Sponsors Link

9 Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan

Sponsors Link

 Selama ini kita mungkin sering mendengar vitamin B kompleks yang merupakan deretan vitamin B1 sampai B12 yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah vitamin B5 yang disebut juga dengan asam pantotenat. Vitamin yang larut dalam air ini dapat dikatakan sebagai salah satu vitamin yang serbaguna karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari berperan dalam metabolisme tubuh, kesehatan mata, kulit, rambut, hingga mengatasi stres. Bahkan vitamin B5 merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dianjurkan untuk menu diet karena mampu melancarkan metabolisme tubuh.

ads

artikel terkait:

Sumber Vitamin B5

Ada begitu banyak jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk mendapat asupan vitamin B5. Diantaranya kubis, brokoli, jamur, ikan salmon, dan kacang-kacangan yang merupakan sumber makanan yang paling banyak kandungan vitamin B5 nya. Jenis bahan makanan lain yang juga mengandung vitamin B5 adalah susu beserta produk olahannya, ikan, ragi, telur, gandum, alpukat, minyak ikan, daging ayam, biji bunga matahari, daging sapi, ubi, daging ayam, biji-bijian, labu, pisang, dan hati.

artikel terkait:

Manfaat Vitamin B5

Seperti yang telah disebutkan di atas vitamin B5 merupakan vitamin serbaguna karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantara manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi vitamin B5 dalam jumlah cukup adalah:

1. Membantu pembentukan berbagai komponen penting

Membantu pembentukan berbagai komponen penting bagi tubuh seperti karbohidrat, lemak, protein, antibiotik, dan asam amino. (baca Juga: Manfaat Susu Amino)

2. Merangsang diproduksinya hormon adrenalin

Merangsang diproduksinya hormon adrenalin yang sangat berguna untuk mempercepat metabolisme di dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah, serta merangsang kerja otak. (Baca Juga: manfaat adrenalin)

3. Menurunkan kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam Tubuh Kebiasaan mengonsumsi makanan terutama makanan berlemak tinggi secara berlebihan dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dan trigliserida yang tentu saja tidak baik bagi tubuh. Untuk menurunkan atau menormalkan kembali kadar keduanya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin B5 seperti seledri, bawang merah, kubis, dan kunyit. (Baca Juga: manfaat daun kelor untuk kolesterol)

ads

4. Kesehatan dan pertumbuhan rambut

Tidak hanya wajah yang harus dijaga dari penuaan dini, rambut pun harus dipelihara dari penuaan dini seperti gejala uban yang terlalu cepat muncul. Vitamin B5 juga sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut, menjadikannya lebih sehat, kuat, dan panjang. (Baca Juga: manfaat elips)

5. Menyembuhkan luka dan menghindari timbulnya infeksi pada luka

Vitamin B5 bersama-sama dengan vitamin C juga berperan dalam menyembuhkan luka sehingga luka lebih cepat sembuh dan terhindar dari infeksi dan peradangan. (Baca juga: manfaat rivanol)

6. Membantu vitamin A dalam menjaga kesehatan mata

Selama ini mungkin kita hanya mengenal vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi sebenarnya vitamin B5 juga berperan dalam membantu vitamin A untuk proses sintesis biokimia yang terjadi di dalam tubuh serta mengoptimalkan fungsi vitamin A untuk kesehatan mata dan penyembuhan penyakit yang menyerang mata.

artikel terkait: manfaat wortel untuk mata – manfaat tomat untuk mata

7. Kesehatan kulit

Seperti vitamin untuk mata, kita mungkin kurang mengenal peran vitamin B5 untuk kesehatan kulit. Vitamin untuk kulit yang umum kita kenal adalah vitamin C dan E. Padahal ada peran vitamin B5 sehingga bersama-sama ketiganya bekerja dalam memelihara kesehatan kulit. Contohnya saja berbagai produk kesehatan kulit banyak yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya dimana madu mengandung vitamin B5, C, dan E dalam jumlah yang cukup. (Baca Juga: manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit , Manfaat Viostin DS)

8. Mencegah dan mengatasi jerawat serta menghilangkan bekasnya

Dengan mengonsumsi vitamin B5 juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan mengobatinya jika jerawat sudah kadung muncul. Bahkan bekas-bekas jerawat pun bisa dihilangkan dengan berbagai masker alami yang mengandung vitamin B5 seperti masker kunyit, pepaya, dan air kelapa. (Baca Juga: manfaat acnol , Manfaat Vitamin B6)

9. Diet

Vitamin B5 juga sangat bermanfaat dalam program diet anda. Vitamin B5 merupakan salah satu jenis koenzim yang berperan dalam mengubah lemak yang ada di tubuh menjadi energi. Dengan kadar vitamin B5 yang cukup tubuh kita akan mampu secara optimal mengubah cadangan lemak dalam tubuh menjadi energi. (Baca juga: manfaat beras merah , Manfaat Vitamin B bagi Tubuh)

Meskipun sangat bermanfaat dan sangat mudah didapat namun asupan vitamin B5 juga tidak boleh berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Maksimal orang dewasa hanya boleh mengonsumsi 5 mg vitamin B5 setiap harinya. Kelebihan vitamin B5 dalam tubuh dapat menyebabkan reaksi alergi yang cukup mengganggu seperti gatal, kulit ruam dan kering, dada sesak, sulit bernapas, pembengkakan pada bagian tubuh seperti bibir, mulut, lidah, dan wajah, serta diare.

artikel terkait:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 16th, March 2017 / 04:36 Oleh :
Kategori : Nutrisi