Sponsors Link

5 Manfaat Unsur Hara Bagi Tanaman

Sponsors Link

Tanaman yang tumbuh memerlukan unsur hara dalam masa pertumbuhannya. Unsur hara adalah suatu zat yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik yang ada pada tumbuh – tumbuhan. Unsur hara merupakan unsur esensial yang ada di dalam tumbuhan dan tidak bisa di lepaskan karena fungsinya yang penting. Kekurangan unsur hara akan menganggu perkembangan tanaman kedepannya.

ads

Unsur hara dapat di cari pada manfaat tanah lapisan bawah yang subur. Unsur hara berguna juga untuk kesuburan tanah. Biasanya akar akan mulai mencari zat hara ini untuk menyuburkan tanaman. Secara umum unsur hara di bagi menjadi dua bagian yaitu unsur hara makro, untuk unsur hara makro ini berarti unsur hara diperlukan dalam jumlah yang banyak bagi tanaman. Sedangkan untuk unsur hara mikro merupakan jenis unsur hara yang di perlukan dalam jumlah yang kecil bagi tumbuhan. Adapun manfaat unsur hara adalah sebagai berikut :

1.Membentuk klorofil dan protein

Klorofil merupakan zat hijau yang terdapat pada daun dan berfungsi untuk membantu proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan bagi tumbuh – tumbuhan. Selain membentuk klorofil unsur hara juga bermanfaat untuk membentuk protein bagi tumbuh – tumbuhan. Baca juga : (Manfaat klorofil bagi tubuh)

2. Mempercepat pertumbuhan

Masa pertumbuhan bagi tumbuh – tumbuhan sama seperti manusia yaitu membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dengan baik dan sempurna. Tumbuhan memerlukan unsur hara untuk dapat tumbuh dengan baik.

3. Bunga dan buah yang lebih baik

Ciri – ciri dari tumbuhan yang terpenuhi unsur haranya adalah bunga dan buah yang baik. Jika suatu tumbuhan memiliki bentuk bungan yang indah baik dari bentuk dan segi warnanya maka dapat di pastikan unsur hara yang diperlukannya tercukupi dengan baik dan sempurna.

Artikel terkait :

4. Menguatkan dinding sel

Salah satu manfaat unsur hara bagi tumbuhan adalah untuk menguatkan dinding sel. Dinding sel yang kuat sangat membantu proses pertumbuhan tumbuhan menjadi lebih baik. Unsur hara memang sangat berguna untuk menguatkan dinding sel tumbuhan.

5. Membantu fotosintesis

Fotosintesis merupakan suatu proses memasak makanan bagi tumbuh – tumbuhan dengan menggunakan bantuan cahaya matahari. Tumbuhan memerlukan fotosintesis untuk memasak makanan yang di dapat dari sumber unsur hara. Makanan yang di hasilkan dari proses fotosintesis ini akan di sebarkan ke seluruh tubuh tumbuh – tumbuhan.

Artikel terkait :

6. Meransang pertumbuhan akar

Bagi tumbuhan yang baru berupa benih unsur hara sangat di butuhkan dalam jumlah yang banyak karena bermanfaat untuk meransang pertumbuhan akar. Akar bagi tumbuhan memiliki banyak fungsi yaitu :

  • Tempat penompang pertumbuhan tumbuhan.
  • Mencari makanan seperti unsur hara

Artikel terkait :

7. Membentuk hormon pada tumbuhan

Hormon pada tumbuhan dapat di bentuk dari unsur hara yang di dapat oleh akar. Fungsi hormon bagi tumbuhan adalah untuk mempercepat proses pnyerbukan bungan yang ada pada tumbuhan untuk menghasilkan buah yang segar dan sehat. Baca juga : ( Manfaat auksin bagi tanaman)

8. Membentuk proses fisiologis tanaman

Proses fisiologis bagi tanaman dapat berupa proses pernafasan pada tumbuhan yang terdapat di balik daun melalui stomata dan pada batang melalui lentisel.

9. Meningkatkan kualitas tanaman

Manfaat unsur hara lainnya adalah untuk meningkatkan unsur kualitas tanaman menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena ini unsur hara sangat di perlukan oleh tanaman jadi pastika unsur hara yang ada dapat mencukupi kebutuhan tanaman untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. (Baca juga : Manfaat pupuk kcl)

10. Tahan terhadap hama

Hama merupaka sejenis hewan yang bisa menganggu pertumbuhan tanaman. Jika kebutuhan unsur hara suatu tanaman cukup makan unsur hara bermanfaat menjadikan tumbuhan tahan terhadap serangan hama yang menganggu.

