Manfaat Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia.  Perlu diketahui lidah buaya dalam bahasa latin disebut  Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer. Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat dijadikan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh ataupun untuk bagian dalam tubuh seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan dijadikan untuk perawatan kulit.

Manfaat lidah buaya sering kali dimanfaatkan sebagai bahan alternatif terhadap berbagai keluhan tubuh bagian dalam ataupun bagian luar. Semakin terkenalnya manfaat lidah buaya ini sampai membuat bangsa Mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian. Beda dengan manfaat air putih manfaat  dari tanaman lidah buaya memang tidak sebanyak manfaat air putih dan manfaat sirsak.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah buaya dapat digunakan untuk berbagai keluhan, baik dalam bagian luar atau bagian dalam tubuh manusia. Mengingatmanfaat kesehatan memang sangat luar biasa maka masyarakat semakin beralih ke pengobatan alami dan alternatif. Jika kita rangkum dan dalami sebenarnya manfaat tanaman lidah buaya ini antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Ketombe. Lidah buaya dapat membantu mengurangi ketombe dan gatal gatal pada kulit kepala. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.
  2. Detoksifikasi. Jus tanaman lidah buaya adalah penawar racun alami, tanaman ini juga mengandung beragam mineral dan vitamin  yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dalam kehidupan sehari hari.
  3. Membantu gerakan usus. Aloe lateks terdiri dari antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang sangat baik sebagai obat untuk membantu pencernaan.
  4. Perawatan kulit. Ada banyak manfaat lidah buaya untuk kulit. Manfaat tersebut antara lain adalahmenghilangkan jerawat,  etoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, melembabkan kulit, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit manusia.
  5. Diabetes. Lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai obat untuk diabetes. Setengah sendok jus tanaman lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi gula darah sebanyak 45 persen.
  6. Luka bakar. Gel lidah buaya dapat meremajakan dan menyembuhkan kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari dan luka bakar lainnya.
  7. Kekebalan. Sama halnya dengan manfaat buah, manfaat Lidah buaya juga dapat dijadikan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, 7 manfaat di atas merupakan manfaat yang paling sering dirasakan oleh kita dan menjadi sangat dibutuhkan karena hal tersebut sering terjadi di kehidupan sehari hari kita.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:33 Oleh :
Kategori : Tumbuhan