6 Manfaat Tumbuhan Goni untuk Kehidupan Sehari-Hari

Mungkin Anda jauh lebih familiar mendengan istilah karung goni dari pada tumbuhan goni. Well, jika Anda ingin tahu, karung goni terbuat dari serat yang diambil dari sejenis tanaman berserat yang mungkin lebih dikenal dengan istilah rami bagi orang Indonesia dan yute untuk istilah internasionalnya.

Apa Itu Tumbuhan Goni?

Tumbuhan goni memiliki jaringan halus pada kulit luarnya dan itulah yang dimanfaatkan sebagai serat untuk dibuat goni atau rami. Tanaman ini sendiri dibudidayakan secara komersial di India dan juga di Bengal yang merupakan bagian dari wilayah Bangladesh. Selain India, ternyata Cina dan Pakistan termasuk produsen terbesar serat goni untuk kemudian diekspor ke Eropa dan beberapa wilayah Asia termasuk di Indonesia.

Secara umum ada dua jenis serat yang dihasilkan oleh tumbuhan goni yang dapat dibedakan dari karakteristik warnanya :

  • Berwarna Putih Kekuningan

Serat tumbuhan goni yang menghasilkan warna putih dan kekuningan sering digunakan untuk pembuatan tenunan dasar permadani, alas Kasur dan juga tirai karena kualitasnya lumayan baik untuk pemakaian jangka panjang. Tapi serat ini tidak tetap tidak cocok untuk dibuat pakaian karena karakteristik seratnya yang kasar sehingga tidak akan cocok untuk kulit.

  • Berwarna Hitam Kemerahan

Dibandingkan dengan serat tumbuhan goni berwarna putih kekuningan, kualitas serat goni berwarna hitam kemerahan lebih rendah. Jadi serat jenis inilah yang lebih sering digunakan untuk karung goni kualitas rendah.

Secara umum yang membedakan kedua jenis serat goni seperti disebut di atas bukanlah hanya warnanya saja tapi adalah kualitasnya. Oleh karena itu manfaat tumbuhan goni juga digolongkan berdasarkan warnanya yang mengacu pada kualitas seratnya cocok dibuat untuk apa.

Manfaat Tumbuhan Goni

Lalu apakah manfaat tumbuhan goni hanya untuk membuat karung goni? Ternyata manfaatnya tidak sesederhana itu ada lebih banyak manfaat tumbuhan goni yang perlu juga Anda ketahui.

  1. Bahan Dasar Pembuatan Karung Goni

Mungkin beberapa dari Anda baru mengetahui mengapa karung goni disebut sebagai karung goni karena memang karung goni tersebut terbuat dari serat tumbuhan yang bernama tumbuhan goni. Biasanya karung goni berkualitas rendah terbuat dari serat goni berwarna hitam kemerahan dan sangat tidak tahan dengan air apalagi udara lembab karena bisa dengan mudah membusuk.

  1. Tenunan Dasar untuk Permadani

Ada banyak sekali jenis permadani dan biasanya permadani kualitas kelas menengah sampai kebawah memanfaatkan serat goni kualitas baik sebagai tenunan dasarnya. Hal ini selain karena bahan bakunya murah, karung goni memiliki karakteristik yang keras sehingga ketika ditenun tidak mudah bergeser dan bisa menjadi pondasi yang kuat untuk tenunan utama permadani.

  1. Digunakan untuk Kain Alas Kasur

Tak hanya dimanfaatkan sebagai tenunan dasar permadani, ternyata salah satu manfaat tumbuhan goni juga digunakan untuk kain alas kasur terutama terbuat dari serat goni berwarna putih kekuningan. Serat ini sangatlah kuat walaupun mungkin tidak cocok untuk digunakan langsung sebagai seprai karena karakteristik serat goni yang kasar sehingga tidak cocok untuk kulit.

  1. Kain Alas Kursi

Satu lagi manfaat tumbuhan goni yang tidak banyak orang ketahui adalah sering juga dimanfaatkan untuk kain alas kursi. Hal ini merupakan salah satu manfaat tidak membuang sampah sembarangan karena karung goni biasanya dianggap sebagai sampah ketika tak lagi digunakan. Sebaliknya karung goni dibuat alas kursi terutama kursi berbentuk sofa. Sebelum sofa diisi dengan bantalan busa yang empuk biasanya dibawahnya diberi satu lapisan goni untuk menahan bantalan sofa atau busa yang empuk. Hal ini karena selain murah, goni sangatlah kuat dan tidak mudah melentur sehingga cocok digunakan untuk kain alas kursi.

  1. Bisa Dibuat Tirai

Ada banyak sekali manfaat dari goni dan salah satunya adalah bisa juga dibuat tirai. Serat goni bisa ditenun atau dianyam sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan sebagai penutup jendela atau pintu sehingga rumah Anda terlindungi dari sinar matahari berlebih.

  1. Kerajinan Tangan

Selain tirai, saat ini karung goni yang tak lagi dipakai biasanya diolah menjadi kerajinan tangan. Salah satu dari manfaat membuat kerajinan tangan dari karung goni adalah justru dapat mengubah karung goni tak berharga menjadi bernilai lebih tinggi. Beberapa diantaranya, karung goni bisa dibuat menjadi tas belanja. Penggalakaan kampanye tanpa kantong plastik membuat tas terbuat dari karung goni yang unik menjadi banyak incaran para pembeli. Selain itu karung goni juga bisa dibuat boneka, tempat pensil dan masih banyak lagi.

Manfaat tumbuhan goni memang tidak signifikan bahkan serat ini dianggap tidak tahan lama karena tidak tahan terhadap sinar matahari ataupun kondisi lembab, tidak tahan air karena bisa mengeluarkan bau tidak sedap jika lembab, teksturnya juga kaku sehingga tidak bisa dengan mudah dibentuk namun serat ini memang tergolong dalam bahan murah dan mudah didapat sehingga untuk penggunaan sementara sangat membantu sekali.