Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Daging Kelelawar Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Kelelawar, si hewan malam yang biasa tinggal di dalam gua – gua yang gelap dan sunyi ternyata bisa juga menjadi konsumsi manusia. Dan sudah banyak pula daerah – daerah yang menjadikan hewan terbang ini sebagai makanan sehari – hari


Tentang Kekelawar

Kekelawar merupakan hewan mamalia yang berasal dari ordo Chiroptera, yang artinya, kelelawar berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya. Hewan ini memiliki kaki depan yang dapat dimanfaatkan menjadi sayap agar dapat terbang. Hewan ini adalah jenis hewan nocturnal, yang mana beraktivitas mencari makan dan bersosialisasi pada malam hari. Ketika siang hari, kelelawar akan tidur di dalam kegelapan gua – gua ataupun bisa ditemukan di atap rumah anda, selama itu adalah tempat yang sangat gelap. Hewan ini memiliki banyak istilah dan saudara dekat, seperti codot, kalong, kampret, paniki, dan sebagainya.

Pendengaran No.1 Kekelawar

Kelelawar dikenal dengan kemampuan pendengarannya yang sanyat tajam, jauh lebih tajam darpada hewan lain. Kelelawar mampu mendengar dan memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk melihat dan bernavigasi. Kelelawar adalah hewan omnivore, yaitu hewan pemakan segala. Kelelawar memakan serangga – serangga kecil dan buah – buahan untuk bertahan hidup.


Konsumsi Daging Kekelawar

Manfaat daging kekelawar telah berhembus di berbagai belahan daerah di Indonesia. Kembali ke soal konsumsi kelelawar. Di Indonesia sendiri daerah yang terkenal untuk mencari kelelawar sebagai hewan yang dikonsumsi adalah daerah Sulawesi. Dengan nama daerah Paniki, Anda dapat mencicipi bagaimana rasanya daging kelelawar yang dibakar. Selain Indonesia, di Negara tetangga seperti Thailand, yang tekenal dengan makanan ekstremnya, juga menyajikan kelelawar sebagai menu makanan dari sana.


Lalu, sebenarnya manfaat apa yang bisa anda peroleh ketika anda mengkonsumsi daging kelelawar. Selain manfaat utama dari makanan, yaitu membuat anda menjadi kenyang, ternyata kelelawar juga memiliki manfaat yang baik di bidang kesehatan yang hampir mirip dengan manfaat daging bekicot antara lain:

1. Manfaat Daging Kelelawar Menyembuhkan Asma

daging kelelawarApabila sebelumnya daging bekicot yang dapat menyembuhkan asma belum didukung oleh penelitian secara ilmiah, namun ternyata penelitian terhadap daging kelelawar sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma sudah pernah dilakukan.

Para peneliti mengatakan bahwa daging kelelawar mengandung senyawa kitotefin. Senyawa kitotefin ini secara ilmiah memang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan pada penderita penyakit asma.

Senyawa kitotefin ini juga dapat ditemukan pada daging hewan lain, seperti kelinci.

2. Daging Kelelawar Untuk Menyembuhkan Gatal – Gatal

Kembali kepada mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satu manfaat dari daging kelelawar adalah mampu menyembuhkan penyakit gatal. Hal in sama dengan mitos – mitos lain tentang daging hewan yang beredar di masyarakat luas, masih belum dibuktikan secara ilmiah. Namun demikian, banyak masyarakat yang mengaku daging kelelawar bermanfaat dalam menyembuhkan gatal – gatal

3. Daging Kelelawar Untuk Menambah Stamina

Sama seperti bentuk kuliner – kuliner ekstrim lainnya, seperti daging ular, daging kalajengking, dan lainnya, daging kelelawar juga dipercaya dapat menambah dan meningkatkan stamina bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Hal ini juga masih merupakan mitos, dan belum dilakukan penelitian secara ilmiah. Namun sampai saat ini, masyarakat dan orang – orang yang mengkonsumsi daging kelelawar percaya bahwa daging kelelawar dapat menambah dan meningkatkan stamina mereka.

4. Kelelawar Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Manfaat lain dari daging kelelawar adalah dapat membantu penyembuhan pada pasien yang mengalami sakit tenggorokan. Masyarakat dan orang – orang percaya bahwa dengan mengkonsumsi daging kelelwara, dapat membantu anda menyembuhkan sakit tenggorokan. Dan selama ini, banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi daging kelelawar untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan.

5. Daging Kelelawar Menjadi Alternatif Makanan Sehat

Nah, kalau yang ini bukan merupakan mitos ataupun kepercayaan yang beredar luas di masyarakat. Selama ini anda pasti lebih sering mengkonsumsi daging – daging umum, seperti daging ayam, sapi, ataupun daging burung. Hal ini sudah biasa. Bagi anda yang ingin mencoba hal baru, dan merasa bosan dengan jenis daging yang itu – itu saja, maka daging kelelawar bisa menjadi alternative konsumsi daging anda. Anda dapat merasakan sensasi mengkonsumsi daging yang berebeda dari biasanya. Walaupun konon memiliki tekstur yang hampir mirip dengan daging ayam, namun memiliki rasa yang jauh berbeda. Sehingga bagi anda yang merasa bosan dengan daging yang itu – itu saja, dapat mencoba mengkonsumsi daging kelelewar ini.

6. Kelelawar Sebagai Peluang Bisnis

sponsored links

Dari segi ekonomi, daging kelelawar ternyata dapat menjadi sector bisnis yang cukup menjanjikan. Walaupun mungkin tidak secerah sector bisnis lain, namun, saingan yang tidak terlalu banyak dapat membuat peluang bisnis daging kelelawar ini dapat berkembang.

Bisnis Restoran

Salah satunya adalah anda dapat mencoba membuka restoran atau rumah makan yang menyajikan kelelawar sebagai menu utamanya. Restoran dengan menu unik seperti ini sangat jarang, terlihat di sudut – sudut kota. Tren kuliner saat ini, yang menyajikan kuliner dengan jenis yang beragam akan membuat usaha anda ini menjadi usaha yang unik dan jarang. Bukan tidak mungkin anda akan menjadi trendsetter kuliner kelelawar di kota anda.

Supplier Daging Kelelawar

Apabila anda tidak berniat membuka restoran, maka anda bisa mencoba menjadi supplier daging kelelawar. Hal ini dapat anda lakukan apabila anda memiliki tempat tinggal yang berdekatan dengan sarang kelelawar, atau anda juga dapat membuat penangkaran kelelawar sendiri, yang nantinya hasil dari penangkaran tersebut dapat dikirimkan ke daerah – daerah yang menyajikan menu – menu daging kelelawar.

Nah, itulah beberapa manfaat daging kelelawar yang dapat kita dapatkan, tidak hanya untuk kesehatan, melainkan untuk bisnis juga. Cukup menarik bukan? Tidak hanya manfaat di bidang kesehatan dari konsumsi daging kelelawar, namun daging kelelawar pun dapat memberikan manfaat yang baik di bidang perekonommian. Dan apabila anda memiliki keativitas yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin akan muncul manfaat – manfaat lain dari daging kelelawar yang bisa anda temukan sendiri.

Baca Juga :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 15th, February 2015 / 08:28 Oleh :
Kategori : Daging