Sponsors Link

20 Manfaat Ubi Ungu Rebus untuk Diet dan Kesehatan

Sponsors Link

Warnanya yang cukup mencolok membuat ubi ungu cukup popular dan disukai banyak orang. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari direbus, digoreng, dicampur dengan agar-agar atau puding, hingga dibuat keripik sebagai camilan. Salah satu cara pengolahan ubi ungu yang paling mudah dan lebih kecil beresiko kehilangan nutrisi adalah dengan cara direbus. Apalagi jika dikonsumsi pada cuaca dingin, ubi ungu rebus yang masih hangat terasa nikmat sekali.

ads

Tidak hanya nikmat, ubi ungu juga kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, protein, serat, antosianin, lemak, karbohidrat, fosfor, serta vitamin A, C, dan B1. Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya ubi ungu rebus sangat baik untuk dikonsumsi karena akan mendatangkan berbagai manfaat seperti:

  1. Melancarkan peredaran darah Tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab dari berbagai macam penyakit. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ubi ungu rebus. (Baca juga: manfaat buah cepokak)
  2. Mencegah pembekuan atau penggumpalan darah Selain itu konsumsi ubi ungu rebus juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh. Meskipun pembekuan darah diperlukan untuk menutup luka luar namun sangat berbahaya jika terjadi di dalam pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah menjadi terhambat. (Baca juga: manfaat mendol)
  3. Mencegah penyakit kardiovaskular Kandungan vitamin C dan E pada ubi ungu dapat membantu mencegah timbulnya penyakit-penyakit kardiovaskular. Yaitu penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung dan pembuluh darah seperti stroke dan penyakit jantung bawaan. (Baca juga: manfaat susu kedelai)
  4. Baik untuk kesehatan mata Jika anda bosan mengonsumsi wortel untuk memberi asupan vitamin untuk mata maka anda dapat menggantinya dengan ubi ungu rebus yang lebih manis dan gurih. Kandungan vitamin A pada ubi ungu rebus juga sangat baik untuk kesehatan mata. (Baca juga: manfaat wortel)
  5. Cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes Penderita diabetes mungkin agak kesulitan memilih makanan yang akan dikonsumsi karena memiliki beberapa jenis makanan yang harus dihindari. Namun ubi ungu rebus aman untuk penderita diabetes sehingga dapat menjadi pilihan makanan atau camilan. (Baca juga: manfaat bengkoang untuk diabetes)
  6. Mencegah dan mengatasi asma Penderita asma dapat memasukkan ubi ungu rebus ke dalam menu hariannya karena makanan ini dapat membantu mencegah kambuhnya asma dan mengatasi asma yang diderita. (Baca juga: manfaat semut jepang untuk asma)
  7. Mencegah penyakit wasir Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderita wasir sulit sekali jika ingin buang air besar atau duduk dalam waktu yang lama. Agar kita terhindar dari penyakit ini dianjurkan untuk mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung serat yang baik bagi kesehatan. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk wasir)
  8. Menyehatkan jantung Sebagai organ vital jantung mesti dijaga kesehatannya. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik bagi jantung seperti manfaat ubi ungu rebus ini. Kandungan antosianin yang dimilikinya mampu mencegah timbulnya serangan jantung. (Baca juga: manfaat olahraga kardio)
  9. ads
    Melancarkan pencernaan Sistem pencernaan berperan penting dalam hal pemenuhan nutrisi tubuh. Dengan pencernaan yang lancar maka nutrisi yang diserap tubuh menjadi maksimal. Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung fosfor dan serat yang baik bagi kelancaran pencernaan. (Baca juga: manfaat yakult)
  10. Mencegah penyakit kanker Kanker masih menjadi penyebab kematian yang cukup tinggi sehingga penyakit ini dianggap sebagai penyakit mematikan. Untuk menghindarinya dianjurkan untuk mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung selenium yang dikenal bermanfaat mencegah penyakit kanker. (Baca juga: manfaat buah naga)
  11. Menjadikan kulit wajah lebih cerah Vitamin E dikenal sebagai vitamin kecantikan karena berbagai manfaat yang dimilikinya untuk menyehatkan kulit salah satunya menjadikan kulit lebih cerah. Untuk mendapatkan manfaat ini kita dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E seperti ubi ungu rebus. (Baca juga: 11 manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikan)
  12. Menambah berat badan Ubi ungu rebus juga dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan berat badan. Kandungan karbohidrat dan lemak yang dimilikinya dapat menambah asupan nutrisi dan kalori bagi tubuh. (Baca juga: manfaat susu ensure)
  13. Makanan untuk diet Ubi ungu rebus juga dapat menjadi pilihan menu diet karena memiliki indek glikemik yang rendah sehingga orang yang mengonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama. (Baca juga: manfaat beras merah)
  14. Mencegah perkembangan radikal bebas Antosianin yang terkandung dalam ubi ungu merupakan salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh. (Baca juga: manfaat buah matoa)
  15. Mencegah penuaan dini Kandungan antioksidan ini juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penuaan dini yang ditakuti oleh kaum wanita. Jika ingin terlihat awet muda maka ubi ungu rebus merupakan pilihan makanan yang tepat. (Baca juga: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan)
  16. Sebagai antibakteri Ubi ungu rebus juga bersifat antibakteri dan memiliki aktivitas antibakteri yang jauh lebih tinggi dari buah blueberry sehingga dapat mencegah perkembangan bakteri di dalam tubuh. (Baca juga: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji)
  17. Mencegah kerusakan hati Sebagai organ vital yang fungsinya tidak dapat digantikan oleh organ lain kesehatan hati mesti dijaga dengan baik. Caranya dengan mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung antosianin yang berperan untuk mencegah kerusakan hati. (Baca juga: manfaat daun johar)
  18. Mencegah dan mengatasi sembelit Rajin mengonsumsi ubi ungu rebus dapat mencegah sembelit atau gangguan berupa sulit buang air besar. Hal ini didukung oleh kandungan serat dan pektin pada ubi ungu rebus yang baik bagi pencernaan. (Baca juga: 14 manfaat okra untuk kesehatan)
  19. Mencegah kerusakan sel Agar sel-sel tubuh terpelihara dari kerusakan dianjurkan untuk mengonsumsi ubi ungu rebus yang mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel. (Baca juga: manfaat jeruk nipis)
  20. Memelihara kuman baik di dalam tubuh Tidak semua kuman harus dihindari dan dibuang jauh-jauh. Ada juga jenis-jenis kuman yang justru baik bagi kesehatan. Agar kuman-kuman baik ini terpelihara mereka perlu diberi makan yaitu oligosakarida yang salah satunya terdapat pada manfaat ubi ungu rebus. (Baca juga: manfaat yoghurt)

Makanan yang selama ini dianggap makanan kampung ternyata memiliki kandungan yang kaya akan manfaat. Oleh karena itu jangan lupa memasukkan makanan ini dalam menu harian anda agar mendapatkan semua manfaatnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 08th, May 2017 / 10:08 Oleh :
Kategori : Makanan