Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Manfaat Wasabi Untuk Tubuh

Sponsors Link

Bagi anda penyuka masakan Jepang pasti pernah mendengar kata wasabi. Ya, wasabi biasanya disajikan bersama sushi, sashimi, bahkan ochazuke. Wasabi yang disajikan biasanya berbentuk pasta berwarna hijau. Wasabi memberikan sensasi rasa pedas yang menambah cita rasa masakan Jepang. Rasa pedasnya pun berbeda dengan rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai.

Wasabi tidak hanya disajikan sebagai penyedap rasa saja. Kandungan nutrisi dalam wasabi ternyata juga cukup banyak. Wasabi memiliki kandungan serat, protein dan energi yang cukup banyak. Selain itu wasabi mengandung mineral mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan zinc. Wasabi juga mengandung vitamin C, riboflavin, niasin, asam folat, vitamin A dan vitamin B6. Antioksidan dalam wasabi juga ditemukan, seperti isotiosinat dan yang paling penting adalah wasabi memiliki kandungan kolesterol yang sangat kecil.

Artikel terkait:

Dari beberapa kandungan wasabi, bisa dilihat bahwa wasabi juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat wasabi antara lain:

1. Memiliki Sifat Antibakteria

Wasabi memiliki sifat antibakteria karena kandungan isotiosianat, salah satu senyawa antioksidan. Isotiosianat dalam bentuk uap dapat mencegah pertumbuhan bakteri bakteri yang ada dalam makanan.

2. Mencegah Keracunan Makanan

Wasabi dapat menetralisir bakteri dan mikroba lain yang ada dalam makanan. Biasanya wasabi disajikan dengan daging mentah. Disinilah peran wasabi sebagai agen pencegah keracunan. Daging yang mentah bisa saja terkontaminasi bakteri dan mikroba lain. Wasabi dengan sifat antibakterinya mengurangi pertumbuhan bakteri ini. Meskipun hal ini tidak bisa 100% menghindari kita dari keracunan makanan apabila bakteri sudah terlanjur banyak jumlahnya.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Sifat antibakteria dalam wasabi juga menghambat bakteri penyebab kerusakan gigi.

4. Mengobati Peradangan

Pasta hijau wasabi memiliki sifat anti peradangan. Kandungan wasabi akan meredakan pembengkakan, meredakan rasa sakit dan nyeri akibat peradangan.

5. Meredakan Nyeri Akibat Arthritis

Arthritis adalah gangguan akibat peradangan pada sendi. Peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman saat bergerak. Wasabi dapat meredakan nyeri akibat arthritis.

6. Mencegah Asma

Kandungan isotiosinat pada wasabi juga mampu mecegah penyakit asma. Isotiosinat menghambat neutransmitor prostagladin yang bertanggungjawab atas peradangan dan rasa nyeri.

7. Membantu Kerja Organ Hati

Secara tidak langsung, mengonsumsi wasabi secara teratur dapat meningkatkan kinerja organ hati. Kandungan isotiosinat dalam wasabi mengaktifkan enzim enzim yang ada dalam hati. Oleh karena itu fungsi hati akan semakin terbantu.

sponsored links

8. Menetralisir Racun

Dengan bantuan antioksidan dalam wasabi, organ hati dapat menetralisir zat zat yang bersifat racun dalam tubuh.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan dalam wasabi mengaktifkan fungsi hati dan menetralisir zat zat berbahaya dalam tubuh. Salah satunya adalah sel sel yang tumbuh menjadi sel kanker. Wasabi mencegah mutasi sel menjadi sel kanker pada tahap awal perkembangannya. Akibatnya resiko penyakit kanker berkurang.

selain itu manfaat wasabi yang lain adalah:

10. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, hipertensi, dan serangan jantung.

11. Menghambat peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh

12. Membantu menurunkan berat badan

13. Melancarkan sistem pernafasan

14. Meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh

15. Wasabi termasuk makanan yang rendah kalori

16. Wasabi berfungsi sebagai penyedap masakan

Demikian uraian manfaat wasabi. Perlu diingat bahwa konsumsi wasabi juga harus dibatasi. Apabila terlalu banyak wasabi justru akan merusak organ hati. Selain itu waspadai reaksi alergi apabila baru pertama kali mengkonsumsi wasabi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 10th, January 2017 / 02:43 Oleh :
Kategori : Makanan