4 Manfaat Kunyit Putih Untuk Darah Tinggi Sebagai Solusi Herbal

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Kunyit putih yang termasuk dalam jenis jahe jahean dipercaya bisa mengobati banyak jenis penyakit karena merupakan anti alergi, analgesik, obat tukak, anti racun seperti penawar bisa ular, anti inflamasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Kunyit putih sangat mudah ditemui dan merupakan jenis tanaman yang akar, minyak dan juga bagian daunnya bisa digunakan sebagai obat. Beberapa kandungan yang ada dalam kunyit putih diantaranya adalah ribozom inacting protein sebagai solusi kanker, zat curcumin, zat anti lipid peroksida, flavonoid saponin, antioksidan dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak kegunaan kunyit putih, ternyata manfaat kunyit putih untuk darah tinggi juga cukup beragam seperti yang akan kami jelaskan dalam ulasan berikut ini.

  1. Mengandung Zat Antuhipertensi

Selain manfaat kunyit putih untuk keputihan, renin angiotensin adalah sistem hormonal yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah yang melibatkan aktivitas enzim renin dan angio tensin serta reseptor atau protein yang mengikat enzim tersebut yang juga melibatkan fungsi organ ginjal. Organ ginjal ikut berperan aktif karena juga mempengaruhi volume darah dengan cara menyaring darah dari berbagai unsur racun dan zat sisa sekaligus menyeimbangkan elektrolit. Dalam penelitian membuktikan jika kurkumin yang merupakan zat bioaktif dalam kunyit putih bisa mengurangi tekanan darah tinggi dengan cara mengatur aktivitas reseptor angiotensin. Dengan ini, maka konstriksi pembuluh darah bisa dicegah. Selain itu fraksi dari minyak kunyit dan turmeron juga bisa memberikan aktivitas yang serupa.

  1. Memperbaiki Struktural Pembuluh Darah

Kurkumin dan berbagai zat penting yang terkandung dalam manfaat kunyit putih juga berguna untuk mengurangi hipertensi, memperbaiki kerusakan serta perybahan struktural yang ada pada pembuluh darah akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Dalam penelitian membuktikan jika kurkumin dan zat turunannya mengandung properti vasorelaksam atau dengan kata lain memiliki kemampuan untuk merileksasi pembuluh darah sekaligus mengurangi resistensi pembuluh darah serta mengurangi resistensi pembuluh darah terhadap aliran darah sehingga bisa mengurangi hipertensi. Nanocurcumin dalam kunyit putih juga terbukti ampuh mempunyai aktivitas anti hipertensi dengan cara menghambat aktivitas enzim yang disebut dengan angiotensin converting enzyme selain banyak juga manfaat kunyit untuk asam lambung. Hambatan yang dilakukan oleh enzim tersebut juga sangat baik untuk merileksasi pembuluh darah.

  1. Mengandung Anti Inflamasi dan Antioksidan

Senyawa bioaktif kurkumin dalam kunyit putih sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembulh darah dengan cara mengurangi tingkat hormon angiotensin converting enzyme. Pengurangan hormon tersebut bisa menjaga aliran darah. Sedangkan manfaat antioksidan dalam kunyit putih berguna untuk mengurangi dampak dari stres oksidatif yang disebabkan karena tekanan darah tinggi.

Kunyit putih merupakan sumber antioksidan yang penting untuk mengurangi peradangan terkait hipertensi dengan cara mengurangi pelepasan senyawa kimia inflamasi dalam tubuh. Baik kunyit dan juga jahe sama sama bisa melindungi tubuh dari perubahan aktivitas platelet dan trombosit merupakan jenis sel darah yang sangat penting dalam pembekuan darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Kunyit putih juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah serta juga memiliki manfaat penting bagi jantung. Selain itu senyawa yang terkandung dalam kunyit putih juga sangat penting untuk mengobati toksisitas kardio, mengatasi diabetes akibat komplikasi dari kardiovaskular, penyakit jantung dan lainnya. Kunyit putih juga penting untuk menurunkan kolesterol tinggi serta secara efektif akan mengobati pengerasan arteri atau disebut dengan aterosklerosis. Kunyit putih juga bisa membalikkan keadaan terkait penuaan dalam arteri beserta fungsinya sehingga bisa menghambat hipertensi yang akhirnya juga berarti mencegah gagal jantung serta melindungi organ jantung dari toksisitas obat. Disfungsi endotel merupakan kondisi endotelium atau lapisan pembuluh darah terpengaruh dan terjadi ketidakseimbangan molekul biologis pengatur penyempitan dan relaksasi pembuluh darah dan hipertensi tersebut bisa terjadi akibat disfungsi endotel tersebut.

Manfaat kunyit putih untuk darah tinggi dan beberapa jenis penyakit berbahaya lain yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi ternyata sangat banyak dan menjadi salah satu pengobatan tekanan darah tinggi alami sekaligus bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda.

fbWhatsappTwitterLinkedIn