7 Manfaat Energi Atom – Sisi Lain dari Teknologi Nuklir

Ada banyak sekali jenis atau bentuk energi yang sering kali dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari mulai dari energi listrik, energi mekanik, energi panas, energi uap, energi kimia, energi bunyi dan masih banyak lagi. Energi sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan atau usaha yang terdapat dalam suatu objek untuk melakukan perubahan. Energi dapat berubah tapi tidak dapat dimusnahkan.

Apa Itu Energi Atom?

Seperti yang disebutkan di atas Anda mungkin sudah sangat akrab dengan beberapa bentuk energi seperti energi listrik maupun energi gerak serta energi panas namun apa itu energi atom dan apa manfaat energi atom untuk manusia? Energi atom merupakan jenis energi yang dibawa oleh atom. Atom sendiri merupakan bagian terkecil dari sebuah materi yang tidak dapat dibagi lagi. Salah satu sifat dari eneri atom yang paling sering kita dengar adalah sifat radioaktifnya yang seringkali dikaitakan dengan nuklir karena memang kata lain dari energi atom adalah energi nuklir. Lalu apa manfaat energi ini untuk kehidupan manusia?

Manfaat Energi Atom

Seperti yang dijelaskan di atas, energi atom juga dikenal dengan sebutan energi nuklir. Seperti yang kita tahu secara luas nuklir sering diasosiasikan sebagai senjata atau bom nuklir sebagai pemicu peperangan. Lalu apakah itu satu-satunya manfaat energi nuklir atau atom ini? Tentu saja tidak dan daftar berikut ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada Anda tentang apa manfaat energi atom untuk manusia.

  1. Sebagai Alternatif Sumber Energi Berkelanjutan

Salah satu manfaat energi atom atau energi nuklir yang utama adalah dianggap sebagai alternatif sumber energi yang jelas serta mampu diproduksi secara masal. Dibandingkan dengan sumber energi lain seperti halnya sumber energi dari fosil, energi atom juga dianggap sebagai salah satu solusi energi yang berkelanjutan.

  1. Alternatif Energi Pengganti Listrik

Saat ini listrik bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan utama karena dipergunakan di seluruh aspek kehidupan. Sayangnya sumber energi listrik sekarang juga masih memiliki keterbatasan sehingga penyebarannya tidak merata sementara energi atom tidak tidak tergantung pada air ataupun angin sehingga sebenarnya penyebarannya bisa lebih merata.

  1. Merupakan Teknologi Terbaru di Berbagai Bidang

Sekarang ini teknologi nuklir yang dihasilkan dari energi atom sudah diimplementasikan di berbagai bidang baik itu bidang kesehatna, pangan, industry sampai pada bidang ketahanan nasional suatu negara. Jadi tidak heran jika isu tentang senjata nuklir memang sangat sering didengar bahkan ditentang.

  1. Energi Atom Sangat Ramah Lingkungan

Berkebalikan dengan sifat negatif energi atom yang sering dikaitkan sebagai senjata pembunuh masal ternyata energi ini sangatlah ramah lingkungan. Seperti yang disebutkan di atas, teknologi atom merupakan energi yang berkelanjutan serta tidak merusak linkungan bahkan jika digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

  1. Aplikasi Teknologi Nuklir dalam Beberapa Peralatan Kesehatan

Di Indonesia sendiri dan beberapa negara dunia sebenarnya sudah lama mengaplikasikan teknologi nuklir dalam bidang kesehatan contohnya di beberapa peralatan kesehatan. Salah satu aplikasi teknologi nuklir dalam peralatan kesehatan adalah pada kamera gamma yang digunakan dalam penelitian kanker payudara dan prostat. Selain itu adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan fungsi ginjal berbasis nuklir yang dioperasikan dengan memanfaatkan sistem komputer yang dikenal dengan nama Renograf dan Thyroid Uptake. Sebenarnya masih ada beberapa alat lagi yang tak hanya digunakan tapi juga digunakan oleh peneliti Indonesia yang telah menggunakan teknologi nuklir.

  1. Teknologi Nuklir untuk Bidang Industri

Di bidang industri sendiri terdapat beberapa peralatan yang menggunakan teknologi nuklir. Beberapa peralatan kesehatan yagn disebutkan di atas bahkan sudah diimpor ke luar negeri serta digunakan sendiri di dalam negeri. Portal Monitor Radiasi (PMR) juga diproduksi sendiri yang berfungsi untuk mengawasai dan mendeteksi peredaran radioaktif yang sering digunakan di bandara, pelabuhan dan di wilayah-wilayah perbatasan.

  1. Pemanfaat Nuklir di Bidang Pangan

Salah satu pemanfaat teknologi dalam bidang pangan juga telah menghasilkan beberapa varietas padi unggul, kedelai, kacang hijau, sorgum dan gandum. Varietas tersebut tak hanya unggul dari segi hasil tapi juga dari segi biaya dan produktifitasnya.

Jika kita harus melihat kembali seluruh kejadian atau kecelakaan yang terkait dengan nuklir memang banyak sekali alasan mengapa walaupun dianggap sebagai sumber energi pengganti alternatif tapi tetap dijadikan pilihan terakhir karena memang energi atom sangatlah sensitif dan jika tidak ditangani dengan baik dan hati-hati dampaknya jauh lebih besar merusaknya dari pada keuntungan yang didapatkan. Walaupun di beberapa negara maju teknologi ini sudah dikembangkan dengan baik namun untuk skala Indonesia energi atom atau nuklir pemanfaatannya hanya untuk skala penelitian atau dalam skala kecil saja tapi tidak menutup kemungkinan banyak ilmuan nuklir dari Indonesia di masa depan yang dapat menjamin bahwa teknologi ini akan aman serta akan memberikan lebih banyak keuntungan baik dari segi ekonomi maupun ketahanan nasional.