Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Uap Air Panas untuk Kesehatan

Sponsors Link

Apa yang akan anda lakukan ketika anda sedang memasak air, lalu kemudian anda menuangkan air tersebut, entah untuk membuat dan menyedu minuman, atau untuk mandi? Mungkin kebanyakan dari anda tidak terlalu peduli dengan uap dari air panas yang sedang anda tuang itu bukan? Padahal, sebenarnya uap air panas itu memiliki banyak sekali manfaat loh.

manfaat uap air panasSebelum membicarakan mengenai manfaat dari uap air panas, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu uap air. Uap adalah suatu bentuk gas yang terbentuk ketika suatu cairan mengalami pemanasan hingga titik didih tertentu. ketika berada dalam konteks air, maka titik didihnya berada pada 100 derajat celcius. Berbeda dengan cairan lain, seperti bensin , yang akan mudah menguap tanpa harus mengalami pemanasan hingga suhu 100 derajat celcius. Nah, untuk membentuk uap air dangat mudah kan? Anda hanya tinggal memanaskan air hingga mencapai titik didih.

Uap air sendiri juga sengaja dibuat oleh beberpa orang untuk keperluan tertentu, yang saat ini sering kita kenal dengan istilah steaming, spa dan juga sauna. Ketiga jenis perawatan ini memilik konsep yang sama, yaitu menggunakan uap air panas untuk membantu proses perawatan tubuh dengan menggunakan alat – alat tertentu.

Apa saja manfaat dari uap air panas?

Uap air panas memilki banyak sekali manfaat untuk kita. Apa saja manfaat dari uap air panas? berikut ini adalah beberapa manfaat dari uap air panas :

1. Menghilangkan lem pada kertas

Manfaat uap air adalah salah satu metode klasik yang sering digunakan untuk melepaskan lem yang menempel diantara dua lembar kertas. Biasanya, hal ini dilakukan untuk membuka amplop tertutup atau untuk melepaskan perangko surat, untuk keperluan koleksi.

2. Membantu merekatkan kertas

Uap air panas, selain dapat melepaskan perekat atau lem, dapat juga dimanfaatkan untuk merekatkan kertas. Meskipun tidak sekuat lem kertas, namun uap air mampu membantu merekatkan sementar dua helai kertas, karena uap air panas data membantu melunakkan dan membasahi kertas, sehingga dapat menempel satu sama lain.

3. Untuk memasak suatu makanan

Ini juga merupakan salah satu manfaat uap air yang paling umum. Ya, uap air sering dimanfaatkan untuk memasak berbagai maam kebutuhan makanan kita sehari-hari. Memasak makanan dengan menggunakan uap air sering kita kenal dengan istilah dikukus. Tengok saja kue mangkok, bakpau, pepes ikan, dan berbagai macam makanan tradisional Indonesia lainnya banyak yang dimasak dengan memanfaatkan uap air panas.

4. Menyembuhkan sinus dan hidung mampet serta flu

Manfaat berikutnya dari uap air panas adalah dapat membantu untuk melegakan hidung dan menyembuhhkan gejala sinus da n hidung tersumbat. Dengan menggunakan uap air panas, maka hidung anda akan terasa lega, dan anda akan terhindar dari gejala hidung mampet dan sinus.

5. Menghilangkan komedo

Metode uap air panas, yang juga dikenal dengan istilah steaming memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan komedo pada wajah anda. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendekatkan wajah anda kea rah uap air panas, lalu rasakan kesegarannya. Setelah itu, cuci bersih wajah anda, untuk menghilangkan komedo.

6. Menghilangkan dan mencegah jerawat

Selain dapat menghilangkan komedo, uap air panas juga memilki manfaat yang efektif untuk menghilangkan dan juga mencegah munculnya jerawat. Caranya pun sederhana, sama seperti ketika menghilangkan komedo. Dengan perlakuan steaming rutin, maka jerawat anda akan segera hilang dan wajah anda akan bebas dari jerawat.

7. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat uap air panas untuk kesehatan adalah mampu untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini dapat membantu anda dalam mencegah munculnya flek dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penumpukan dari sel-sel kulit mati di kulit anda.

8. Mencerahkan kulit

Karena manfaatnya yang sangat baik untuk kulit wajah dan juga kulit tubuh, yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit mati, serta mencegah jerawat, maka uap air panas juga dapat membantu anda untuk mencerahkan kulit. Kulit anda akan terlihat lebih bersih dan juga cerah, yang pastinya akan meningkatkan daya tarik anda.

9. Memperkecil pori-pori kulit

sponsored links

Pori-pori kulit pun akan terkena efek positif dari steaming menggunakan uap air panas. Pori-pori kulit akan mengecil, yang mana hal ini dapat membantu mencegah masuknya bakteri dan juga radikal bebas ke dalam tubuh, yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

10. Menghaluskan kulit

Dengan melakukan steaming, spa, dan sauna dengan menggunakan uap air panas, maka hal ini akan sangat bermanfaat untuk membantu anda dalam menghaluskan kulit. Seluruh kulit akan terasa segar dan menjadi lebih halus berkat uap air panas.

11. Mencegah penuaan dini

Bagi yang merasakan gejala penuaan, seperti kulit yang mulai kehilangan elastisitas, serta keriput pada kulit, anda dapat mencoba melakukan steaming dengan menggunakan uap air panas. Hal ini sangat efektif untuk membantu anda dalam mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan pada kulit anda.

12. Efek relaksasi

Selain baik bagi kesehatan kulit, steaming, spa, dan sauna dengan menggunakan uap air panas juga sangat baik manfaatnya untuk memperoleh efek relaksasi yang baik bagi tubuh kita. Hal ini akan memabntu kita untuk terhindar dari stress dan depresi yang disebabkan oleh kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari.

13. Membantu membersihkan kulit wajah

Secara umum dengan manfaat uap air panas untuk wajah dapat, maka kebersihan kulit anda, terutama kulit wajah akan selalu terjaga. Mungkin dengan rutin melakukan steaming dengan menggunakan uap air panas, anda tidak terlalu membutuhkan krim wajah.

Cara Mengoptimalkan Kegunaan Uap Air Panas

Agar memilki hasil yang lebih optimal, terutama untuk kesehatan kulit anda. Anda dapat memasukkan beberapa bahan ini pada air yang mendidih, sehingga akan diperoleh uap ari panas, plus uap dari sari bahan-bahan dibawah ini :

  • Lavender, green tea, eucalyptus, tea tree oil, potongan lemon, chamomile dan mint bagi anda yang memilki karakteristik kulit yang berminyak
  • Lavender, chamomile, rosemary, green tea bagi anda yang memilki karakteristik kulit yang kering dan kasar
  • Chamomile, lavender khusus untuk anda yang memiliki kulit yang sensitive, dan sulit untuk mencari produk perawatan kulit anda

Nah, itulah manfaat uap air panas, bagi kita. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua para pembaca.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, July 2015 / 02:29 Oleh :
Kategori : Kesehatan