Manfaat Vitamin IPI Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda tahu vitamin yang dijual dengan merek ini sebelumnya? Kami yakin pasti Anda pernah, paling tidak, mendengar nama Vitamin IPI sekali sebelum ini. Vitamin yang dikemas dan dijual dengan merek dagang ini diproduksi oleh PT. Supra Ferbindo Farma. Bila Anda memperhatikan lingkaran hijau dengan pinggiran hitam di kemasan Vitamin IPI, ketahuilah bahwa logo tersebut berarti obat yang dijual merupakan obat bebas dan bisa didapatkan di pasaran tanpa resep dari dokter.

Vitamin IPI yang dibanderol dengan harga murah per kemasannya ini menjual beberapa macam vitamin, di antaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin B COMPLEX, dan vitamin C.

Mari kita bahas satu per satu manfaat vitamin-vitamin yang diproduksi IPI, yang pasti sudah sangat familier bagi Anda:

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang fat-soluble, yakni dapat terurai dalam lemak dan tersimpan dalam sel lemak di seluruh tubuh. Dia kaya akan antioksidan, menjaga sistem kekebalan tubuh, menyehatkan mata, membantu fungsi organ, termasuk organ reproduksi, dan masih banyak lagi.

Komponen utama vitamin A:

  • Retinoid
    Retinoid memiliki peran penting untuk kesehatan mata, sel dan tulang untuk pertumbuhan, dan fungsi imun. Namun vitamin A dengan komponen retinoid hanya dapat ditemukan secara alami melalui produk-produk yang berasal dari hewan, seperti hati, telur, dan susu. Sehingga kaum vegetarian dan vegan harus memperhatikan asupan vitamin A mereka dengan lebih teliti.
  • Carotenoid
    Kebalikan dari komponen di atas, carotenoid ditemukan di tumbuhan seperti sayur dan buah. Fungsinya sama dengan retinoid, yaitu untuk menjaga kesehatan mata, menjaga sistem imun, ditambah baik untuk kesehatan kulit. Carotenoid dapat ditemukan di sayur kale dan wortel. Sayuran lain harus dikonversi oleh enzim tubuh agar dapat menjadi bentuk lain vitamin A (retinol).

Manfaat vitamin A bagi kesehatan:

  • Untuk kesehatan mata
  • Berperan penting untuk pertumbuhan tulang
  • Penting untuk reproduksi
  • Berperan penting untuk pembagian dan pertumbuhan sel
  • Menjaga sistem imun
  • Menjaga kesehatan kulit

Bahaya kekurangan vitamin A:
Kekurangan vitamin A biasanya terjadi pada kaum lansia dan orang-orang dengan penyakit kronis. Salah satu tanda defisiensi vitamin A adalah kebutaan pada malam hari, kulit bersisik, kuku dan rambut yang rapuh, kurangnya pertumbuhan, dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Orang yang kekurangan vitamin A juga cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah dalam tubuh, yang dapat merujuk pada anemia.

Artikel terkait: manfaat lain vitamin A, manfaat vitamin A untuk kulit.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia yang termasuk dalam vitamin B kompleks. Vitamin B1 berperan penting untuk menjaga sistem syaraf dan meningkatkan fungsi kardiovaskuler (berkenaan dengan jantung) pada tubuh manusia. Vitamin ini adalah salah satu dari 8 vitamin yang larut dalam air dan membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energi. Vitamin B1 juga dibutuhkan untuk menguraikan lemak dan protein dalam tubuh.

Manfaat vitamin B1 bagi kesehatan:

  • Berperan dalam produksi energi dalam tubuh
  • Kaya akan komponen antipenuaan
  • Mengurangi resiko penyakit Alzheimer
  • Meningkatkan nafsu makan dan memori
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan produksi sel darah merah
  • Mencegah katarak
  • Membantu proses pencernaan

Bahaya kekurangan vitamin B1:
Salah satu gejala kekurangan vitamin B1 adalah letih dan lesu, mudah iritasi, mudah lupa, susah tidur dan kehilangan nafsu makan, sampai masalah pencernaan. Bila tidak ditangani, semua itu akan berujung pada defisiensi thiamin, atau yang lebih kita kenal dengan beriberi. Kondisi tersebut berhubugan dengan abnormalitas pada syaraf, jantung, dan otak, namun gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 biasanya disebut dengan cyanocobalamin, baik untuk menjaga kesehatan sistem syaraf karena memiliki komponen yang dibutuhkan untuk sinyal neurotransmitter dalam tubuh. Vitamin B12 juga membentuk pembungkus sel myelin yang berfungsi untuk melindungi syaraf.

