6 Manfaat Toning untuk Rambut

Banyak yang mengira toning rambut sama seperti mengecat rambut biasa, padahal toning merupakan proses mewarnai rambut, di mana hanya bagian luar rambut sajalah yang dilapisi, yang artinya tidak sampai masuk ke kutikula. Sementara untuk proses pengecatan yang biasanya kita banyak temui, dinamakan dengan istilah full head. Full head inilah proses di mana seluruh rambut diwarnai dan biasanya teknik ini dipilih oleh seseorang yang memang menginginkan sebuah perubahan penampilan.

Toning rambut pun juga berbeda dengan highlight karena highlight adalah proses mewarnai beberapa bagian rambut saja. Highlight adalah teknik pewarnaan rambut yang biasanya dipilih sebagai trik untuk mengatasi rambut yang tampak tipis. Toning rambut lebih berfokus ke bagaimana cara supaya warna rambut asli dapat tertutup dan warna barulah yang coba ditonjolkan. Beberapa manfaat toning rambut bisa disimak kali ini, untuk menambah pengetahuan kita.

1. Memberi Efek Rambut Lebih Tebal

Banyak orang yang memiliki masalah dengan rambut tipis atau rambut yang kelihatan tipis dan ini menjadi hal besar bagi mereka, apalagi kalau hal tersebut disebabkan oleh kerontokan rambut. Toning rambut adalah salah satu solusi terbaik bagi yang menginginkan rambut yang kelihatan lebih tebal. Karena hanya rambut bagian luar saja yang diwarnai, maka hal ini dapat memberikan efek rambut lebih banyak dan ilusi ini akan berhasil apabila disertai dengan pemilihan warna cat rambut yang tepat. Metode seperti ini nyatanya lebih terjangkau daripada harus melakukan perawatan untuk menumbuhkan rambut yang tentunya memaksa kita merogoh kocek lebih banyak.

2. Menutup Uban

Tidak hanya para orang-orang tua saja yang rambutnya mulai dipenuhi dengan uban, beberapa orang dewasa yang usianya masih relatif muda pun ada juga yang bermasalah dengan tumbuhnya rambut putih di kepalanya. Tidak peduli wanita atau pria, berapapun usia orang tersebut, toning rambut boleh dijadikan solusi yang tepat. Apabila uban menjadi masalah utama, khususnya yang masih di awal-awal di mana rambut yang memutih masih sedikit, teknik toning akan sangat membantu karena hanya bagian luar rambut yang diwarnai.

3. Menonjolkan Warna Kulit dan Warna Mata

Hanya karena seseorang dilahirkan dengan warna rambut tertentu, misal warna pirang untuk mereka yang tinggal di barat atau warna hitam khusus orang-orang Asia, hal ini lantas bukan berarti bahwa warna rambut asli mereka adalah pelengkap terbaik untuk warna mata maupun warna kulitnya. Teknik mewarnai rambut dengan toning ini menjadi salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan karena dengan mengubah warna bagian luar rambut saja akan dapat membuat bagian tubuh lain lebih ditonjolkan, misal warna kulit atau warna mata.

Toning rambut bisa dengan warna cerah dan terang maupun dengan warna cat yang gelap, hal ini tergantung keinginan dari masing-masing orang. Pemilihan warna cat rambut yang benar tentu akan membuat hasil toning menjadi lebih sempurna. Mata akan jadi lebih kelihatan bercahaya dan kulit pun tidak kalah bersinar. Tidak masalah bila ingin mencoba-coba menggunakan atau mengaplikasikan warna cat rambut yang berbeda setiap kali toning karena dengan cara inilah kita akan dapat menemukan versi terbaik untuk diri sendiri.

4. Membuat Rambut Lebih Menarik

Walau hanya memberi warna di bagian luar rambut, tetap saja proses toning adalah mewarnai rambut agar rambut kelihatan lebih berbeda dari biasanya. Menggunakan cat rambut yang tidak terlalu mencolok adalah kunci untuk merefleksikan cahaya secara berbeda sehingga kesan yang diciptakan pun akan lebih menarik. Meski toning dapat dilakukan dengan memilih warna yang terang, namun menggunakan cat rambut yang tidak jauh berbeda dari warna rambut asli adalah lebih baik dan hasilnya sungguh lebih atraktif dan berbeda.

5. Membuat Rambut Kelihatan Lebih Lembut

Toning memang proses mewarnai rambut dengan tidak menyeluruh, tapi bila sudah melakukannya dan melihat hasilnya, maka kita pun akan terheran-heran sebab hasil toning rambut bakal memperlihatkan rambut yang lebih lembut dan kelihatan alami. Meski faktanya rambut baru saja diwarnai, dengan teknik toning, rambut tidak akan tampak seperti baru melalui proses pewarnaan.

6. Mengurangi Risiko Rambut Rusak

Salah satu keunggulan dari toning rambut adalah bahwa lebih sedikitnya kandungan zat kimia yang akan teraplikasikan ke rambut sehingga dipastikan lebih aman daripada mewarnai rambut dengan teknik full-head. Ingat bahwa mengecat rambut selalu berisiko membuat rambut rusak sekalipun tidak melewati proses bleaching. Kandungan zat kimia di dalam produk cat rambut bisa membahayakan dan dengan teknik toning, cat yang diaplikasikan ke rambut kita lebih sedikit, yang artinya risiko rambut rusak bisa berkurang dan keamanan rambut dapat selalu terjaga dengan baik.

Tips Toning Rambut

  • Gunakan produk toning rambut yang kandungan zat kimianya tidak terlalu tinggi dan menggunakan bahan-bahan berkualitas baik supaya kesehatan rambut bisa terus terjaga dan mencegah agar rambut tidak cepat rusak.
  • Sebelum toning rambut, pemilihan warna sangatlah penting dan dianjurkan untuk memilih warna toning rambut yang pas dengan warna kulit kita. Untuk yang warna kulitnya putih, boleh menggunakan warna-warna terang, namun khusus untuk yang warna kulitnya adalah sawo matang, warna coklat adalah yang paling sempurna.
  • Sesudah toning rambut, lakukan perawatan rambut secara rutin, seperti halnya menggunakan masker rambut yang dibuat dari bahan-bahan alami agar rambut tetap selalu kelihatan sehat.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat toning rambut beserta sedikit tips untuk sebelum dan sesudah melakukan toning rambut. Kiranya dapat berguna untuk dijadikan referensi sebelum memutuskan untuk toning rambut.

, ,
Post Date: Thursday 04th, February 2016 / 08:40 Oleh :
Kategori : kecantikan