8 Manfaat Tanaman Angkung untuk Pengobatan dan Kesehatan

Bagi sebagian orang, tanaman angkung mungkin kurang familiar untuk didengar bahkan banyak yang belum tau tentang tanaman ini. Tanaman angkung merupakan tanaman yang tumbuh secara merambat, mempunyai batang berwarna hijau. Tanaman angkung mempunyai buah bulat kecil yang menempel pada batang, apabila matang memiliki warna ungu kehitaman. Tumbuhan angkung dikenal memiliki khasiat kesehatan bagi  tubuh. Banyak bagian tanaman angkung yang sudah dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit dalam tubuh manusia.

Berbagai zat yang ada pada tanaman angkung dipercaya mampu mengatasi gangguan kesehatan maupun mencegah berbagai penyakit pada tubuh manusia. Manfaat tanaman angkung untuk kesehatan tubuh sangat besar. Berikut adalah manfaat tanaman angkung untuk kesehatan tubuh yang sudah kami sajikan lengkap untuk anda.

  1. Pengobatan Stroke

Tanaman angkung memiliki khasiat dalam membantu penyembuhan penyakit stroke. Bagi anda yang ingin mendapatkan pengobatan stroke secara alami dapat menjadikan tanaman angkung sebagai alternatif obat untuk penyakit stroke anda. Stroke merupakan penyakit yang membutuhkan waktu lama untuk mengobatinya, konsumsi obat-obatan buatan dalam waktu yang lama juga bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan. Mulailah mengkonsumsi tanaman angkung agar penyakit stroke anda bisa mendapatkan kesembuhan tanpa takut dampak negatif bagi tubuh.

  1. Perbaiki Fungsi Hati

Peran hati dalam tubuh manusia sangat vital. Agar fungsi hati dapat berjalan optimal, anda bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi organ hati. Tanaman angkung dipercaya mampu meningkatkan fungsi organ hati dan membantu membantu menyembuhkan penyakit pada organ hati. Fungsi hati yang optimal akan membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya dan terbebas dari ancaman penyakit lain.

  1. Redakan Penyumbatan Pembuluh Darah

Manfaat tanaman angkung berikutnya adalah mampu meredakan penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh seperti memicu penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Kandungan zat pada tanaman angkung membantu mengatasi pembuluh darah yang tersumbat, dengan begitu sistem pembuluh darah menjadi lancar dan anda terhindar dari resiko penyakit jantung.

  1. Memperlancar Peredaran Darah

Selain mampu meredakan penyumbatan pembuluh darah, tanaman angkung juga berkhasiat untuk menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap lancar. Apabila peredaran darah berjalan lancar makan tekanan darah juga akan normal, hal ini membuat anda terbebas dari penyakit tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

  1. Pengobatan Radang Selaput Otak

Salah satu manfaat tanaman angkung adalah sebagai obat untuk penyakit radang selaput otak. sejak zaman dahulu tanaman angkung sudah dimanfaatkan sebagai obat di negeri tiongkok, salah satu khasiat besar yang ada pada tanaman angkung adalah kandungan zat dalam tanaman angkung dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit radang selaput otak.

  1. Pengobatan Asam Urat

Bagi anda yang sering mengeluhkan penyakit asam urat yang diderita, tak ada salahnya mencoba pengobatan dengan tanaman angkung ini. Tanaman angkung dapat membantu mengobati penyakit asam urat dalam tubuh. Agar terhindar dari penyakit asam urat, anda dapat mengkonsumsi tanaman angkung secara rutin sebagai obat pencegahan yang alami.

  1. Mengatasi Kekurangan Cairan Tubuh

Anda yang terbiasa bekerja berat mungkin sering mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Sebelum beraktivitas atau bekerja anda dapat memanfaatkan tanaman angkung ini sebagai nutrisi untuk mencegah kekurangan cairan tubuh. Tanaman angkung dipercaya mampu mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh, saat anda mengalami kekurangan cairan dalam tubuh bisa mengkonsumsi tanaman angkung ini, agar cairan dalam tubuh dapat kembali normal.

  1. Menghindarkan Kejang saat Suhu Tubuh Tinggi

Manfaat tanaman angkung yang terakhir adalah mampu menghindarkan kejang-kejang ketika suhu tubuh tinggi. Biasanya saat suhu tubuh naik secara drastis tubuh akan merespon peningkatan suhu tinggi tersebut dengan efek kejang-kejang. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki ketahanan tubuh rendah. Untuk mencegah timbulnya kejang-kejang akibat kenaikan suhu tubuh yang tinggi, anda bisa memanfaatkan tanaman angkung sebagi konsumsi alami untuk pencegahan.

Manfaat tanaman angkung bagi kesehatan sangat besar dan memberikan dampak positif untuk pengobatan berbagai penyakit berbahaya. Anda dapat mengkonsumsi tanaman angkung ini mulai dari memanfaatkan daun, batang hingga buahnya. Namun cukup disayangkan tumbuhan ini masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena keterbatasan budidaya dan manfaat angkung kurang populer dibandingkan manfaat tanaman binahong. Agar mendapatkan manfaat yang optimal dari tanaman angkung berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter atau praktisi kesehatan agar anda dapat mengetahui dosis yang tepat untuk tubuh.

Anda juga dapat membeli tanaman angkung yang sudah berbentuk pil di pasaran tanpa perlu bersusah payah mengolahnya. Sebelum membeli pil angkung ini pastikan dulu keasliannya karena banyak pula pil angkung yang beredar merupakan barang tiruan yang tak memiliki khasiat sama sekali. Untuk medapatkan pil angkung ini anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi karena memang harganya yang masih tinggi di pasaran. Dengan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh, tak masalah jika harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapat kesehatan tubuh yang optimal.