit biji terlihat retak-retak.
  • Setelah itu, biji PJ dicampurkan dengan Rhizobium kompos dengan perbandingan 10 gr Rhizobium kompos untuk setiap 10 gr campuran biji kacangan.

Manfaat jenis biji lainnya :

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses perkecambahan biji PJ sehingga proses penanaman juga lebih cepat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 22nd, April 2016 / 09:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan