8 Manfaat Temu Ireng untuk Kesuburan Kandungan dan Kesehatan Reproduksi

Saat ini banyak sekali pasangan suami istri yang sedang mendambakan kehadiran sang buah hati. Beberapa sangat beruntung ketika menikah langsung dikaruniai keturunan sementara ada juga yang kurang beruntung dan harus menunggu bertahun-tahun bahkan sudah berobat kemana-mana tapi juga tanpa hasil. Apakah Anda pernah mendengar tentang manfaat temu ireng untuk kesuburan kandungan?

Apa Itu Temu Ireng?

Temu ireng atau sering juga disebut dengan temu hitam memiliki nama latin Curcuma aeruginosa. Tanaman ini berasal dari genus Curcuma yang artinya hampir sama dengan kunyit ataupun jahe. Dari segi penampilan memang sekilas mirip sekali dengan tanaman satu genusnya tapi dari segi khasiat sangatlah jelas berbeda. Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya kemungkinan khasiat atau manfaat temu ireng untuk kesuburan kandungan khususnya bagi kesehatan reproduksi wanita

  1. Mengandung Anti Bakteri

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu penyebab terjadinya masalah pada sistem reproduksi wanita adalah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi lembab pada organ vital wanita memang menjadi pemicu utamanya oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kebersihan. Temu ireng mengandung anti bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi.

  1. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya walaupun tubuh dapat menghasilkan beberapa jenis antioksidan tapi jumlahnya tidak akan pernah cukup untuk membantu mengatasi pengaruh buruk radikal bebas. Oleh karena itu penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan antioksidan yang tinggi. Radikal bebas sendiri menyebabkan oksidasi pada sel yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan dan metabolisme tubuh termasuk kesuburan seorang wanita.

  1. Meningkatkan Kesuburan dan Potensi Kehamilan

Beberapa penelitian memang menemukan adanya kandungan-kandungan tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dan potensi kehamilan seorang wanita. Namun tentunya hal tersebut perlu didukung dengan penelitian lebih lanjut mengingat temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup dikenal di Indonesia tapi masih sedikit sekali orang yang tahu akan manfaatnya.

  1. Mengandung Vitamin C

Salah satu vitamin penting yang terkandung dalam temu ireng adalah vitamin C. Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat kesehatan salah satu diantaranya adalah membantu menjaga kekebalan tubuh. Tidak banyak orang yang paham hubungan antara sistem kekebalan tubuh dengan kesuburan karena ternyata jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka dapat membantu mengoptimalkan proses reproduksi.

  1. Membantu Mengatasi Rasa Sakit Saat Haid

Jangan pernah mengabaikan rasa sakit yang dirasakan ketika haid. Kebanyakan wanita menganggap hal tersebut biasa karena semua wanita juga mengalaminya. Tapi ternyata rasa sakit yang dirasakan bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah pada sistem reproduksi. Jika tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan masalah kesuburan di masa yang akan datang.

  1. Ramuan Pembersih Paska Melahirkan

Ternyata temu ireng juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan pembersih paska melahirkan untuk membersihkan darah nifas secara optimal. Kandungan anti bakterinya baik untuk selalu menjaga kesehatan sistem reproduksi ketika masa nifas.

  1. Sebagai Detox Alami

Salah satu penyebab masalah kesuburan juga bisa disebabkan karena racun-racun yang menumpuk dalam tubuh. Oleh karena itu tubuh perlu untuk didetoksifikasi secara teratur dan mengkonsumsi temu ireng bisa menjadi salah satu solusi detox alami. Mengkonsumsinya secara teratur bisa membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh secara optimal dan alami.

  1. Ramuan Efektif Penambah Darah

Anemia dan kekurangan zat besi yang menyebabkan kekurangan darah ternyata juga dapat menggangu vitalitas seorang wanita yang akhirnya menggangu tingkat kesuburan seorang wanita. Mengkonsumsi temu ireng bisa menjadi ramuan efektif penambah darah alami yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mengoptimalkan kesuburan.

Efek Samping dari Mengkonsumsi Temu Ireng

Selain dari manfaat temu ireng, jika Anda ingin mengkonsumsinya sebagai ramuan herbal untuk kesehatan sebaiknya juga harus mengetahui tentang efek samping yang mungkin saja ditimbulkan.

  • Temu ireng sangat baik dikonsumsi sebagai ramuan penyubur kandungan dan pembersih darah setelah melahirkan. Namun ramuan temu ireng sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil atau sebaiknya membatasi konsumsi ketika sedang menyusui.
  • Temu ireng merupakan ramuan yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tapi menurut saran dokter, temu ireng tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang karena ternyata salah satu kandungannya dapat menyebabkan kerusakan hati serius.
  • Jika Anda saat ini secara rutin mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda jika ingin mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari temu ireng.

Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Namun tentunya walaupun Anda ingin sekali merasakan manfaat temu ireng untuk kesuburan kandungan dan segera memiliki anak, namun pemeriksaan rutin ke dokter jauh lebih diperlukan sementara temu ireng boleh dijadikan sebagai bagian dari ihtiar.

,
Oleh :
Kategori : Herbal