9 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Wudhu merupakan suatu bentuk ritual yang mengawali ibadah sholat yang akan dilakukan oleh para kaum muslim di seluruh dunia. Wudhu sendiri merupakan salah satu cara menyucikan diri, yang terdapat dalam kitab suci Al-quran. Wudhu dilakukan oleh kaum Muslim dengan menggunakan air sebagai media melakukannya. Air sendiri sebagai media melakukan wudhu memiliki beberapa jenis.

manfaat wudhuBerikut ini adalah jenis-jenis air yang diperbolehkan dan dipereanankan untuk melakukan wudhu :

  1. Air Hujan
  2. Air Sumur
  3. Air laut
  4. Air Sungai
  5. Air lelehan salju dan es batu
  6. Air kolam dan Tanki

Namun demikian, ada beberapa jenis air yang tidak diperkenankan sebagai media untuk melakukan wudhu ini. Berikut ini adalah beberapa jenis air yang tidak diperkenankan dan diperbolehkan untuk melakukan wudhu :

  1. Air yang kotor dan tidak bersih
  2. Air sari buah
  3. Air yang telah mengalami perubahan warna, rasa, dan bau karena adanya rendaman sesuatu
  4. Air yang sudah terkontaminasi dan terkena sesuatu yang tidak bersih
  5. Air bekas wudhu

Wudhu sendiri bukan hanya sebagai sarana menyucikan diri namun memiliki manfaat yang lebih luas. Manfaat yang diperoleh tidak hanya dilihat dari segi unsur spiritualitas dan unsur keagamaan saja, namun juga manfaat yang diperoleh secara universal dari ritual wudhu itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat wudhu :

1. Menyucikan diri

Apabila dilihat dari kacamata ritual, spiritualitas dan keagamaan, manfaat wudhu yang paling utama adalah untuk menyucikan diri sebelum melakukan ibadah yakni  sholat dan membaca Al-quran. Kondisi tubuh yang berada pada dunia luar membuat tubuh telah ‘kotor’ secara spiritual, sehingga membutuhkan proses penyucian secara singkat. Hal ini dapat membuat seseorang layak melaksanakan ibadah sholat dan masuk ke dalam rumah Allah (masjid).

2. Membersihkan diri

Selain untuk menyucikan diri, wudhu juga bermanfaat untuk membersihkan diri yang sudah kotor oleh dunia luar. Selain membersihkan kotoran secara spiritual, bagian luar tubuh pun akan mengalami pembersihan dari kotoran dan debu yang menempel pada tubuh ketika beraktivitas sehari-hari.

3. Menjaga kesehatan tangan

Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan ketika melakukan prosesi ritual wudhu adalah bagian tangan. Bagian tangan yang dibersihkan terdiri dari :

  • Jari-jari tangan
  • Kuku
  • Telapak tangan
  • Bagian punggung tangan
  • Pergelangan tangan
  • Lengan bawah dan lengan atas

Dengan membersihkan tangan secara menyeluruh melalui proses wudhu, maka kebersihan tangan kita akan terjaga seperti manfaat mencuci tangan. Meskipun tidak menggunakan sabun, namun beberapa jenis kuman dan penyakit yang menempel pada tangan akan bersih dan dapat hilang karena anda melakukan prosesi pencucian tangan dengan berulang-ulang hingga bersih. Maka dari itu tangan akan menjadi bersih, dan dapat bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit yang menempel di tangan

4. Menyegarkan tubuh

Wudhu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air bukan hanya dapat sekedar membersihkan dan menyucikan tubuh anda. Dengan berwudhu, kondisi tubuh akan menjadi lebih segar dan kantuk yang anda rasakan disela aktivitas akan hilang. Hal ini disebabkan oleh manfaat air yang mendinginkan dan dapat menyegarkan. Selain mampu menyegarkan tubuh, berikut ini manfaat wudhu yang dirasakan bagi tubuh yakni :

  • Karena tubuh menjadi segar, maka rasa kantuk dan lelah akan hilang
  • Ketika rasa kantuk dan lelah sudah hilang, maka konsentrasi dan focus pikiran akan terjaga dengan baik
  • Anda akan mudah dalam mengambil keputusan

5. Relaksasi

Manfaat wudhu juga berguna sebagai media relaksasi tubuh. Masih berkaitan dengan manfaat penggunaan air ketika melakukan prosesi ritual wudhu. Tubuh anda yang terkena percikan air, selain merasa segar akan merasakan kenyamanan dan rileks. Kondisi relaksasi ini juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh anda, antara lain :

  • Dapat menghilangkan stress, depresi dan beban pikiran
  • Menjadi lebih terkontrol dalam melakukan suatu aktivitas
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Tidak gegabah

Maka dari itu, disarankan bagi anda untuk melakukan wudhu tidak hanya sebelum melakukan ibadah Sholat. Namun kapanpun juga ketika anda merasakan gejala-gejala yang membutuhkan proses relaksasi, anda dapat dari manfaat wudhu.

6. Mencerahkan Wajah

Salah satu bagian tubuh yang paling utama dalam penampilan anda ialah bagian wajah. First impression berasal dari kondisi wajah. Kondisi wajah yang kusam, kaku, dan terlihat suram akan menyebabkan anda merasa tidak percaya diri dan mungkin dijauhi. Namun, untuk mencegahnya, anda dapat mencerahkan wajah anda dengan cara melakukan wudhu.

Biasanya setelah melakukan wudhu, maka kondisi wajah akan menjadi cerah dan cemerlang. Karena kotoran serta debu yang menempel pada wajah dapat hilang dan menjadi bersih, sehingga menjadi lebih enak untuk dipandang

7. Baik untuk Kesehatan Wajah

Beberapa dokter kecantikan juga menyarankan untuk menggunakan air wudhu sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan kesehatan wajah. Anda dapat melakukan prosesi wudhu sebelum tidur, untuk menjaga kesehatan wajah anda, dan :

  • Membersihkan wajah anda
  • Mencegah menumpuknya bakteri pada wajah
  • Meremajakan kulit wajah

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Ketika berwudhu, bagian tubuh yang ikut mengalami pembersihan ialah bagian mulut, yaitu dengan cara berkumur. Berkumur dengan menggunakan air segar dapat membantu menjaga kesehatan mulut anda. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dipeRoleh dari berkumur-kumur ketika melakukan wudhu :

  • Membunuh kuman yang ada di mulut
  • Dapat mempercepat penyembuhan dari sariawan
  • Menjaga dan mengurangi bau mulut
  • Nafas terasa lebih segar

9. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Telinga

Bagian telinga pun tak luput dari pembersihan yang dilakukan ketika anda melakukan wudhu. Telinga anda pun akan menjadi lebih bersih, dan manfaat wudhu lainnya ialah jenis radang-radang telinga yang disebabkan oleh kotoran pada telinga akan mudah untuk dicegah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh ketika anda melakukan wudhu. Manfaat yang diperoleh tidak hanya dapat dilihat dari segi nilai keagamaan saja, namun juga dapat dilihat dari segi kesehatan dan kebersihan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga, manfaat ibadah lainnya yaitu :

, ,
Post Date: Tuesday 12th, May 2015 / 09:19 Oleh :
Kategori : Sosial