17 Manfaat Daun Jinten Untuk Kulit dan Penyakit

Manfaat Daun JintenDaun jinten yang juga sering disebut dengan aceran, iwak, daun kambing, daun kucing dan berbagai sebutan lainnya ini sudah sangat sering digunakan di berbagai negara untuk dicampur bersama dengan hidangan daging domba ataupun daging sapi. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini tidak hanya bisa digunakan dalam bidang kuliner namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun jinten ini juga sering digunakan untuk menghilangkan bau dan rasa dari ikan dan juga daging yang perdagangannya sudah tersebar ke seluruh dunia dari mulai Arab, India, Asia Tenggara, Eropa dan bahkan Amerika Serikat. Di beberapa negara, daun jinten juga dikenal dengan beberapa sebutan seperti indian mint, cuban oregano, french thyme dan juga soup mint. Ada beberapa kandungan dalam daun ini yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti minyak atsiri, kalium, fenol dan juga phytosterin. Untuk menambah informasi anda mengenai apa saja manfaat daun jinten untuk tubuh dan kesehatan, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Solusi batuk, pilek, sakit tenggorokan, sinus dan juga hidung tersumbat adalah beberapa gangguan pernapasan yang bisa diatasu dengan cara mengunyah atau menyeduh daun jinten. Senyawa yang terdapat dalam daun ini sangat bermanfaat sebagai ekspektoran kuat untuk menghilangkan lendir dan juga dahak sekaligus membersihkan sinus, mencegah bakteri dan patogen berkembang dalam traktat.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun jinten juga bisa digunakan sebagai solusi kecantikan kulit yang sangat efektif seperti menyembuhkan gigitan serangga, eksim, psoriasis, kemerahan dan juga pembengkakan karena senyawa anti peradangan yang terkandung dalam daun jinten yang juga berkhasiat untuk mengatasi rasa gatal dan juga iritasi.

  1. Mencegah Kanker

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika daun jinten juga sangat efektif digunakan sebagai solusi kanker payudara. Antioksidan, asam omega 6 gamma linoleat dan beberapa zat lain dalam daun herbal ini sangat efektif untuk menghambat penyebaran sel kanker payudara dan bahkan mengatasi gejala awal kanker prostat.

  1. Menurunkan Stress dan Cemas

Dalam daun jinten mengandung senyawa organik dan juga mineral sehingga pada beberapa negara seringkali dibuat menjadi teh untuk menurunkan tingkat kecemasan dan stress yang tinggi sebab bisa memberikan ketenangan pikiran, relaksasi dan juga tidur lebih nyenyak.

  1. Mengobati Demam

Saat sedang mengalami flu atau pilek, maka gejala yang paling sering dialami penderita adalah demam. Kandungan dalam daun jinten sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa merangsang keringat dan juga mempercepat proses pemulihan penyebab demam tersebut.

  1. Mengatasi Sindrom Usus

Dalam penggunaan tradisional, daun jinten juga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, masuk angin sekaligus meredakan sindrom iritasi usus dengan cara meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah peradangan di area perut. Membuat daun ini menjadi teh menjadi salah satu pengobatan efektif untuk mengatasi sindrom usus dan juga gangguan pencernaan lainnya.

  1. Mencegah Sariawan

Mengunyah daun jinten secara teratur juga dikenal sangat baik untuk menyembuhkan sariawan dan juga beberapa jenis infeksi mulut lainnya seperti bibir kering dan pecah pecah, sakit gigi, radang gusi dan berbagai gangguan mulut lainnya.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Kemampuan daun jinten untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi juga berpengaruh terhadap keseimbangan tekanan darah. Dengan terjaganya tekanan darah, maka berbagai penyakit seperti hipertensi bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi daun jinten secara teratur seperti dikunyah, dicampur dengan makanan atau dibuat menjadi teh.

  1. Menyembuhkan Pusing

Jika anda sering mengalami pusing, migrain atau sakit kepala, anda bisa memanfaatkan daun jinten ini untuk penyembuhan alami. Senyawa yang ditemukan dalam daun jinten ini sangat tepat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan saraf ringan seperti beberapa penyakit tersebut.

  1. Mengobati Ayan

Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun daun jinten ini sudah sangat sering digunakan sebagai pengobatan penyakit ayan yang sering terjadi pada anak anak. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah yakni dengan minum air rebusan daun jinten secara teratur setiap hari hingga penyakit ayan bisa disembuhkan.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan dalam daun jinten sangat tinggi akan sumber antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Penumpukkan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan gangguan organ hati, penuaan dini dan sebagainya akan diatasi dengan daun jinten karena kemampuannya untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Mencegah Mimisan dan Pendarahan

Masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan daun jinten ini untuk menghentikan pendarahan pada luka terbuka seperti saat mimisan. Daun ini bisa ditumbuk dan dibalurkan pada luka yang sudah dibersihkan atau bisa juga minum air rebusan daun jinten yang sekaligus juga mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Menyembuhkan Rematik

Rematik seringkali dialami oleh orang tua dan jika tidak segera diatasi bisa bertambah parah dan semakin mengganggu aktivitas. Untuk menyembuhkan rematik sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, anda bisa menghaluskan 5 lembar daun jinten kemudian campur dengan kapur sirih secukupnya dan gunakan untuk baluran bagian tubuh yang sakit.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Masalah perut kembung tidak hanya terasa mengganggu namun juga bisa menghambat aktivitas anda sehari hari. Daun jinten bisa anda gunakan sebagai pengobatan alami perut kembung dengan cara merebus beberapa lembar daun jinten dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas saja kemudian saring dan minum selagi masih hangat.

  1. Melancarkan ASI

Tidak hanya mengobati segala macam penyakit, namun daun jinten juga sangat baik dikonsumsi selama menyusui karena kemampuannya untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. Bahkan cara mengkonsumsi daun jinten ini terbilang sangat mudah dan nikmat sebab bisa dicampur dalam sup atau dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai teman lalapan.


  1. Mengandung Omega 6

Daun jinten yang sudah diekstrak menjadi minyak mengandung senyawa volatil termasuk asam lemak omega 6 seperti asam gamma linolenat. Asam lemak ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatasi radang sendi dan juga meningkatkan regenerasi persendian yang penting untuk para atlet atau penderita osteoporosis yang seringkali mengalami tekanan atau benturan pada persendian serta tulang.

  1. Sumber Vitamin A dan C

Daun jinten juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Asam askorbat atau manfaat vitamin C dalam daun ini berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Sementara karotenoid dan vitamin A sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan penglihatan, mencegah stres oksidatif mata dan juga mencegah degenerasi makula.

Meski terbilang masih jarang digunakan masyarakat Indonesia, namun manfaat daun jinten ini ternyata sudah lebih dulu digunakan masyarakat dunia baik dalam bidang kuliner maupun digunakan sebagai ramuan herbal menyembuhkan penyakit. Daun jinten menjadi cara pengobatan yang nikmat karena memiliki rasa dan aroma segar seperti daun mint.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan