8 Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan

Menjaga kondisi kesehatan menjadi salah satu bentuk hal yang belakangan ini sangat konsen diperhatikan dan dilakukan oleh baynyak orang. Kondisi tersebut dikarenakan banyaknya permasalahan kesehatan yang dapat memberikan dampak berbahaya bagi keadaan tubuh sesorang. Dalam prosesnya menjaga kesehatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan mulai dari manfaat olahraga, menghindari konsumsi makanan berbahaya, memilih makanan sehat, tidak merokok, istirahat yang cukup, serta tidak mengkonsumsi alkohol.

Ketika seseorang mengalami permasalahan kesehatan, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yakni menggunakan obat medis maupun obat tradisional. Penggunaan obat tradisional masih menjadi pilihan oleh banyak orang di masyarakat terutama pedesaan dikarenakan efek sampingnya yang dirasa tidak ada namun tetap dapat membantu memberikan efek positif. Salah satu produk traditional tersebut yang akan dijelaskan dibawah ini adalah manfaat laos putih untuk kesehatan.

1. Meredakan batuk

Manfaat laos putih atau yang juga dikenal sebagai lengkuas berwarna putih pada bagian dalamnya tersebut adalah mampu membantu meredakan batuk. Laos putih memiliki rasa yang panas dan dapat membantu menghangatkan bagian tengorokan dan adanya zat zat ekspektoran sehingga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi batuk. Cara penggunaan laos putih untuk mengatasi kondisi batuk tersebut adalah dengan membuat air rebusan laos putih dan mengkonsumsinya secara rutin.

2. Mengatasi sakit tenggorokan dan suara serak

Beberapa orang tentu pernah merasakan kondisi suara yang berubah menjadi serak dan diikuti dengan rasa sakit pada tenggorokan. Keadaan tersebut tentu akan sangat menganggu dan membutuhkan cara untuk mengatasinya. Untuk mendapatkan manfaat dari laos putih dalam mengatasi serat dan rasa sakit pada tenggorokan tersebut sama halnya dengan cara yang dilakukan untuk membantu meredakan batuk yakni dengan menyeduh bubuk laos putih ataupun irisan laos putih beberapa saat dan lalu mengkonsumsinya secara rutin. Dampak positif laos putih sama denga manfaat kencur untuk suara.

3. Membantu mengatasi kondisi diare

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari laos putih adalah membantu dalam mengatasi salah satu permasalahan pencernaan yang sering terjadi, yakni diare. Manfaat solusi diare tersebut dapat diperoleh karena sifat antimikroba yang terdapat di dalam laos putih yang akan mengusir mikroba yang masuk kedalam tubuh sebagai penyebab diare di saluran pencernaan serta adanya kandungan vitamin C dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh dan menjadikan diare dapat diatasi.

4. Mencegah tumor dan kanker

Tumor dan kanker merupakan salah satu bentuk penyakit yang belakangan ini banyak terjadi akibat aktivitas radikal bebas dan bahan bahan karsinogenik yang banyak dikonsumsi secara sembarangan. Siapa sangka bahwa laos putih yang merupakan salah satu bumbu rempah dapur dalam membantu dalam mencegah terjadinya tumor dan kanker pada tubuh seseorang. Manfaat pencegahan tumor dan kanker tersebut diperoleh karena adanya kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalam laos putih sehingga dapat menjadi benteng pertahanan bagi tubuh terhadap paparan radikal bebas sebagai penyebab terjadinya kanker.

5. Meringankan penyakit asma

Asma merupakan penyakit pernafasan yang serangannya dapat terjadi kapanpun pada penderitanya. Manfaat laos putih bagi kesehatan lainnya adalah membantu meringankan penyakit asma. Manfaat tersebut diperoleh karena salah satu sifat bahan yang terkandungan di dalam laos putih adalah sebagai anti spasmodik yang akan menghilangkan dahak dan melebarkan saluran bronkiolus sehingga dapat meredakan kondisi penyakit asma. Dampak positif laos putih ini dapat dikombinasikan dengan manfaat daun sirsak untuk asma.


6. Mengobati luka bakar

Luka bakar dapat terjadi pada seseorang akibat berbagai hal mulai dari kontak langsung dengan api maupun terkena benda benda penghantar panas dan listrik. Luka bakar dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi berubah disertai dengan rasa panas yang cukup kuat. Laos putih dapat membantu dalam mengatasi dan mengobati kondisi luka bakar. Cara penggunaan laos putih dalam membantu mengobati luka bakar adalah dengan menumbuk halus laos putih lalu menempelkannya pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

7. Mengatasi permasalahan kulit kepala

Permasalahan kesehatan pada manusia tidak hanya terjadi pada bagian dalam tubuhnya melainkan juga dapat terjadi pada luar tubuh atau utamanya di kulit. Salah satu kulit yang seringkali mengalami masalah adalah kulit kepala yang dapat terjadi kondisi kulit kepala mengelupas atau ketombe maupun infeksi. Laos putih dapat digunakan untuk membantu mengatasi kondisi permasalahan pada kulit kepala dengan cara mengosokan langsung laos putih ke bagian kulit kepala bermasalah atau dengan menumbuk halus dan mencampurnya bersama minyak zaitun.

8. Membantu menurunkan kadar lemak jahat

Manfaat terakhir dari laos putih untuk kesehatan dalam penjelasan kali ini adalah membantu dalam menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah. Dalam penelitiannya, konsumsi ekstrak laos dapat membantu dalam menurunkan lemak jahat karena adanya hambatan terhadap proses sintesa pembentukan lemak di dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat laos putih untuk kesehatan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang terutama yang menginginkan obat obatan traditional dalam mengatasi penyakit tertentu sesuai penjelasan yang diberikan diatas.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal