Sponsors Link

20 Manfaat Oksigen Bagi Manusia

Sponsors Link

Tidak memiliki warna, tidak berasa serta tidak memiliki bau merupakan ciri dari oksigen. Oksigen menjadi unsur yang penting bagi kehidupan, bahkan oksigen termasuk kedalam golongan unsur yang mudah bereaksi dengan banyak unsur lainnya. Oksigen sendiri termasuk ke dalam unsur yang banyak di muka bumi, yaitu berada di urutan ketiga dari gas yang melimpah di semesta, selain helium dan hidrogen.

manfaat oksigenMengapa oksigen mudah bereaksi?

Oksigen mudah bereaksi dengan berbagai unsur, dikarenakan oksigen merupakan unsur yang reaktif. Bahkan tanpa ada unsur lain jika di dunia ini memiliki kadar oksigen berlebih, oksigen akan mudah menimbulkan kebakaran karena api sekecil apapun. Namun bukan hanya ada oksigen di udara, terdapat kandungan unsur karbondioksida, nitrogen, carbon, dan sebagainya. Kandungan oksigen di udara sekitar 20%, tidak lebih dan kurang.

Tanpa oksigen tidak akan ada kehidupan di bumi ini, hal ini karena kegunaan oksigen sangat vital. Manfaat oksigen kita ketahui sebagai gas yang berguna dalam sistem pernafasan, metabolisme dan peredaran darah. Namun tidak hanya itu, oksigen memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari secara luas. Apa saja kegunaan oksigen ini? Berikut ini ulasan selengkapnya :

Manfaat Oksigen Bagi Tubuh

1. Diperlukan dalam sistem pernafasan

Oksigen diperlukan dalam proses pernafasan pada manusia, dikarenakan oksigen memiliki peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Bila manusia tidak lagi ada oksigen, kecil harapan untuk hidup. Oksigen diperlukan oleh semua makhluk hidup, bila tidak ada oksigen manusia menuju kepunahan dan kehidupan menuju kehancuran.

2. Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia

Salah satunya adala, didalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk kedalam tubuh. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob didalam usus.

3. Mencegah pertumbuhan sel anaerob

Oksigen mencegah pertumbuhan sel anaerob pada tubuh. Dimana bakteri anaerob pada tubuh, bila kekurangan kadar oksigen, maka perkembangannya akan meningkat. Sehingga limbah yang dihasilkan semakin berteumpuk dan membahayakan tubuh.

4. Membantu sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah pada manusia dipengaruhi oleh adanya oksigen. Tubuh membutuhkan oksigen dengan nilai persentase 90 % keatas. Karena ketika oksigen di dalam darah berkurang, maka akan menyebabkan kesulitan bernafas (sesak nafas).

5. Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini

Kulit memang hal yang sangat sensitif, bahkan terkadang banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik diri. Termasuk mencegah bahaya penuaan dini karena faktor umur, lingkungan yang tidak bersih. Khusus pada wanita yang memiliki sistem metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan proses penuaan relatif lebih cepat dari pada yang dialami oleh pria. Air oksigen adalah solusinya.

Air oksigen sendiri membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kulit, sehingga metabolisme menjadi aktif untuk menghilangkan racun. Oksigen menangkal radikal bebas, sehingga membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah seperti manfaat vitamin E.

6. Mengoptimalkan Daya Ingat

Sirkulasi oksigen pada tubuh berpengaruh terhadap fungsi otak. Jika oksigen masuk ke otak secara stabil, maka daya ingat serta kecerdasan otak menjadi meningkat. Selain itu lakukan latihan otak seperti pada :

7. Mencegah kanker, asma dan penyakit lainya

Kadar oksigen yang tinggi didalam tubuh menyebabkan sel-sel penyakit seperti kanker menjadi tidak dapat tumbuh. Pada saat sel tumbuh dengan lebih banyak ruang tanpa oksigen, menyebabkan sel-sel lebih leluasa untuk menyerang dengan pertumbuhan sel yang menjadi tidak terkendali. Tapi ketika ruang kosong tersebut terisi dengan oksigen, makan pertumbuhan sel abnormal ini, menjadi berkurang bahkan hampir hilang.

8. Mengatasi Stress

Kebanyakan dari kita mengalami stress serta gugup karena sesuatu. Tahukah anda bila strees dapat dihilangkan dengan oksigen? Ya. Ketika kita stress pikiran cenderung menjadi mumet dan terasa bosan. Namun manfaat oksigen dengan cara mengambil nafas panjang, penarikan nafas panjang ini berfungsi untuk membantu terbukanya paru-paru hingga bisa menyerap energi yang bisa memperbaiki sel-sel tubuh, sehingga pikiran menjadi lebih segar.

9. Menjaga kekebalan tubuh

Tidak hanya mengkonsumsi manfaat buah-buahan dan sayuran saja yang mampu meningkatkan imunitas. Namun tubuh yang memiliki kadar oksigen cukup, akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih stabil. Hal ini akan membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan dari virus, bakteri dan bibit penyakit.

10. Membantu degenerasi sel secara biologi

Oksigen yang melimpah didalam tubuh membantu proses degenerasi sel secara biologi dengan maksimal.

11. Support energi tubuh

Oksigen yang cukup pada tubuh membuat sel-sel berfungsi secara normal sehingga membuat fungsi tubuh manusia dapat bekerja secara optimal, dengan adanya energi dari oksigen yang cukup.

12. Sebagai terapi penyakit

Fungsi oksigen yang dapat membantu memperbaiki dan mengaktifkan sel, baik digunakan untuk terapi bagi mereka yang menderita sakit diabetes, gagal ginjal dan penyakit lainnya.

Manfaat Oksigen dalam Industri

1. Membantu Pembakaran

Jika ingin membakar namun tidak adanya oksigen, maka pembakaran tidak akan bisa. Karena pada kenyataannya, syarat pembakaran haruslah ada tiga komponen penting, yaitu sumber panas, bahan bakar serta oksigen. Sehingga kebakaran bukan hanya karena adanya sumber api serta bahan bakar tapi juga karena ada oksigen.

Namun ironisnya manfaat oksigen ini disalah gunakan dalam pembakaran hutan, yang justru merusak kadar oksigen yang menggangu lingkungan hidup sekitarnya.

2. Menerbangkan pesawat

Pesawat terbang hanya mampu terbang dengan ketinggian maksimum 11 km. Hal ini dikarenakan semakin tinggi terbangnya, maka akan semakin berkurang kadar oksigen di udara.

3, Dimanfaatkan roket pesawat angkasa

Oksigen yang ada di atmosfer dimanfaatkan roket untuk bahan bakar yang menghasilkan gaya dorong sehingga roket dapat bergerak, baik maju ataupun melesat terbang ke atas.

4. Sebagai Bahan peledak

Oksigen yang direaksikan dengan berbagai unsur lain dapat menjadi bahan peledak.

5. Diperlukan untuk mengelas

Manfaat  oksigen yang digunakan secara bersamaan dengan gas asitilen digunakan untuk mengelas.

6. Untuk melakukan penyelaman

Tidak ada manusia yang mampu menyelam lama diair tanpa adanya alat bantu penyelaman. Karena manusia terbiasa bernafas dengan oksigen menggunakan tabung.

7. Oksigen di kapal selam

Kapal selam memerlukan oksigen yang cukup untuk melakukan penyelaman, karena muatan manusia didalamnya memerlukan oksigen untuk bernafas. Ketika di dalam air, sirkulasi udara menggunakan tenaga listrik yang berasal dari baterai. Saat kapal kembali mengapung, maka katup penampung akan terisi udara kembali.

8. Dipelukan dalam industri baja

Pada proses pembuatan besi/baja menggunakan oksigen dalam sistem tanur.

Oksigen yang berlimpah yang diberikan Tuhan, menjadi keberkahan yang luar biasa. Tidak ada makhluk hidup yang mampu hidup tanpa adanya oksigen. Oksigen yang ada di dunia tidak pernah habis, bahkan manusia dengan tumbuhan memiliki hubungan yang saling membutuhkan seperti yang didapatkan dari manfaat penghijauan bagi lingkungan. Manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, sedangkan tumbuhan mengeluarkan oksigen dan menggunakan karbondioksida untuk proses fotosintesis.

Namun seperti yang banyak terjadi sekarang, kerusakan lingkungan bukan hal yang baru lagi. Bahkan semakin banyaknya manusia yang, semakin banyak pula kerusakan yang timbulkan. Hal ini seperti yang banyak dilakukan, yakni pembabatan dan pengerusakan terhadap paru-paru dunia (tumbuhan), yang berakibat pada kualitas udara yang semakin berkurang.

Lebih bijaklah memanfaatkan bumi, jangan merusaknya dan mengancam kehidupan di dunia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 09th, March 2015 / 03:47 Oleh :
Kategori : Alam