Sponsors Link

5 Manfaat Tumbuhan Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan putri malu atau tumbuhan dengan nama latin Mimosa pudica L. Tumbuhan yang banyak tumbuh liar di pekarangan atau semak ini sangat suka dimainkan oleh anak-anak kecil karena ketika daun tersentuh atau terkena rangsangan sentuhan, daun putri malu akan mengkerut. Itulah mengapa tumbuhan ini disebut dengan putri malu. Tumbuhan yang memiliki bunga berwarna pink atau merah jambu tersebut memiliki duri pada bagian batangya.

ads

artikel terkait:

Walaupun berduri dan mengkerut ketika menerima rangsangan sentuhan, tumbuhan putri malu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Putri malu memiliki beberapa kandungan di dalamnya, diantaranya tanin, mimosin dan asam pipekolinat. Bagian putri malu dapat dimanfaatkan mulai dari daun akar sampai seluruh bagian tanaman tersebut.

Manfaat putri malu

Beberapa manfaat tumbuhan putri malu untuk mengatasi masalah kesehatan, diantaranya:

1. Mengatasi Hepatitis

Tumbuhan putri malu memang tumbuhan liar yang banyak tumbuh di pekarangan bahkan dipinggiran jalan. Akan tetapi, tumbuhan putri malu memiliki khasiat untuk mengatasi hepatitis. Rebusan air putri malu yang diminum secara rutin setiap hari mampu meredakan hepatitis dan mengurangi peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Dengan meminum secara rutin air rebusan tumbuhan putri malu, penyakit hepatitis yang diderita dapat berangsur membaik. Namun, tetap lakukan cek kepada pihak medis untuk mengetahui tingkat penyakit yang telah dialami.

artikel tekait: manfaat daun viagra

  1. Meredakan Batuk Berdahak

Mengalami batuk berdahak dapat mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Karena batuk yang disertai dengan dahak yang keluar, membuat penderita batuk berdahak sering mondar mandir untuk membuang dahak yang dihasilkan. Selain mengatasinya dengan obat kimia, batuk berdahak juga dapat diatasi dengan meminum air rebusan putri malu. Air rebusan putri malu ini memiliki khasiat untuk mengatasi batuk berdahak.

artikel terkait: manfaat susu boneto

  1. Mengatasi Reumatik

Rematik atau penyakit peradangan sendi merupakan penyakit yang dtimbulkan karena gangguan autoimun. Menurut survey, rematik banyak menyerang kaum wanita dibandingkan dengan pria. Mengalami penyakit rematik dapat mengganggu aktivitas karena akan terhambat oleh sendi yang mengalami nyeri. Untuk mengatasi rasa nyeri yang disebabkan karena penyakit rematik ini dapat dilakukan dengan menggunakan rendaman tumbuhan putri malu ke dalam arak putih. Rendaman tersebut dilakukan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu direndam ke dalam arak putih, tumbuhan putri malu kemudian diambil dan ditempelkan pada daerah sendi yang sakit. Kompresan putri malu dalam arak putih tersebut dapat mengatasi rasa nyeri pada sendi.

artikel terkait: manfaat air bagi tumbuhan

  1. Mencegah Insomnia

Mengalami insomnia dapat mengganggu aktivitas ketika bangun tidur. Insomnia harus dicegah agar tidak merusak pola tidur. Salah satu cara mengatasi insomnia yang dengan merebus daun putri malu, daun sawi langit dan daun callincing. Rebusan ketika bahan alami tersebut kemudian diminum pada sore hari untuk mencegah insomnia pada malam harinya.

artikel terkait: manfaat kotoran sapi

Sponsors Link

  1. Mencegah Penyakit Disentri

Dari penelitian yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, ekstrak tumbuhan putri malu memiliki kandungan antibakteri. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysentriae atau bakteri penyebab disentri. Tidak hanya mencegah perkembangan bakteri tersebut, namun ektrak tumbuhan putri malu juga dapat dengan efektif membunuh bakteri penyabab disentri tersebut.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak SD

Manfaat Putri Malu Untuk Tumbuhan Lain

Tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan saja, namun putri malu juga memiliki manfaat untuk tumbuhan lain  yakni tumbuhan cabai. Ekstrak putri malu dapat mengendalikan penyakit antraknosa. Penyakit antraknosa sendiri adalah jenis penyakit tumbuhan yang dapat menyebabkan kerugian pada budidaya cabai. Bagian tumbuhan putri malu yang paling efektif untuk mengatasi antraknosa didapat dari bagian akar putri malu. Ektrak akar putri malu tersebut mampu mengendalikan penyakit antraknosa dan menekan insidensi penyakit pada buah dan daun.

artikel terkait: manfaat anginmanfaat tumbuhan manfaat abu janjangan sawit

Meskipun hanya tumbuhan yang tumbuh liar, namun tumbuhan putri malu memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan juga manfaat untuk tumbuhan lain. Beberapa manfaatnya sudah diuji secara ilmiah dan dibuktikan tingkat efektivitasnya dalam mengatasi beberapa penyakit tersebut. Untuk masalah kesehatan, selain mengatasinya dengan memanfaatkan tumbuhan putri malu, tetap lakukan cek pada pihak medis agar penyakit yang diderita tetap terkontrol.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 13th, January 2017 / 03:17 Oleh :
Kategori : Tumbuhan