Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Tomat Rebus Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Tomat (Solanum lycopersicum sinomin Solanum esculentum) merupakan tumbuhan setinggi 1-3 meter dari Meksiko dan Peru yang memiliki buah berwarna hijau, kuning dan merah sebagai sayur maupun buah untuk dikonsumsi. Tomat memiliki ratusan kultivar yang telah dibudidayakan dan diperdagangkan.

artikel terkait:

Buah tomat yang memiliki nama yang sama dengan pohonnya juga dikelompokkan berdasarkan penampilan maupun kegunaan buahnya, seperti dalam penjelasan berikut.

1. Berdasarkan Penampilan

  1. Warna

Berdasarkan warnanya, tomat memiliki kisaran warna dari hijau dan ketika masak berubah menjadi kuning, jingga, merah, ungu (hitam) serta belang-belang.

  1. Bentuk

Berdasarkan bentuknya, tomat dikelompokkan menjadi:

  • Granola. Merupakan tomat dengan bentuk bulat yang pangkalnya mendatar dan mencakup. Biasanya tomat jenis ini dikenal sebagai tomat buah karena dapat dimakan secara langsung.
  • Gondol. Merupakan tomat dengan bentuk lonjong oval, keturuna kultivar dan termasuk tomat buah. Biasanya tomat jenis ini yang di tanam di Indonesia merupakan tomat gondola hijau dan gondola putih. Tomat jenis ini biasa dibuat saus.
  • Sayur. Merupakan tomat yang buahnya padat dan biasa diolah dalam masakan
  • Ceri. Merupakan tomat yang berukuran kecil dan tersusun bertangkai.

2. Berdasarkan Kegunaan

Berdasarkan kegunaan, tomat dikenal sebagai tomat buah, tomat sayur maupun tomat lalapan.

artikel terkait: manfaat tomat bagi kecantikan kulitmanfaat tomat mentahmanfaat jus tomat campur kacang panjang

Kandungan Tomat

Tomat memiliki kandungan yang berguna bagi tubuh manusia. Kandungan dalam tomat antara lain likopen, vitamin A, vitamin C, mineral, serat, zat fitonutrien, asam klorogenat, asam p-kumarat dan tomatin.

Likopen merupakan pigmen karotenoid atau fitokimia yang terdapat dalam sayur dan buah. Likope yang merupakan salah satu zat warna dalam sayur dan buah ini juga memiliki berbagai macam fungsi, antara lain sebagai antioksidan, penangkal kanker, menjaga kesehatan kadiovaskular, mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata dan kulit dsb. Per 100 gram, kandungan likopen adalah sebanyak 3.700 mikrogram pada tomat masak mentah, 6.200 mikrogram pada saus tomat dan 5.000-11.600 mikrogram pada jus tomat.

Selain itu, menurut daftar komposisi bahan makanan Depkes (1979) tomat masak, bukan dimasak, juga mengandung berbagai gizi lain. Dalam setiap 100 gram tomat masak, terdapat setidaknya kalori (20 kal), protein (1.0 gram), lemak (0.3 gram), karbohidrat (4.2 gram), kalsium (5 mg), vitamin A (1500 SI) serta vitamin C (40 mg).

 artikel terkait: manfaat tomatmanfaat jus tomatmanfaat tomat bagi kecantikan kulit

Kenapa Tomat Rebus Lebih Disarankan

Dalam mengkonsumsi tomat, disarankan untuk direbus terlebih dahulu seperti yang diungkapkan Samuel Oetoro, seorang dokter ahli gizi klinis. Hal ini dikarenakan likopen yang terletak pada inti buah tomat ini akan muncul ketika tomat direbus bahkan menjadi setengah bubur. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh badan pangan dunia FAO-WHO menunjukkan bahwa kandungan likopen pada tomat tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama proses pemanasan. Bahkan, kandungan likopen jusru meningkat ketika diolah menjadi saus atau pasta tomat.

artikel terkait: manfaat jambu biji putihmanfaat timun untuk diet

sponsored links

Manfaat Tomat Rebus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tomat rebus lebih disarankan untuk dikonsumsi dikarenakan memiliki kandungan likopen yang lebih besar dibandingkan dengan tomat segar. Selain itu konsumsi tomat rebus juga memiliki manfaat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai antioksidan

Kandungan likopen yang lebih banyak pada tomat rebus sangat berguna untuk tubuh sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ. Radikal bebas merupakan limbah dari hasil metabolisme tubuh yang dianggap dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel. Selain it, antioksidan juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga ketebalan dan fluiditas pada membran sel.

artikel terkait: manfaat telur ikan

2. Mencegah kanker prostat

Menurut doker ahli gizi klinis, Samuel Oetoro, tomat rebus sangat berguna bagi pria karena dapat mencegah kanker prostat. Pasalnya tomat yang direbus lama bahkan menjadi setengah bubur merupakan sumber likopen yang terbaik. Likopen sendiri dapat berfungsi untuk mencegah kanker prostat. Likopen memiliki efek hipertropi pada prostat, di mana matriks senyawa fitokimia ini susah terurai apabila tomat dimakan dalam keadaan mentah. Berikut merupakan langkah mudah untuk mendapatkan manfaat tersebut dari tomat.

  • Siapkan tomat secukupnya, cuci bersih
  • Rebus tomat hingga menjadi setengah bubur
  • Tambahkan minyak-minyakan yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kanola secukupnya agar tomat dapat dengan mudah diserap oleh usus
  • Konsumsi tomat rebus tersebut secara rutin

artikel terkait: manfaat kulit ari kacang tanah

3. Menjaga kesehatan kulit wajah

Tomat rebus dipercaya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari masalah-masalah seperti jerawat maupun komedo. Selain itu, kandungan likopen pada tomat juga dipercaya dapat membantu mencegajh kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet cahaya matahari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan tomat, cuci bersih
  • Potong tomat dan rebus
  • Gosokkan potongan tomat rebus pada wajah yang berjerawat maupun berkomedo tebal
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih hingga sisa tomat menghilang

artikel terkait: manfaat buah kelapa bagi rambut

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tomat rebus. Setelah Anda membaca artikel ini, Anda dapat mengetahui cara lain dalam mengkonsumsi tomat agar dapat mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 06:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan