Sponsors Link

12 Manfaat Ubi Jalar untuk Diet dan Ibu Hamil

Sponsors Link

Memiliki kelebihan berat badan tidak hanya berdampak buruk pada kondisi mental semata namun juga pada kondisi kesehatan. Orang yang memiliki kelebihan berat badan biasanya kurang percaya diri tampil di hadapan orang banyak dan sering merasa minder karena penampilan tubuhnya. Selain itu tidak jarang mereka dibully oleh teman-temannya sehingga semakin memperparah kondisi mentalnya. Kelebihan berat badan juga membuat seseorang lebih mudah terserang berbagai penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

ads

Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetesmanfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Untuk itu berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dengan berolahraga dan melakukan diet atau pengaturan pola makan. Dimana asupan makanan yang dimakan diatur sedemikian rupa sehingga kalori yang masuk sesuai atau lebih kecil dari energi yang dikeluarkan sehingga sedikit demi sedikit timbunan lemak dalam tubuh bisa dibakar. Selain itu dalam program diet juga diperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, dipilih makanan-makanan yang baik bagi pencernaan, kaya serat, mengenyangkan lebih lama, dan rendah kalori. Contohnya makanan-makanan seperti:

Selain makanan-makanan di atas ada satu lagi makanan yang cocok dikonsumsi dalam menjalani diet yaitu ubi jalar. Makanan yang juga kerap disebut ketela rambat ini merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga di sebagian daerah kerap dijadikan makanan pokok. Meskipun berkarbohidrat tinggi namun ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak cepat menaikkan kadar gula darah. Selain menjadi makanan pokok ubi jalar juga sering dijadikan camilan seperti digoreng, direbus, atau dikolak. Namun tentu saja yang paling baik adalah diolah dengan cara direbus dan tidak terlalu lama sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak berubah.

Baca juga: manfaat ubi jalarmanfaat ubi jalar kuning

Ubi Jalar untuk Diet

Ubi jalar sangat baik dikonsumsi ketika anda tengah menjalani program diet karena mendatangkan beberapa manfaat diantaranya:

1. Kaya serat

Kandungan serat pada ubi jalar sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menekan nafsu makan. Seperti yang diketahui kebanyakan orang gagal menjalani program diet karena sulintya menahan nafsu makan akibat sering atau terlalu cepat merasa lapar. Serat juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga makanan-makanan yang dimakan dapat diproses, diserap, dan sisanya dikeluarkan dengan baik.

Baca juga: manfaat serat

2. Rendah kalori

Kandungan kalori yang rendah pada ubi jalar tentu sangat baik bagi program diet karena kalori merupakan salah satu musuh bagi orang yang sedang diet. Ketika perut terasa lapar dan ingin mengonsumsi sesuatu sebagai camilan ubi jalar dapat menjadi pilihan karena tidak akan menaikkan jumlah kalori dalam tubuh serta dapat menimbulkan rasa kenyang.

Baca juga: manfaat kalori bagi tubuh manusia

Sponsors Link

3. Membantu mengontrol gula darah

Ubi jalar juga terkenal akan kandungan karotenoidnya yang tinggi yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah sehingga setelah makan kadar gula darah anda tidak serta merta naik. Hal ini juga didukung oleh kemampuan ubi jalar untuk meningkatkan produksi hormon adiponectin yang juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Baca juga: manfaat buah naga untuk diabetes – manfaat cabe bagi penderita diabetes

4. Mengandung banyak air

Kandungan air yang tinggi pada ubi jalar dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan. Karena seperti yang kita ketahui kebanyakan orang makan berlebihan hingga mengalami obesitas karena tidak mampu menahan nafsu makan. Mereka makan karena ingin bukan karena butuh. Oleh karena itu ubi jalar merupakan makanan yang tepat dikonsumsi ketika diet.

Meskipun merupakan makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan namun tetap harus diperhatikan cara pengolahan ubi jalar sebelum dikonsumsi. Karena cara pengolahan yang kurang tepat tidak akan memberikan manfaat maksimal. Sebaiknya ubi jalar diolah dengan cara direbus atau dikukus sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak berubah. Untuk diet sebaiknya konsumsi ubi jalar tidak dibarengi dengan pemanis tambahan seperti gula pasir karena dapat menambah nilai kalorinya.

Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Selain untuk diet ubi jalar juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mendatangkan banyak manfaat diantaranya:

ads

1. Baik untuk kesehatan mata

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi ubi jalar sudah mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh ibu hamil dan janinnya sehingga kesehatan mata mereka terpelihara.

Baca juga: manfaat wortel

2. Sumber serat

Selain itu ubi jalar juga kaya akan kandungan serat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil sehingga pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

Baca juga: manfaat umbi talas

3. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang sangat berbahaya terutama pada ibu hamil. Untuk mencegahnya ibu hamil memerlukan asupan zat besi yang mencukupi yang bisa didapat salah satunya dari konsumsi ubi jalar.

Baca juga: manfaat jagung

4. Mengatasi morning sickness

Morning sickness merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil yang ditandai dari gejala-gejala seperti mual, muntah, dan pusing. Dengan mengonsumsi ubi jalar juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga dapat mengatasi gejala morning sickness.

Baca juga: 7 manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ibu hamil memerlukan kekebalan tubuh yang baik sehingga ia tidak mudah terinfeksi berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Dengan kandungan prebiotik pada ubi jalar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Baca juga: manfaat madu

6. Mencegah kram dan edema pada kaki

Ibu hamil rentan mengalami kram dan edema pada kaki. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi ubi jalar yang juga mengandung kalium sehingga terhindar dari kram kaki dan edema yang menyebabkan kaki ibu hamil mengalami pembengkakan sehingga sulit beraktivitas.

Baca juga: 15 manfaat buah kundur untuk kesehatan dan efek sampingnya

7. Mencegah nyeri sendi

Kandungan kalium pada ubi jalar juga sangat baik untuk mencegah nyeri sendi yang juga sering dialami oleh ibu hamil.

Baca juga: manfaat obat neuralgin

8. Menurunkan hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi yang cukup berbahaya bagi ibu hamil. Untuk itu ibu hamil harus senantiasa mengontrol tekanan darahnya agar selalu stabil. Salah satu caranya dengan mengonsumsi ubi jalar yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Baca juga: manfaat daun alpukat untuk hipertensi

Luar biasa bukan manfaat ubi jalar untuk diet dan kesehatan ibu hamil? Meskipun bahan makanan ini tergolong mudah dan murah didapatkan di pasaran namun ternyata menyimpan manfaat yang sangat banyak. Jadi jangan ragu lagi memasukkan ubi jalar ke dalam menu diet harian dan sebagai makanan bagi ibu hamil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 03:29 Oleh :
Kategori : Tumbuhan