Sponsors Link

5 Manfaat vitamin A untuk Mata Paling Utama

Sponsors Link

Vitamin A adalah jenis vitamin yang banyak ditemui di buah-buahan dan sayuran. Vitamin a termasuk dalam jenis vitamin yang larut dalam lemak. zat yang terkandung dalam bahan makanan yang bisa disebut sebagai sumber vitamin A adalah yang mengandung  retinol, asam retinoat, retinal, dan beta karoten.

ads

Baca juga:

contoh bahan makanan yang mengandung vitamin A adalah Wortel, bayam, ubi jalar, brokoli, apel, anggur , kiwi, minyak ikan, susu, keju dll

baca juga:

Vitamin A dikenal memiliki berbagai manfaat terutama untuk mengatasi atau mencegah penyakit yang menyerang kesehatan mata. Vitamin A memang telah dipercaya mengatasi masalah mata.

Mata sebagai organ penglihatan pada manusia memiliki tugas yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, dengan adanya mata seseorang bisa melihat apa yang ada didepannya. Kesehatan mata perlu dijaga agar suatu hari tidak mengalami gangguan atau penyakit. Salah satu manfaat vitamin A adalah sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Berikut daftar manfaat Vitamin A untuk kesehatan mata (baca Juga: manfaat wortel untuk mata – manfaat tomat untuk mata)

Manfaat Vitamin A untuk Mata

1. Membantu metabolisme sel Mata

secara umum vitamin A dipercaya untuk mengatasi dan mencegah gangguan pada mata. Vitamin A sendiri memiliki peran untuk membantu metabolisme sel pada mata tepatnya bagian retina (retina bagian yang mengatur gelap terang pada mata). Sehingga mata mendapat cukup asupan nutrisi untuk membantu dalam proses kerja sel mata. Vitamin A juga sebagai asupan nutrisi penunjang kesehatan mata. (Baca juga: manfaat beras merah , Manfaat Vitamin B bagi Tubuh)

2. membantu mencegah katarak

mengkonsumsi makanan dengan kadar vitamin a yang cukup (tidak berlebihan) dapat membantu mata untuk menangkal radikal bebas yang mungkin menyerang sel mata sehingga di jangka panjang bisa mencegah penyakit katarak, katarak biasnaya diderita oleh seseorang yang memasuki lanjut usia (lansia) tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang yang lebih muda menderita katarak akibat kekurangan vitamin A dan resiko penyakit yang berhubungan dengan sel retina mata. (Baca Juga: manfaat acnol , Manfaat Vitamin B6)

3. Membantu mengurangi resiko mata minus

Mata minus adalah gangguan pada mata yang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh sehingga membutuhkan bantuan alat optik seperti kacamata amupun lensa kontak. Dengan rajin mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin A yang cukup setidaknya bisa mengurangi resiko mata minus serta cocok sebagai pendamping terapi untuk mengurangi minus pada mata.

baca juga baik untuk mata minus : manfaat tomatmanfaat daun siri

Sponsors Link

4. Melembabkan mata dan mencegah resiko kekeringan mata

Gangguan mata kering  atau biasanya dikenal dengan nama xerosis konjungtiva bisa dialami siapa saja, ketika hal tersebut terjadi ada baiknya untuk membuat mata lembab kembali dengan bantuan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A akan membantu kerja selaput lendir yang ada ada pada mata Hal ini berkaitan dengan manfaat vitamin A yang sangat potensial untuk menjaga kelembaban dan kesehatan mata. (Baca juga: manfaat vitamin e – manfaat buah semangka)

5. Mencegah resiko rabun senja

Vitamin A yang menjadi nutrisi untuk mata bisa bermanfaat sebagai zat yang mendukung proses kerja retina. Retina yang berfungsi mengatur gelap terang cahaya yang masuk ke mata, Dengan sehatnya retina mata maka penglihatan di malam hari akan terjaga dan tidak mengalami rabun senja. (baca juga: manfaat vitamin C)

Vitamin A secara garis besar memiliki manfaat sebagai sumber nutrisi mata dan membantu dalam mengurangi resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan organ penglihatan. Organ penglihatan yang baik ditandai dengan terlihat sehatnya organ tersebut dan kemampuan kerja yang baik. Pada mata ditandai dengan penglihatan yang segar tidak mengalami keburaman dalam melihat dan bisa melihat dalam jarak tertentu dengan baik. Pada malam hari objek yang dilihat terasa jelas dan tidak terjadi kerabunan dalam melihat di malam hari. (Baca Juga: manfaat madu – manfaat madu untuk kulit)

Kesehatan mata memang harus dijaga salah satunya dengan mencukupkan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A. Makanan yang mengandung vitamin A banyak sekali didalam kehidupan sehari-hari dan yang paling menjadi primadona adalah wortel. Memakan Hal ini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan penglihatan yang baik. (Baca Juga: manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan kecantikan – manfaat jeruk nipis)

Tak lupa pemberian atau konsumsi vitamin A akan sangat terasa manfaatnya bila dilakukan secara rutin dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan karena bila berlebihan akna mendatangkan akibat yang buruk.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 16th, March 2017 / 05:43 Oleh :
Kategori : Nutrisi