5 Manfaat Rebusan Pare untuk Kesehatan

Seperti yang kita tahu bahwa pare adalah salah satu sayuran atau tanaman merambat yang memiliki berbagai macam khasiat. Tanaman ini selain diolah menjadi sayura yang bercita rasa unik juga sering dimanfaatkan sebagai berbagai macam penyakit seperti kista bahkan kanker. Pare dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal tentu tidak aneh lagi karena pare mengandung banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Vitamin B1, B2, B3 dan folat.

Selain itu pare juga mengandung antioksidan dan termasuk dalam tanaman atau sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi dimana dapat melancarkan pencernaan juga termasuk dalam sayuran yang rendah kolestrol sehingga sayuran ini sangat sehat jika dikonsumsi. Biasanya pare dimanfaatkan dengan cara direbus atau ditumis untuk dijadikan masakan yang lezat namun dalam pembahasan kali ini akan membahas tentang pare rebus. Adapun manfaat dari pare rebus dapat diuraikan sebagai berikut, mari kita simak :

1. Melawan Infeksi

Adanya infeksi yang berada dalam tubub tentu akan sangat membayakan karena dapat mengakibatkan berbagai ganguan dalam tubuh yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Infeksi yang biasanya menyerang tubuh disebabkan oleh berbagai macam bakteri seperti bakteri E.coli, bakteri streptobaccilus, bakteri salmonella, bakteri staphylococcus aureus dan bakteri pseudomonas.

Pare dapat digunakan untuk melawan bakteri-bakteri ini karena memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh, kandungan antioksidan akan membantu untuk menjaga kesehatan bahkan metabolisme pada tubuh dapat terjaga dengan baik.

2. Mangatasi Gangguan Pencernaan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit dumana rasa pahit ini sering mengakibatkan beberapa orang tidak menyukai masakan atau sayuran pare ini. Namun perlu anda ketahui bahwa dibalik rasa pahit yang dimiliki pare dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan yang terjadi pada peruut anda. Selain itu dengan menggunakan manfaat yakult juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Mengunakan rebusan pare memang dapat membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan, namun walaupun demikian pare tetap memiliki efek samping berupa rasa mulas dan memperparah gejala maag sehingga jika anda merupakan penderita maag sangat tidak disarankan mengkonsumsi pare secara berlebihan.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi setiap orang memiliki berat badan yang ideal adalah sebuah hal yang diidam-idamkan karena dapat membuat tubuh menjadi terlihat enak dipandang dan juga sehat karena tidak mengalami obesitas. Maka dari itu tidak sedikit orang yang menginginkan berat badan yang ideal menempuh dengan jalan manfaat diet. Yang sering disayangkan adalah diet yang dilakukan kadang adalah diet yang tidak sehat karena tidak sesuai dengan anjuran dokter dan dilakukan seenaknya sendiri. 


Kini jika anda menginginkan berat badan yang ideal anda dapat memanfatkan sayuran pare ini namun anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan oleh pare.

4. Meningkatkan Imunitas Penderita HIV dan Kanker

Seorang yang menderita penyakit kanjer dan HIV harus selalu menjaga kondisi imunitasnya karena jika sampai imunitasnya lemah maka akan mudah terserang penyakit lain yang akan membahayakan kondisi tubuh. Untuk menjaga kondisi imunitas anda dapat memanfaatkan pare rebus ini karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari pare rebus dengan mengguanakan pere tentu secara tidak langsung kita akan membantu untuk menjaga kesehtan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit pula sehinga tubuh akan selalu sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal