9 Manfaat Ubur Ubur untuk Kesehatan

Ubur-ubur adalah salah satu jenis mahluk laut atau air yang sangat menakjubkan. Banyak orang menilai bahwa jenis ikan ini bisa menyebabkan bahaya terutama karena sengatan yang bisa menyemburkan racun untuk kulit. Diluar semua masalah itu ternyata ubur-ubur terlihat seperti jenis ikan yang sangat ajaib. Ubur-ubur tidak memiliki tulang belakang sehingga gerakan ubur-ubur saat di air terlihat seperti sedang melayang. Badan ubur-ubur terdiri dari 95 persen air dan 5 persen bahan padat.

Ada berbagai jenis ubur-ubur dengan berbagai jenis warna yang berbeda-beda. Ubur-ubur bisa bertahan hidup selama tiga hingga enam bulan dan tergantung dari bagaimana cara mereka bisa hidup. Bagian sel tubuh ubur-ubur mampu meremajakan diri sehingga saat di laut ubur-ubur terlihat sebagai jenis hewan air yang tidak bisa mati.


Zat Gizi Ubur-Ubur

100 gram Ubur-ubur Kandungan
Kalori 31 kal
Protein 3,7 gram
Lemak 0,3 gram
Karbohidrat 3,8 gram
Kolesterol 8 mg
Tiamin 0,03 mg
Riboflavin 0,05 mg
Niasin 0,2 mg
Vitamin E 13 mg
Kalsium 150 mg
Fosfor 30 mg
Kalium 160 mg
Natrium 325 mg
Magnesium 123 mg
Zat besi 4,8 mg


Fakta Gizi Ubur-Ubur

  • Ubur-ubur ternyata banyak mengandung berbagai sumber nutrisi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bertenaga. Konsumsi ubur-ubur juga sangat disarankan untuk orang yang sedang melakukan program diet.
  • Konsumsi ubur-ubur secara teratur ternyata juga bisa membantu mengatasi hipertensi karena mengandung zat asetikolin yang bisa bekerja untuk membantu mencegah penyempitan pembuluh darah.
  • Konsumsi ubur-ubur juga sangat baik untuk mencegah penyakit radang tulang atau tulang rapuh karena mengandung polisakarida mannose.
  • Konsumsi ubur-ubur segar sangat tidak disarankan karena khawatir kandungan racun dalam ubur-ubur bisa menyebabkan efek negatif untuk pencernaan dan darah.


Manfaat Ubur ubur untuk Kesehatan

Ubur-ubur memberikan manfaat yang sangat besar untuk berbagai bidang seperti untuk kelautan, wisata, manusia, kehidupan laut dan berbagai jenis sumber manfaat lain. Berikut ini adalah berbagai manfaat ubur-ubur dari berbagai jenis bidang.

1. Potensi Ubur-Ubur untuk Kesehatan Manusia

Konsumsi ubur-ubur memang banyak dilakukan terutama oleh masyarakat yang tinggal di perairan. Bahkan masyarakat di Jepang dan Korea sudah terbiasa mengkonsumsi ubur-ubur. Berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi ubur-ubur :

  • Ubur-ubur banyak mengandung manfaat kalsium alami yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.
  • Kalsium dari ubur-ubur mampu membantu tubuh dalam mendapatkan protein sehingga bisa meningkatkan fungsi memori dan memerangi semua gangguan penyakit memori. Kalsium juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi pada otak sehingga membuat otak bisa memiliki memori yang lebih tinggi.
  • Ubur-ubur yang sudah diolah dalam bentuk kering banyak mengandung zat kolagen yaitu zat yang sangat penting untuk mensuplai elastisitas dan kecantikan kulit.
  • Kolagen pada ubur-ubur juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan memerangi semua gejala penuaan dini. Bahkan banyak jenis produk kosmetik yang dihasilkan dari ubur-ubur jenis tertentu yang sengaja diternakkan di perairan.
  • Ubur-ubur juga menjadi sumber makanan yang sangat sehat dan bisa mendukung diet atau cara untuk menurunkan berat badan dari makanan. Ubur-ubur banyak mengandung manfaat protein, air dan sejumlah asam amino tertentu. Sementara itu ubur-ubur juga tidak mengandung lemak dan mengandung manfaat karbohidrat dalam jumlah yang sangat sedikit.

2. Menenangkan Pikiran dan Menurunkan Tingkat Stres

Selama ini ubur-ubur memang dikenal sebagai hewan penyengat yang bisa menyebabkan keracunan bahkan kematian. Ubur-ubur memang akan menyengat sebagai respon alami jika terjadi bahaya pada koloni mereka. Namun orang tetap bisa berenang dengan santai dan tidak masuk ke dalam kelompok ubur-ubur dari dekat. Melihat berbagai jenis ubur-ubur dengan penampilan aneka warna, akan membuat orang menjadi lebih senang dan tenang. Dengan cara ini maka ubur-ubur telah membantu mengeluarkan tingkat stress dari tubuh.

Stress juga bisa diatasi dengan aktivitas yang bisa membuat suasana hati lebih senang, seperti pada :

3. Menurunkan Resiko Penyakit Asma

Penyakit asma pada anak-anak memang menjadi resiko yang banyak terjadi bahkan ketika anak-anak masih dalam kondisi bayi. konsumsi ubur-ubur sebagai obat tradisional telah menurunkan resiko perkembangan penyakit asma. Ubur-ubur mengandung senyawa khusus yang bisa menurunkan resiko asma dan bisa dikonsumsi sejak ibu hamil.

Untuk mengatasi asma, sejumlah herbal juga bisa diobati dengan :

4. Sumber Omega 3

Ubur-ubur adalah salah satu sumber asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk mendukung kesehatan mata dan jaringan pada otak. Manfaat omega 3 ini sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan mata dan juga meningkatkan fungsi dan memori otak. Ibu hamil sangat disarankan untuk konsumsi ubur-ubur untuk memberikan nutrisi pada janin.

Sumber Omega 3 lainnya busa diperoleh dari :

5. Mengatasi Penyakit Peradangan

Penyakit peradangan bisa terjadi karena penyerapan kalsium yang kurang dalam tubuh. Selain itu, tubuh tidak mampu menyerap protein dengan baik sehingga menyebabkan peradangan pada beberapa bagian tubuh termasuk untuk sendi, otot dan organ tubuh tertentu. Konsumsi ubur-ubur secara teratur ternyata sangat baik untuk melawan berbagai penyakit peradangan karena ubur-ubur mengandung agen anti inflamasi yang cukup baik.

Zat anti inflamasi lainnya juga terdapat pada :

6. Mencegah Penyakit Jantung

Konsumsi ubur-ubur secara aktif bisa menurunkan resiko penyakit jantung atau semua jenis kelainan jantung karena masalah pembekuan darah. Manfaat ubur-ubur juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mampu mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. Jadi ubur-ubur sangat sehat untuk jantung.

Penyakit jantung bisa diatasi dengan :

8. Menurunkan Resiko Diabetes

Penyakit diabetes bisa terjadi karena terjadi lonjakan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi dalam tubuh. Akibatnya maka tubuh akan menjadi lebih lemah, dan berbagai penyakit komplikasi lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, kerusakan saraf pada kaki dan stroke. Manfaat ubur-ubur bisa menurunkan resiko diabetes karena akan membantu proses metabolisme dan berusaha untuk mengendalikan nafsu makan. Bahkan konsumsi aktif ubur-ubur juga bisa membantu menenangkan perasaan.

Tidak hanya ubur-ubur, berikut ini beberapa herbal yang mampu mengatasi diabetes :

9. Mengatasi Batuk Berdahak

Konsumsi ubur-ubur yang sudah dimasak dengan cuka bisa membantu mengatasi penyakit batuk berdahak. Ubur-ubur mengandung senyawa aktif yang bisa memerangi semua bakteri dan bersifat membersihkan paru-paru. Namun sebaiknya hindari konsumsi ubur-ubur mentah karena mungkin saja masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Obat batuk herbal lainnya juga terdapat pada :

Peran Ubur-Ubur untuk Kehidupan Laut dan Penelitian

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa ubur-ubur hanya hewan yang tidak bisa memberikan manfaat. Ubur-ubur hanya dianggap sebagai hewan penganggu karena itu banyak orang atau nelayan yang sama sekali tidak perhatian terhadap perkembangan ubur-ubur. Ubur-ubur sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar saat dilaut. Ubur-ubur bisa menjadi salah satu jalan penting untuk menyalurkan karbon ke kedalaman laut tertentu. Jadi ubur-ubur telah meningkatkan semua fungsi ekosistem laut sehingga menjadi lebih seimbang.

Ubur-ubur juga banyak digunakan sebagai media penelitian terutama untuk melihat perkembangan gen yang unik pada ubur-ubur. Ubur-ubur yang terkena cahaya akan mengeluarkan warna alami dan sering digunakan sebagai penanda pada beberapa penelitian. Bahkan banyak ditemukan penelitian yang mendukung penemuan obat-obatan dan berbagai jenis revolusi sel tubuh. Ubur-ubur juga sangat penting untuk membantu perkembangan perawatan untuk penderita jantung.

Ubur-ubur memang banyak dijadikan konsumsi terutama untuk penduduk Jepang dan Korea. Sedangkan di beberapa negara barat seperti Amerika dan Finlandia ubur-ubur sering dikatakan sebagai perusak alam dan ekosistem ikan karena sering muncul dalam sebuah gelombang dan jumlah ubur-ubur yang sangat banyak. Jadi, manfaat ubur-ubur selalu bisa dilihat dari berbagai jenis bidang yang berbeda.

, ,
Post Date: Saturday 12th, September 2015 / 05:00 Oleh :
Kategori : Hewan