5 Manfaat Tomat Apel Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal tomat? Buah yang identik dengan warna merah ini telah dikenal di dunia terutama bagi pecina kuliner karena rasanya yang khas dan manfaatnya yang beragam. Buah yang telah digunakan dalam beragam sajian makanan dan minuman ini dapat kita jumpai di pasar tradisional maupun modern.

Buah tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esceletum) berasal dari tanaman setinggi 1-3 meter yang menurut Andrew F. Smith kemungkinan berasal dari Amerika Selatan dalam tulisan berjudul “The Tomato in America”. Penyebaran tomat ke penjuru dunia ini tidak jauh dari peran bangsa Spanyol yang waktu itu sekaligus melakukan pelayaran ke berbagai negara maupun melakukan penjajahan.

artikel terkait:

Tomat dapat dimakan secara langsung, digunakan lalapan maupun dijadikan campuran aneka masakan tergantung dari jenisnya. Menurut Kementrian Pertanian RI, dilihat dari segi bentuk maupun penampilannya tomat dibedakan menjadi:

  • Tomat biasa (Lycopersicum commune)
  • Tomat apel (Lycopersicum pyriforme)
  • Tomat kentang (Lycopersicum grandifolium)
  • Tomat keriting (Lycopersicum validum)

Tomat Apel

Tomat apel merupakan salah satu jenis tomat yang bentuk buahnya bulat, kuat (kompak) dan sedikit keras seperti buah apel. Tomat apel tumbuh lebih baik tumbuh di dataran tinggi dan biasanya tomat apel ini di jual di supermarket.

Layaknya tomat jenis lain, tomat memiliki beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatn tubuh manusia. Dalam 100 gram tomat apel, terdapat kandungan gizi sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Gizi Buah Tomat

Kandungan Gizi Jumlah
Kalori 18 kkal
Kalium 237 mg
Sodium 5 mg
Protein 0.9 g
Karbohidrat 3,92 g
Vitamin A 16 %
Vitamin C 22 %
Kalsium 1 %
Iron 1 %
Vitamin B-6 5 %
Magnesium 2 %

Selain itu, buah tomat juga mengandung likopen dan serat yang cukup banyak. Likopen merupakan zat warna merah alami pada buah tomat yang memilki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

artikel terkait: manfaat tomat untuk matamanfaat tomat untuk diet

Manfaat Tomat Apel

Layaknya tomat pada umumnya, tomat apel memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Mengurangi resiko kanker prostat

Buat tomat memilki kandungan likopen yang berguna untuk membantu mengurangi resiko kanker prostat pada pria. Namun untuk mendapatkan khasiat ini alangkah baiknya tomat direbus  terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena ketika direbus kandungan likopen pada tomat akan keluar. Selain itu, menurut hasil penelitian dari All Indian Institute of Medical Science, tomat juga dapat meningkatkan kesuburan pria.

artikel terkait: manfaat jus tomat campur kacang panjang

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Likopen yang terkandung pada buah tomat juga dapat berfungsi untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari. Selain itu, likopen pada buah tomat juga membantu untuk melembabkan kulit, melawan jerawat, bisul, mengurangi pembentukan noda hitam serta menutrisi kulit.

artikel terkait: manfaat tomat mentah


3. Membantu menjaga kesehatan mata

Buah tomat memilki kandungan vitamin A yang cukup banyak yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita.

artikel terkait: manfaat tomat bagi kecantikan kulit

4. Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin A, vitamin C dan likopen pada buah tomat dapat berguna sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh dapat berasal dari rokok, polusi dan sinar ultraviolet.

artikel terkait: manfaat jus tomat

5. Membantu menjaga kesehatan jantung

Buah tomat memiliki kandungan kalium yang berguna untuk membantu mengontrol denyut jantung dalam dalam memompa darah serta membantu membuat kerja jantung tetap stabil. Selain itu, buah tomat juga dapat membantu Anda untuk menjaga tubuh dari penyakit jantung dan stroke.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk jantung

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tomat apel. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 25th, October 2016 / 23:19 Oleh :
Kategori : Buah Buahan