5 Manfaat Yakult Untuk Mengobati Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang sering kita alami, yang biasanya BAB kita padat menjadi cair. Menurut WHO (1999) diare adalah pertambahan defekasi (buang air besar) lebih sering dari biasanya atau bisa dibilang lebih dari tiga kali sehari dan disertai dengan perubahan konsistensi tinja dengan atau tanpa darah. Sedangkan menurut Depkes RI (2005), diare diartikan sebagai suatu penyakit dengan tanda-tanda adanya perubahan bentuk dan konsistensi dari tinja, yang melembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi buang air besar yang biasanya tiga kali sehari normalnya menjadi lebih dari tiga kali seharinya. Perlu anda ketahui ada beberapa jenis dari diare, antara lain :

  1. Diare akut, yaitu diare yang berlangsung kurang dari empat belas hari (umumnya kurang dari tujuh hari). Diare ini yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang yaitu perubahan bentuk tinja dari padat ke cair.
  2. Disentri, diare jenis ini adalah diare yang menakutkan, karena dalam tinja sang penderita terdapat darah dan disertai dengan diare.
  3. Diare persisten, diare yang berlangsung lsms lebih dari empat belas hari secara terus menerus, diare ini bisa disebut dengan diare berkepanjangan.

Diare membuat aktifitas kita terganggu, karena kita harus bolak balik ke kamar mandi untuk mengeluarkan zat buangan dalam tubuh kita, bayangkan ketika kita sedang ujian atau meeting, dan kita mengalami diare pasti akan merugikan kita dan orang lain. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi diare, mulai minum obat kimia sampai mengkonsumsi bahan-bahan alami (herbal). Namun ada cara yang lebih mudah dan efektif dalam menyembuhkan diare yaitu dengan meminum yakult.

Artikel terkait diare : Manfaat oralit untuk diare

Pasti sudah tidak asing lagi bagi kita istilah yakult. Kita sering mengkonsumsinya dengan tujuan menjaga kesehatan usus, bahkan orang-orang yang jualan atau di TV mengatakan bahwa mencintai usus bisa dengan minum yakult tiap hari.

Apakah benar yakult bisa digunakan sebagai obat diare ?

Yakult memang cocok bagi anda yang menderita diare, ada beberapa keunggulan dan manfaat yakult dalam mengatasi diare, antara lain :

1. Memiliki komposisi yang baik

Dalam segelas yakult terkandung beberapa komposisi bahan yang bagi tubuh kita, diantaranya :

  • Air – Sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air, secara otomatis kita membtutuhkan air untuk tetap hidup dan menjalankan fungsi organ dalam dengan baik. (Baca juga : manfaat air )
  • Sukrosa – Tubuh kita memerlukan sukrosa sebagai energi. Perlu kita ketahui bahwasannya sukrosa berperan sebagai bahan bakar energi bagi tubuh kita. namun perlu diingat kita hanya membutuhkan sukrosa cukup bukan berlebihan, seperti halnya dalam manfaat air tebu.
  • Susu bubuk skim – Dalam yakult terdapat kandungan nilai gizi yang menyerupai susu, karena pada dasarnya yakult merupakan produk fermentasi dari susu. (Baca juga : manfaat susu)
  • Glukosa – Glukosa merupakan zat yang harus diasup oleh tubuh kita, karena kita bisa bergerak dan baraktifitas karena energi yang dihasilkan oleh glukosa yang ada dalam tubuh kita. (Baca juga : manfaat glukosa)
  • Bakteri lactobacillus casei – Dalam yakult terkandung bakteri baik di dalamnya yaitu, bakteri lactobacillus casei yang mampu menetralisir racun dan melawan bakteri jahat yang ada dalam usus kita. (Artikel terkait bakteri : Manfaat bakteri L. Casei Strain hidup)
  • Perisa yakult – Rasa asam yang ada di dalam yakult merupakan hasil dari reaksi perisa yakult. Jadi bahan inilah yang memberikan cita rasa asam pada yakult.

2. Mampu menyeimbangkan jumlah bakteri dalam tubuh

Tidak disadari dalam tubuh kita akan terjadi ketidakseimbangan bakteri yang ada dalam tubuh akibat pola makan yang tidak sehat. Dengan mengkonsumsi makanan siap saji, minuman bersoda dan lainnya, akan memperbanyak jumlah bakteri jahat yang ada dalam tubuh kita, terutama di dalam usus. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengkkonsumsi yakult secara teratur, dengan yakult jumlah bakteri jahat dan baik akan seimbang sehingga usus tidak mudah diserang oleh penyakit, seperti diare dan lain sebagainya.

3. Menetralisir racun dalam tubuh

Keberadaan bakteri jahat dalam tubuh kita tidak hanya menganggu pencernaan atau kesehatan usus kita, namun bakteri jahat yang ada dalam tubuh memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan konsisten mengkonsumsi yakult, racun yang ada dalam tubuh anda akan terminimalisir oleh kandungan baik yang dimiliki oleh yakult.

Artikel terkait :

4. Melancarkan proses pencernaan

Pencernaan merupakan proses penting bagi tubuh kita, apabila selama proses pencernaan ada sebuah gangguan, maka tubuh kita akan merasakan dampak buruknya. Untuk menghindarim hal tersebut terjadi, anda disarankan untuk mengkonsumsi yakult setiap hari, karena kandungan gizi yang baik dalam yakult mampu membersihkan dan mengontrol gangguan dalam pencernaan akibat dari bakteri.

Baik untuk pencernaan :

5. Bebas dari bahan pengawet

Yakult bisa dikonsumsi oleh siapa saja, karena yakult bebas dari bahan pengawet. Dengan begitu tubuh akan bebas dari gejala-gejala yang timbul dari pengawet makanan.

Itulah alasan yang membuat yakult cocok bagi anda yang mengidap atau mengalami penyakit diare. Dengan mengkonsumsinya secara teratur anda akan mendapatkan hasil maksimal untuk penanganan diare yang anda alami. Mudah dan simple tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan energi. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya

  1. Ketika anda akan mengkonsumsi yakult usahakan perut anda sudah terisi, karena jika anda belum makan dan langsung meminum yakult maka lambung anda akan bermasalah terkena kandungan asam yang tinggi dari yakult.
  2. Lebih baik anda minum yakult dalam kondisi dingin, selain lezat juga karena dalam kondisi dingin bakteri baik akan bekerja secara maksimal.
  3. Sebelum mengkonsumsinya, anda juga harus teliti untuk melihat tanggal experid dari yakult, karena yakult tidak memiliki kandungan bahan pengawet sehingga cepat expired.

Itu saja saran yang harus anda perhatikan untuk merasakan manfaat yang luar biasa dari yakult. Dengan hanya meminumnya anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan anda.

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 08:38 Oleh :
Kategori : Minuman