Manfaat vitamin B12 bagi kesehatan antara lain:

  • Untuk metabolisme, menghasilkan energi
  • Mencegah pikun dan mengurangi resiko penyakit neurodegenerative
  • Memperbaiki mood dan membantu sistem syaraf berfungsi dengan baik
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Baik untuk kesehatan rambut dan kulit
  • Baik untuk pencernaan

Bahaya kekurangan vitamin B12:
Kekurangan vitamin ini bisa jadi sulit dideteksi karena gejalanya cukup lumrah terjadi pada manusia, seperti mudah merasa lelah atau kesulitan untuk fokus. Selain itu gejala lain yang bisa merujuk pada defisiensi vitamin B12 adalah sakit pada persendian, susah bernafas atau memiliki nafas pendek, suka pusing, ingatan buruk, susah konsentrasi, palpitasi, nafsu makan kurang, dan perubahan mood seperti meningkatnya depresi dan kecemasan. Defisiensi vitamin B12 juga dapat dideteksi dengan mengukur kadar vitamin B12 dalam darah.

Baca juga: manfaat vitamin B12 untuk pria

4. Vitamin B Complex

Jenis-jenis vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga hasil pemrosesan vitamin ini dalam tubuh dikeluarkan melalui urine. Namun mengonsumsi vitamin B12 dalam jumlah besar ternyata memiliki efek samping yang negatif, termasuk encok, kadar gula tinggi dalam darah (karena vitamin B dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa), dan masalah kulit. Overdosis vitamin B juga dapat berujung pada komplikasi hati dan jantung, masalah penglihatan, mual, muntah, dan tukak lambung. Sehingga Anda diharapkan untuk berhati-hati pula mengonsumsinya.

Manfaat vitamin B complex:

  • Menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik
  • Merendahkan kolesterol jahat (LDL)
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Menjaga kesehatan jantung

Baca juga makanan yang mengandung vitamin B kompleks:

5. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang paling aman dan efektif yang dapat diserap oleh tubuh. Dikenal juga sebagai ascorbic acid yang penting bagi perkembangan, pertumbuhan, serta memperbaiki jaringan tisu dalam tubuh. Vitamin C juga berfungsi penting untuk membentuk kolagen, menyerap zat besi, menjaga sistem imun, menyembuhkan luka, dan merawat kesehatan tulang dan gigi. Antioksidannya dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas hingga zat beracun dari polusi asap rokok.

Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh sehingga Anda, sisa prosesnya akan dikeluarkan oleh tubuh sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengalami overdosis. (artikel terkait: manfaat jambu biji, manfaat buah pepaya, manfaat buncis, manfaat buah naga)

Manfaat vitamin C yang jarang dibahas untuk jangka panjang:

  • Mencegah komplikasi berlanjut bila terserang demam, seperti pneumonia dan infeksi paru-paru
  • Penelitian menunjukkan bahwa tingginya konsentrasi vitamin C dalam darah berkaitan dengan rendahnya resiko terserang stroke hingga 42%
  • Nutrisi ini sensitif terhadap stres dan terbukti yang paling utama hilang pada alkoholik, perokok, dan penderita obesitas

Bahaya kekurangan vitamin C:

bisa dibilang cukup jarang terjadi pada orang normal. Kasusnya biasa lekat dengan orang-orang yang mengalami malnutrisi. Bila terlanjur parah, defisiensi vitamin C dapat berujung pada scurvy, yaitu gusi bengkak hingga berdarah, lemah/lesu, munculnya luka, hingga anemia.

Jadi tidak ada salahnya untuk melengkapi nutrisi tubuh Anda, di luar asupan gizi yang diperoleh dari makanan, dengan mengonsumi vitamin-vitamin keluaran IPI ini. Namun tetap perhatikan dosis atau aturan penggunaan yang tertera pada tiap-tiap kemasannya untuk menghindari efek samping akibat penggunaan vitamin yang eksesif.

Artikel terkait:

,
Post Date: Thursday 16th, March 2017 / 06:56 Oleh :
Kategori : Nutrisi