6 Manfaat Obat Tramadol

Tramadol dikenal termasuk sebagai jenis obat keras yang memang konsumsinya harus berdasarkan resep dari dokter. Obat yang diketahui dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit dan nyeri ini memang sangat efektif proses kerjanya. Faktanya, Tramadol bukanlah obat yang hanya bisa diberikan kepada manusia, melainkan juga bisa digunakan untuk hewan, seperti anjing.

Setiap orang yang ingin memakai obat ini perlu memerhatikan betul aturan pakainya sebab ada beberapa efek yang bisa terjadi pada si pengguna, seperti overdosis dan kecanduan, maka penting untuk menuruti resep dokter sebelum mengonsumsi. Meski efeknya agak sedikit mengerikan kalau meminumnya tidak sesuai anjuran dokter, ada berbagai manfaat Tramadol yang juga patut untuk kita ketahui, berikut ini diantaranya :

1. Pengurang Rasa Sakit Pasca Operasi

Bagi para pasien pasca operasi, tepat setelah selesainya proses operasi, akan ada rasa sakit yang luar biasa yang dialami oleh mereka karena efek operasi tersebut. Hal ini akan membuat mereka tidak nyaman apabila mulai terasa melemahnya obat bius yang tadinya diberikan oleh dokter. Rasa sakit tersebut bisa diatasi dengan satu obat, yaitu Tramadol, yang akan diberikan sendiri oleh dokter.

2. Mengatasi Artritis pada Anjing

Artritis merupakan sebuah kondisi di mana sendi terkena radang kronis sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Tidak hanya sekadar nyeri, sendi pun kadang disertai dengan kekakuan dan pembengkakan. Tramadol adalah salah satu obat ampuh yang juga dapat mengatasi rasa sakit yang dialami oleh anjing dengan cara menyuntikannya. Hanya memang sekalipun obat ini akan digunakan untuk seekor hewan, perlu adanya konsultasi dengan pihak dokter hewan sebelum memberikannya secara pribadi agar dosisnya bisa tepat dan kerjanya efektif.

Pemilik hewan mungkin akan ragu dengan pemberian obat semacam Tramadol karena mengkhawatirkan reaksi yang diberikan oleh si anjing. Waspadalah akan reaksi peliharaan Anda yang misalnya tiba-tiba memiliki detak jantung tidak normal atau kesulitan dalam bernapas setelah diberi Tramadol. Untuk itulah penting adanya untuk memberikan Tramadol sesuai dengan apa yang dianjurkan dan diresepkan dokter hewan kepercayaan demi mengurangi reaksi serius yang kemungkinan malah bisa memperburuk keadaan peliharaan.

3. Menyembuhkan Sakit Kepala

Tramadol memang merupakan obat keras, tapi nyatanya banyak orang yang memanfaatkan obat satu ini untuk meringankan berbagai rasa sakit dan nyeri, termasuk sakit kepala, khususnya kondisi migrain. Sekali lagi, meski untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul di kepala, butuh resep dokter untuk dapat mengkonsumsi Tramadol. Diyakini dan sudah dibuktikan bahwa Tramadol dapat diresepkan oleh dokter sebagai penawar rasa sakit untuk menghilangkan sakit kepala dari level sedang hingga sakit kepala yang cukup serius atau parah.

4. Meredakan Nyeri setelah Melahirkan

Karena memang fungsinya adalah pereda nyeri, maka Tramadol juga bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh para ibu-ibu yang baru saja melahirkan dan merasa sakit setelahnya. Bila melahirkan dengan proses caesar, otomatis rasa sakit yang muncul sehabis operasi bisa dihilangkan dengan Tramadol. Namun untuk pemakaian yang benar dan untuk menjauhi segala efek buruk yang tidak diinginkan, Tramadol perlu dikonsumsi atas saran dan resep dokter.

5. Mengatasi Ejakulasi Dini

Ini mungkin menjadi masalah seksual yang dihadapi oleh banyak pria beristri saat melakukan hubungan intim. Memang masalah seperti ini bukanlah hal yang jarang, melainkan banyak dan sering ditemui dan acuan penanganannya pun tidak ada. Namun kabar baiknya di sini adalah bahwa Tramadol telah diuji secara klinis untuk mengatasi ejakulasi dini tersebut di mana sudah dievaluasi juga keamanan untuk mengkonsumsi tramadol, akan membantu ejakulasi tertunda.

Sudah dibuktikan secara klinis dan dijamin bahwa hasil yang lebih memuaskan diperlihatkan oleh Tramadol dalam mengatasi masalah seksual satu ini. Kepuasan hubungan intim bisa lebih terasa dan ini akan benar-benar dialami oleh pasangan dengan bantuan Tramadol dibandingkan dengan obat sekelas dan sejenisnya. Asalkan dengan dosis yang tepat, tidak ada efek samping yang perlu ditakutkan. Hanya lebih disarankan untuk berkonsultasi mengenai penggunaan Tramadol sebagai penanganan ejakulasi dini dengan dokter lebih dulu.

6. Mengatasi Depresi

Selain secara efektif dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat luka operasi maupun masalah pada sendi, manfaat obat tramadol juga diketahui bagus digunakan sebagai terapi depresi. Perbaikan depresi dengan terapi menggunakan tramadol dilaporkan jauh lebih baik yang mencapai 70% dengan dosis yang benar dan hal ini justru terbukti lebih afdol daripada memberikan obat antidepresan.

Seorang pasien benar-benar bisa lepas dari rasa depresi dan tertekan dengan terapi Tramadol dengan meminumnya 3 hingga 4 kali sehari dengan dosis 100 miligram. Namun, ada yang perlu diketahui di sini adalah bahwa analgesic Tramadol memiliki kemiripan dengan antidepresan kategori SNRI Venlafaxine ketika bicara soal karakteristik. Sayangnya, ini akhirnya akan berefek pada kecanduan sebab setelah berhenti mengonsumsi Tramadol, pasien kembali mengalami depresi lewat beberapa tahun terapi tersebut.

Penggunaan Obat Tramadol

Seseorang tidak dianjurkan mengonsumsi Tramadol jika alergi dengan obat analgesik, atau apabila memiliki :

  • Masalah pada sistem pencernaan.
  • Masalah asma yang sudah parah atau masalah pernapasan yang lain.
  • Jika seseorang baru saja mengonsumsi alkohol atau obat penenang.

Kejang-kejang dapat dialami oleh beberapa orang yang mengonsumsi Tramadol. Maka, konsultasikan hal ini dengan dokter karena bila tidak, risiko akan semakin serius jika ditambah dengan kenyataan bahwa orang tersebut memiliki:

  • Gangguan metabolisme tubuh.
  • Riwayat kecanduan alkohol atau obat-obatan.
  • Riwayat epilepsi dan cedera kepala.
  • Jika mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat mual, obat depresi, atau obat migrain.

Demi memastikan bahwa Tramadol benar-benar aman untuk dikonsumsi, beritahukan dokter terpercaya bila memiliki:

  • Riwayat penyalahgunaan obat, usaha bunuh diri, penyakit mental, atau kecanduan alkohol.
  • Gangguan pada perut atau sistem pencernaan.
  • Penyakit yang berkaitan dengan hati maupun ginjal.

Manfaat tramadol cukup banyak dan benar-benar efektif. Namun, kita juga sebaiknya tidak melupakan fakta bahwa Tramadol bisa berefek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara tidak benar. Maka demi keamanan, jangan sekali-kali mengkonsumsi tramadol bersamaan dengan obat lain dan melipatgandakan dosis.

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, February 2016 / 07:21 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan