Sponsors Link

12 Manfaat Wedang Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Wedang jahe sangat pas dikonsumsi ketika cuaca dingin atau saat sedang bersantai di luar pada malam hari. Rasanya hangat dan sedikit pedas sehingga dapat melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan. Wedang jahe biasanya dibuat dengan cara merebus atau menyeduh jahe yang telah dimemarkan dalam air panas sehingga sari jahe keluar dan minuman terasa hangat. Tidak hanya menghangatkan wedang jahe juga memiliki  banyak manfaat bagi kesehatan. Agar tidak bosan wedang jahe juga dapat dikreasikan dengan cara menambahkan bahan-bahan tambahan seperti santan kelapa, kopi hitam, air rebusan sereh, serta daun pandan. Tidak hanya menambah rasa bahan-bahan campuran ini juga dapat menambah manfaat dari wedang jahe.

ads

Baca juga:

Selain wedang jahe dikenal pula minuman wedang jeruk. Sesuai namanya minuman ini terbuat dari sari jeruk yang dipanaskan dan terkadang ditambahkan sedikit pemanis, bisa gula atau madu. Wedang jeruk juga bisa dikreasikan dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan bermanfaat lain seperti jahe dan kencur. Wedang jeruk sangat baik dikonsumsi karena mengandung sari jeruk yang terkenal kaya manfaat. Jeruk tidak hanya kaya dengan vitamin C namun juga mengandung nutrisi-nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat, kalium, thiamin, magnesium, niacin, asam pantotenat, kalsium, folat, vitamin B6, vitamin A, fosfor, dan tembaga.

Baca juga:

Dengan beragam nutrisi ini konsumsi wedang jeruk dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bakteri dan virus penyebab penyakit ada di sekitar kita. Agar terhindar dari infeksi kita harus meningkatkan kekebalan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi wedang jahe. Kandungan vitamin C nya membuat kekebalan tubuh meningkat sehingga badan selalu fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: manfaat buah naga

2. Mencegah sembelit

Salah satu penyebab sembelit atau susah buang air besar adalah lambatnya pergerakan feses di dalam usus. Dengan mengonsumsi wedang jeruk dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih teratur sehingga mencegah timbulnya sembelit.

Baca juga: manfaat daun handeuleum

Sponsors Link

3. Detoksifikasi

sedikit banyak di dalam tubuh kita ada tumpukan zat-zat racun yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Untuk membuang zat-zat racun ini kita juga dapat mengonsumsi wedang jeruk yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi atau membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: manfaat daun serai – manfaat detoksifikasi

4. Baik untuk kesehatan pencernaan

Meskipun wedang jeruk bersifat asam atau memiliki kandungan asam yang dikhawatirkan dapat berpengaruh pada lambung namun kandungan vitamin C pada wedang jeruk juga memiliki manfaat untuk kesehatan organ-organ pencernaan. Dimana ia dapat menghasilkan kolagen yang bermanfaat untuk melindungi saluran pencernaan, mencegah gangguan bakteri pada sistem pencernaan, serta membantu dalam penyerapan zat besi.

Baca juga: manfaat yakult – 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan

5. Baik untuk kesehatan kulit

Mengonsumsi wedang jeruk tidak hanya baik bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan kulit. Seperti diketahui vitamin C sangat baik bagi kesehatan kulit yang dapat menjadikan kulit sehat dan cerah, mencegah penuaan dini, serta melindungi dari bahaya sinar UV.

Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk kecantikan – 10 manfaat buah semangka bagi kecantikan dan kesehatan

ads

6. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi  merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi misalnya karena diare atau berada dalam suhu sangat panas dan kekurangan air minum. Dengan mengonsumsi wedang jeruk yang sarat dengan kandungan air, vitamin, dan mineral dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi sehingga kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga.

Baca juga: manfaat air kelapa – manfaat pocari sweat

7. Menghambat perkembangan radikal bebas

Vitamin C yang terdapat pada manfaat wedang jeruk dikenal sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menghambat perkembangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu antioksidan juga sangat baik untuk mencegah timbulnya penuaan dini seperti munculnya kerutan di wajah terlalu cepat.

Baca juga: manfaat selenium – 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh

8. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet wedang jeruk merupakan minuman yang tepat untuk dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan untuk membatasi jumlah gula yang dicampurkan ke dalam wedang, kalau perlu tidak usah ditambahkan pemanis sehingga tidak menyebabkan naiknya jumlah kalori yang dikonsumsi.

Baca juga: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan – manfaat daun salam untuk diet

9. Mencegah penyakit kardiovaskular

Wedang jeruk khususnya jeruk bali dikenal juga bermanfaat untuk membuang lemak dan racun yang menyumbat pembuluh darah sehingga mencegah timbulnya penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Baca juga: manfaat mendol

10. Mencegah penyakit katarak

Selain vitamin C wedang jeruk juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menutrisi mata sehingga mata menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti katarak.

Baca juga: manfaat daun dan bunga kitolod

11. Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas. Selain menggunakan obat-obatan dari dokter kita juga dapat mengonsumsi wedang jeruk khususnya jeruk nipis untuk mengatasinya. Berdasarkan pengalaman orang yang sudah mencobanya wedang jeruk nipis dapat membersihkan lambung dan mengatasi wasir.

Baca juga: manfaat daun sirsak untuk wasir

12. Mengatasi asma

Dada tiba-tiba terasa sesak, sesak napas, dan batuk merupakan gejala kambuhnya penyakit asma. Biasanya hal ini dipicu oleh alergi makanan, stres, debu, cuaca dingin, dan lain sebagainya. Meskipun telah ada obat-obatan kimia yang digunakan untuk mengatasi asma tidak ada salahnya memanfaatkan obat-obat alami salah satunya manfaat wedang jeruk nipis yang dicampur dengan kencur, madu, dan telur ayam.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari wedang jeruk sebaiknya diperhatikan proses pembuatannya dimana sari jeruk sebaiknya tidak direbus dengan air panas. Cukup diseduh dengan air hangat kuku sehingga tetap terasa hangat. Hal ini bertujuan agar kandungan vitamin C pada jeruk tidak rusak karena vitamin C sangat sensitif terhadap suhu yang tinggi. Dengan mengonsumsi wedang jeruk yang diolah dengan cara yang benar maka segala manfaat minuman ini bisa kita dapatkan secara maksimal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 20:31 Oleh :
Kategori : Minuman