16 Manfaat Tuak Untuk Kesehatan

Tuak adalah jenis minuman yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ya, karena tuak sendiri memang minuman khas yang berasal dari Indonesia. Bagi yang belum familiar dengan minuman ini, tuak sebenarnya adalah minuman yang berasal dari fermentasi beras, nira maupun beberapa bahan lain yang terdapat kandungan gula di dalamnya. Hasil fermentasi bahan yang mengandung gula ini akan menghasilkan alkohol. Oleh karena itu, tuak memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Tuak tidak hanya memiliki bentuk cair dan dapat diminum, akan tetapi tuak juga terdapat versi padat. Tuak yang berbentuk padat biasanya dikenal dengan ‘brem’.

artikel terkait:

Beberapa Jenis Tuak

Tuak memiliki jenis dan kadar alkohol yang berbeda, sesuai dengan bahan asal pembuatan tuak tersebut. Beberapa jenis tuak diantaranya:

  1. Tuak Nira

Seperti namanya, tuak nira adalah tuak yang dihasilkan dari sadapan nira pada pohon nipah. Sebenarnya, air yang dihasilkan dari sadapan nipah ini tidak memiliki kandungan alkohol dan banyak dijual sebagai legen. Akan tetapi, apabila sudah masuk dalam proses fermentasi, nira akan memiliki kandungan alkohol. Proses fermentasi untuk mendapatkan tuak nira ini memakan waktu beberapa hari dengan kadar alkohol sekitar 4%. Untuk menjadikan nira sebagai tuak, sebaiknya proses fermentasi yang dilakukan tidak terlalu lama. Karena, apabila proses fermentasi yang dilakukan terlalu lama, bukan tuak yang didapat akan tetapi malah menghasilkan cuka.

  1. Tuak Beras

Tuak beras tidak berasal dari beras yang biasa dimakan sehari-hari. Akan tetapi, tuak beras berasal dari beras ketan yang biasa dibuat tapai. Pembuatan tuak beras tidak hanya memakan waktu beberapa hari, namun memakan waktu sampai 2 minggu. Kandungan alkohol yang dihasilkan dari pembuatan tuak beras ini lebih tinggi dibandingkan dengan tuak nira. Oleh karena itu, meminum tuak beras dengan volume yang berlebihan dapat memuat mabuk peminumnya.

artikel terkait: manfaat arenmanfaat pohon enau

Manfaat Tuak

Meskipun memiliki kandungan alkohol di dalamnya, tuak memiliki beberapa manfat. Beberapa manfaat dari tuak diantaranya:

  1. Mengatasi Diabetes

Meskipun berasal dari bahan yang mengandung gula, tuak dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan meminum sesuai takaran, tuak dapat menjadi salah satu minuman yang dapat membantu mengatasi diabetes.

artikel terkait: manfaat buah lontar

  1. Sebagai Obat Penenang

Insomnia atau kesusahan tidur merupakan jenis penyakit yang terjadi karena banyak pikiran atau pikiran yang tidak tenang. Untuk membantu menghilangkannya, tuak dapat dijadikan salah satu minuman yang membantu masalah sulit tidur karena tuak dapat menjadi obat tidur sekaligus obat penenang.

  1. Menurunkan Demam

Ketika seseorang mengalami panas tinggi, langkah awal yang digunakan biasanya adalah memberikan kompres pada keningnya atau mencari obat penurun panas. Selain dua hal tersebut, menurunkan panas dapat diatasi tanpa mengkonsumsi obat maupun mengkompres kening tetapi dengan meminum tuak. Tuak dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan menurunkan panas yang ditimbulkan dari demam.

artikel terkait: manfaat pohon aren

  1. Mengurangi Stress

Minuman hasil fermentasi dari beras atau nira ini memiliki kandungan di dalamnya yang dapat berfungsi mengurangi stress. Kandungan yang ada dalam tuak dapat membantu memberikan efek rileks pada pikiran dan juga memberikan ketenangan hati. Namun, yang perlu diperhatikan, untuk tidak meminum tuak terlalu banyak karena dapat menyebabkan mabuk.

  1. Mengatasi Sembelit

Mengkonsumsi makanan yang kurang serat dapat menyebabkan terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Selain mengatasi sembelit dengan makan makanan berserat, sembelit juga dapat diatasi dengan meminum tuak. Tuak dapat berfungsi seperti serat pada sayuran untuk membantu melancarkan buang air besar.

artikel terkait: manfaat tidak minum air es

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan dalam tuak memang salah satunya adalah alkohol. Akan tetapi, tuak juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Meminum tuak dalam membantu meringankan masalah pencernaan yang dialami.

  1. Melancarkan ASI

Meminum tuak bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui juga memiliki manfaat tersendiri. Tuak dapat membantu melancarkan keluarnya ASI dan juga membantu menjaga nutrisi dalam produksi ASI tersebut. Ibu menyususi yang meminum tuak, kandungan nutrisi dan gizi dalam ASI dapat terjaga. Kualitas ASI yang diberikan kepada bayinya juga tidak akan turun.

artikel terkait: manfaat minum cuka apel

  1. Menyehatkan Tulang

Semakin bertambahnya usia, kesehatan tulang biasanya juga dapat melemah. Tulang dapat dapat mengalami kekeroposan dan kepadatan tulang menurun. Untuk menjaga kepadatan tulang agar tetap terjaga, tuak dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Kandungan vitamin pada tuak dapat mengembalikan lagi kepadatan tulang yang rapuh.

  1. Menjaga Kehangatan Tubuh

Tuak mengandung alkohol, dimana fungsi alkohol sendiri di daerah bersuhu rendah memang digunakan untuk menghangatkan tubuh. Tidak hanya di daerah bersuhu rendah, terkadang di wilayah tropis seperti Indonesia juga mengalami cuaca, dimana suhu lingkungan sangatlah rendah. Apabila suhu lingkungan sangat rendah dan badan merasakan kedinginan, meminum tuak dapat membantu menghangatkan tubuh agar tidak terlalu kedinginan.

artikel terkait: manfaat tidak minum alkohol

  1. Mengatasi Kencing Manis

Di wilayah Lombok, tuak dipercaya dapat mengatasi penyakit kencing manis. Beberapa orang yang mengalami kencing manis mencoba meminum tuak secara rutin. Dan hasilnya, kencing manis yang dialamai oleh beberapa orang tersebut dapat sembuh dengan perlahan.

  1. Mengatasi Sariawan

Tuak memiliki kandungan vitamin C yang mampu mengatasi sariawan. Tidak hanya mengatasi sariawan, kandungan vitamin C yang terdapat pada tuak juga mampu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh sariawan. Selain itu, tuak dapat membantu menghilangkan bau mulut dan panas dalam. Sehingga kesehatan mulut dapat terjaga dengan meminum tuak.

artikel terkait: manfaat minum klorofil

  1. Ritus Kedewasaan

Di beberapa daerah, meminum tuak dijadikan tolok ukur seseorang mengalami kedewasaan. Meminum tuak yang mengandung alkohol dalam porsi yang lumayan banyak, dapat menjadi tanda bahwa seseorang tersebut sudah menjadi dewasa.

  1. Meningkatkan Keberanian

Tuak tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, dan menghindarkan tubuh dari kedinginan. Namun tuak juga dapat membantu seseorang secara mental untuk membuatnya percaya diri dan berani untuk tampil di depan umum.

artikel terkait: manfaat minum collagen

  1. Bahan Pembuat Gula Aren

Tuak berasal dari bahan yang memiliki kandungan gula di dalamnya. Tuak memang mengandung alkohol, akan tetapi tuak sendiri memiliki rasa yang manis. Rasa manis pada tuak biasanya dimanfaatkan untuk membuat gula aren, agar gula aren memiliki rasa manis yang lebih enak.

  1. Bahan Untuk Membuat Kue

Rasa manis yang dihasilkan oleh tuak tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat gula aren. Akan tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kue. Selain menambahkan rasa manis pada kue, tuak juga berguna untuk menjadi bahan pengembang agar kue mengembang dengan bagus.

artikel terkait: manfaat kopi arang

  1. Sarana Sosialisasi Dan Keakraban

Dalam komunikasi yang dilakukan ketika sedang berkumpul dengan banyak orang, pasti ada suguhan seperti minuman untuk menghangatkan suasana dan menjaga keakraban. Tuak menjadi salah satu suguhan minuman yang banyak digunakan dibeberapa kedai atau tempat tongkrongan agar suasana lebih akrab.

Tuak memang mengandung alkohol di dalamnya. Alkohol sendiri memang tidak baik untuk kesehatan karena dapat merusak beberapa sel tubuh. Akan tetapi, alkohol yang terkandung di dalam tuak dan beberapa kandungan lainnya dapat membantu menjaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Yang perlu diperhatikan yakni dengan meminum tuak sekadarnya saja untuk tidak terlalu banyak.

, ,
Post Date: Saturday 25th, March 2017 / 04:38 Oleh :
Kategori : Minuman