7 Manfaat Ikan Guppy untuk Murai Batu yang Tinggi Protein tapi Ekonomis

Para pecinta burung kicauan pasti tahu betul dengan salah satu spesies burung murai yaitu murai batu yang memang terkenal karena kicauannya yang bagus dan salah satu manfaat burung murai dapat dijadikan lahan bisnis. Namun tahukah Anda dari beberapa pengalaman yang dibagikan oleh para peternak burung ini adalah untuk mendapatkan burung murai batu dengan kicauan yang bagus tidaklah mudah namun ternyata dengan mengkondisikan pakan yang tepat maka murai batu manapun dapat memiliki suara kicauan yang bagus.

Pakan Terbaik untuk Murai Batu

Murai batu yang memiliki nama ilmiah Copsychus malabaricus ini di habitat alamiahnya memang dikenal sebagai jenis atau spesies burung pemakan serangga namun pada perkembangannya karena burung ini juga diperjualbelikan banyak peternak burung murai batu lebih memilih untuk memberikan pakan khusus yang lebih muda ditemukan seperti kacang-kacangan, kuning telur bahkan sampai daging mentah. Salah satu jenis pakan yang juga direkomendasikan untuk burung murai batu adalah ikan guppy.

Manfaat Ikan Guppy untuk Murai Batu

Walaupun sekilas ikan guppy sangat mirip dengan ikan cupang tapi sebenarnya kedua ikan ini sangatlah berbeda. Ikan guppy sendiri dianggap sebagai salah satu pakan yang tinggi kandungan proteinnya yang baik untuk burung murai batu dan berikut adalah beberapa manfaat ikan guppy yang perlu Anda ketahui jika Anda salah satu penggemar murai batu.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Tak hanya untuk manusia ternyata ada banyak juga manfaat protein untuk burung. Jika burung kekurangan kandungan protein maka akan terlihat tanda-tanda seperti tubuhnya yang kurus, bulunya yang rusak serta pertumbuhannya yang tidak optimal, kerdil misalnya. Memberikan ikan guppy kepada murai batu tentunya merupakan salah satu solusi mudah untuk memastikan kecukupan protein pada murai batu.

  1. Baik untuk Suara Murai Batu yang Merdu

Jika Anda ingin memiliki murai batu yang berkicau dengan merdu pastikan pakan yang diberikan berkualitas, mengandung protein yang tinggi serta alami. Walaupun saat ini sudah banyak sekali pilihan pakan burung yang katanya tinggi kandungan gizinya tapi apakah Anda yakin bahwa bahan-bahan yang digunakan alami dan aman untuk kesehatan burung kesayangan Anda. Ikan guppy tak hanya bergizi tapi juga solusi yang alami sebagai pakan burung.

  1. Menjaga Kualitas Bulu Burung Murai Batu

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa salah satu tanda-tanda yang bisa terlihat jika burung murai batu kekurangan protein adalah bulu-bulunya yang gampang rusak, tidak tumbuh sempurna atau terlihat kacau tidak beraturan. Dengan memberikan burung murai pakan yang tinggi kandungan protein maka Anda akan mendapatkan bulu burung murai batu Anda tak hanya tumbuh sempurna tapi juga warnanya yang indah mengkilap.

  1. Menjaga Kecukupan Gizi Burung Murai Batu

Defisiensi terhadap kandungan zat tertentu dapat membuat burung murai batu terlihat lesu, tubuhnya tumbuh kerdil dan bulunya tidak mengkilap atau tumbuh tidak beraturan sehingga selalu terlihat sakit. Menjaga kecukupan gizi burung murai batu juga sangat penting tak hanya agar burung dapat berkicau dengan indahnya tapi juga dapat tumbuh dengan optimal serta cantik bulu-bulunya sehingga sempurnalah penampilannya.

  1. Solusi Ekonomis Pakan Murai Batu

Memberikan ikan guppy untuk murai batu dianggap sebagai solusi yang ekonomis sebagai pakan murai batu karena ikan guppy termasuk jenis ikan yang murah meriah dan sangat gampang ditemukan. Walaupun sudah ada jenis pakan olahan dari ikan guppy tapi karena bahan bakunya mudah ditemukan harga yang ditawarkanpun tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau.

  1. Mudah Ditemukan atau Diternakan

Walaupun banyak sekali pilihan pakan untuk murai batu yang dijual di pasaran bahkan dengan berbagai merek namun pilihan pakan ternak yang alami tetap yang terbaik. Salah satu manfaat ikan hias seperti Ikan guppy ini karena ikan ini merupakan jenis ikan yang sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda bahkan jika Anda memiliki lebih satu burung murai, mulai menternakan ikan guppy sebagai sumber pakan utama juga dapat dilakukan.

  1. Disukai oleh Murai Batu

Yang paling penting ketika memilih pakan untuk burung murai batu adalah bukan hanya kandungan gizinya yang penting atau nyaman di kantong pemiliknya tapi juga harus disukai oleh burung murai batu. Di habitat aslinya murai batu juga termasuk jenis burung pemakan serangga tapi mereka juga tidak menolak jika bisa mendapatkan ikan-ikan kecil karena bahkan burung saja tahu manfaat gemar makan ikan bagi kesehatan.

Sebagai penggemar burung pengicau seperti murai batu tentunya Anda akan mencari solusi terbaik agar dapat menjaga kesehatan dan stamina murai batu agar dapat berkicau dengan indahnya. Ikan guppy yang tinggi protein merupakan salah satu alternatif pakan yang paling direkomendasikan karena seperti yang sudah disebutkan di atas manfaat ikan guppy untuk murai batu sangat banyak sekali sama halnya dengan manfaat batok kelapa untuk murai dan dari berbagai aspekpun mulai dari kandungannya yang baik untuk murai batu sampai aspek ekonomisnya yang tentunya cocok untuk kantong para penggemera burung pengicau ini.