Kekurangan Unsur Hara

Unsur hara yang terdapat pada tanaman tidak selamanya juga dapat terpenuhi dengan baik dan sempurna. Kadang kala tumbuhan juga akan mengalami kekurangan unsur hara, berikut ini ciri – ciri dari tanaman yang kekurangan unsu hara adalah sebagai berikut :

1.Warna daun menjadi kuning

Daun kuning bisa menjadi indikasi tumbuhan kekurangan unsur hara dalam pertumbuhannya. Daun yang kuning cenderung menunjukkan bahwa daun akan gugur ke tanah dan sudah tua. Jika anda menemukan ciri ini pada tumbuhan anda bisa jadi tumbuhan tersebut kekurangan unsur hara di dalamnya.

2. Tepi daun bercabang

Daun yang sehat memiliki bentuk daun yang bulat sempurna. Tepi daun yang bercabang bisa menjadi salah satu ciri dari kekurangan unsur hara. Karena itu kekurangan unsur hara sangat menganggu bentuk daun untuk terlihat sempurna.

3. Batang menjadi kuning

Selain daun yang berubah menjadi warna kuning, batang tumbuhan yang kekurangan unsur hara juga bisa berubah menjadi warna kuning lama kelamaan dan akan layu. Batang yang tumbuh juga terlihat tidak koko dan cenderung melemah.

4. Buah tidak bagus

Tumbuhan yang memiliki buah tapi kekurangan unsur hara akan membawa dampak negatif bagi buah yang dihasilkannya. Buah tumbuhan akan terlihat tidak bagus dari segi kualitas dan kuantitasnya. Buah yang tidak bagus kelihatan seperti layu dan tidak segar sehingga orang yang melihat cenderung menolak untuk memakannya.

ads

5. Akar tanaman tidak tumbuh memanjang

Akar sangat di perlukan bagi tumbuhan untuk mencari makanan. Akar merupakan salah satu bagian terpenting bagi tumbuhan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang biak. Jika pada kenyataanya tanaman kekurangan unsur hara makan akar yang tumbuh tidak bisa memanjang. Dampak dari akar yang tidak panjang adalah keterbatasan akar dalam mencari makanan untuk petumbuhannya. Ciri tanaman yang baik adalah akar yang tumbuh memanjang untuk banyak menyerap makanan bagi pertumbuhannya.

Kelebihan Unsur Hara

Kelebihan unsur hara bagi tumbuhan juga tidak baik karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik sama sekali. Untuk itu jika tumbuhan kelebihan unsur hara juga akan memiliki ciri – ciri sebagai berikut ini :

  • Tumbuhan kecil

Jika kelebihan unsur hara dalam suatu tumbuhan maka tumbuhan akan tumbuh dengan ukuran yang lebih kecil dari pada tumbuhan normal lainnya. Jika tumbuhan tumbuh kecil tentu tidak terlihat bagus dari kelompoknya.

  • Ukuran daun menjadi lebih besar

Ukuran daun jauh lebih besar dari ukuran daun yang normal. Karena itu kelebihan unsur hara termasuk salah satu bagian yang perlu di waspadai bagi tanaman.

  • Batang menjadi lunak dan berair

Salah satu ciri dari kelebihan unsur hara yang lain adalah batang menjadi lunak dan berisi air. Batang yang lunak pada tumbuhan bisa disebabkan karena unsur hara dan batang yang lunak lebih mudah untuk terserang penyakit yang menganggu perkembangan tumbuh – tumbuhan

  • Susah untuk berbunga

Kelebihan unsur hara pada tumbuhan juga dapat menganggu proses perbungaan bagi tumbuhan yang memiliki bunga. Karena itu tumbuhan cenderung untuk tidak berbungan di banding dengan tumbuhan sejenisnya yang dapat berbungan dengan cepat untuk kemudia menghasilkan buah yang bagus untuk di petik.

  • Menghalangi mekarnya pucuk tanaman

Tumbuhan biasanya akan mengeluarkan pucuk atau tunas baru saat daun yang lama telah banyak mati dan layu. Tapi pada saat kondisi tumbuhan kelebihan unsur hara akan menyebabkan terhalangnya tumbuh pucuk atau tunas baru.

Fungsi unsur hara yang sangat penting bagi tumbuhan, maka kelebihan dan kekurangan tumbuhan dari unsur hara perlu diperhatikan karena membawa dampak yang tidak baik bagi pertumbuhan tumbuhan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, July 2016 / 07:02 Oleh :
Kategori : Tumbuhan