Sponsors Link

6 Manfaat Whey Protein Untuk Otot

Sponsors Link

Apa itu Whey Protein?

ads

Apakah Anda pernah mendengar mengenai whey protein? Bagi para pecinta fitness, whey protein  mungkin bukanlah lagi hal yang asing. Hal ini dikarenakan whey protein merupakan salah satu suplemen fitness unggulan pokok yang dapat digunakan dalam pembentukan otot.

artikel terkait:

Whey sendiri merupakan salah satu protein uatama yang terdapat dalam berbagai jnis susu, yaitu susu ibu, susu sapi maupun susu formula. Dapat dikatakan pula bahwa protein whey merupakan protein lengkap yang terdiri dari asam amino esensial dan non esensial.

Protein whey sebelumnya hanyalah limbah dalam pembuatan keju. Protein whey juga dapat diperoleh dari ekstraksi susu yang kemudian dapat dijadikan sebagai campuran dalm susu formula, roti, es krim dsb. Namun saat ini telah banyak produk dari protein whey untuk dikonsumsi sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan protein individu. Karakteristik protein whey adalah warna yang kuning-kehijauan dengan rasa agak asam dan aroma harum, meskipun sekarang telah banyak dijual dengan berbagai macam rasa.

Pemilihan protein whey berdasarkan kandungan nutrisi

Sebelum membeli protein whey, alangkah baiknya apabila teliti terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat pada protein whey pada nutrition fact kemasan. Biasanya, protein whey memiliki kandungan protein sebanyak 44 gram namun dengan scoop yang besar hingga 60 gram per sajian.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kandungan kalori yang terdapat pada protein whey yang akan Anda konsumsi. Apabila Anda sedang dalam program diet, maka Anda perlu memilih protein whey dengan kandungan kalori yang rendah. Pertimbangkan pula sumber kalori yang terdapat pada protein whey. Biasanya, protein whey yang baik mengandung sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali kandungan gula dan lemak.

Dan bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi, hindari protein whey yang megandung kolesterol tinggi dikarenakan beberapa produk protein whey mengandung kolesterol di dalamnya. protein whey yang baik biasanya menghapus kadar kolesterl di dalamnya.

artikel terkait: manfaat ayam petelurmanfaat biji cengkehmanfaat biji buah delima

Manfaat protein whey

Setelah mengetahui mengenai protein whey, ada baiknya apabila kita membahas mengenai manfaat protein whey. Adapun manfaat dari protein whey antara lain sebagai berikut.

1. Membantu menurunkan kadar lemak

Salah satu cara untuk untuk menurunkan kadar lemak secara efektif adalah dengan diet rendah kalori dan diimbangi dengan konsumsi protein whey. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Minestona’s Applied Research Center yang mengungkapkan bahwasanya diet rendah kalori dan konsumsi protein whey dapat membantu membakar dan mengurangi kadar lemak dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang melakukan diet rendah kalori saja. Dengan kata lain, konsumsi protein whey dapat memberikan pengaruh yang lebih besar pada pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat madu clover honey

2. Membantu mengurangi nafsu makan

Mengontrol nafsu makan sangatlah penting agar tidak menimbulkan adanya obesitas atau kelebihan berat badan. Apabila tidak didukung dengan aktivitas yang memadai, makanan yang dikonsumsi dapat berpotensi memberikan kelebihan kalori yang kemudian dapat berubah menjadi timbunan lemak. Nah, apabila Anda bermasalah dengan nafsu makan, konsumsi susu protein whey barangkali menjadi salah satu solusi untuk dapat menekan nafsu makan Anda agar lebih sedikit karena rasa lapar semakin berkurang.

Pendapat di atas didukung oleh sebuah riset di Australia yang meneliti mengenai 28 pria obesitas untuk mengkonsumsi empat jenis minuman yang berbeda. Responden yang mengkonsumsi 50 gram protein whey mengalami penurunan tingkat ghrelin (hormone yang memberi tahu otak mengenai rasa lapar) secara signifikan dalam empat jam kemudian.

artikel terkait: manfaat tahu rebus

Sponsors Link

3. Membantu meningkatkan massa otot

Salah satu alasan mengapa protein whey populer di kalangan para pefitnes adalah protein whey dapat membantu meningkatkan masa otot. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada saat workout berupa latihan beban, terjadi pemaksaan otot untuk bekerja secara maksimal sehingga dapat menyebabkan kerusakan otot pada tubuh. nah, konsumsi protein whey ini dapat mebantu memperbaiki kerusakan otot pada saat workout dan mebantu merangsang pertumbuhan otot yang rusak agar dapat tumbuh lebih optimal.

artikel terkait: manfaat dialis

4. Membantu melawan kanker

Manfaat lain dari konsumsi protein whey adalah dapat membantu tubuh dalam melawan kanker. Beberapa penelitian yang pernah ada menyebutkan bahwa konsumsi protein whey dapat membantu melawan kanker umum termasuk kanker prostat dan kanker usus besar. Bagi Anda yang beresiko terkena kanker, silahkan lakukan tes medis regular, dengarkan nasihat dari ahli medis dan pertimbangkan juga untuk mengkonsumsi protein whey.

artikel terkait: manfaat air zam-zam

5. Membantu mengatasi stress

Bagi Anda yang sedang merasa stress, barangkali konsumsi protein whey dapat menjadi alternatif pereda stress bagi Anda. Sebuah penelitian di Belanda yang dilakukan pada 58 subjek percobaan menemukan bahwa protein whey ternyata mampu menurunkan gejala depresi dan membuat suasana hati yang lebih baik yang ditandai dengan adanya perubahan hormone serotonin pada otak.

artikel terkait: manfaat sumber daya laut

6. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari konsumsi protein whey adalah membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian pada University of Alberta, pemberian protein whey pada subjek laki-laki yang terlibat dalam aktivitas aerobic dapat membantu pengurangan tingkat penurunan glutathione lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi glutathione. Penurunan tingkat glutathione yang terjadi kerena aktivitas aerobic ini dapat berdampak pada syaraf, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

artikel terkait: manfaat keanekaragaman hayati

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 24th, February 2017 / 14:29 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan