Sponsors Link

16 Manfaat Tokoferol Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tokoferol? Tokoferol atau vitamin E ini merupakan grup vitamin yang larut dalam lemak. Tekoferol sering dikaitkan dengan vitamin yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit.Tokoferol sendiri memiliki bentuk dan satu set tokoferol yang terdiri dari 8 bentuk tersebut secara kolektif sering disebut dengan nama vitamin E. Diantara 8 bentuk tokoferol yang ada, adalah alpha tokoferol yang merupakan bentuk vitamin E yang paling aktif di dalam tubuh. Vitamin E yang merupakan vitamin esensial bagi tubuh ini ditemukan petama kali pada tahun 1922 dalam percobaan penelitian yang dilakukan pada tikus.

ads

artikel terkait:

Sebenarnya, anjuran asupan vitamin E untuk mencukupi kebutuhan harian adalah sebanyak 7 mg. Apabila seseorang kurang mendapatkan asupan vitamin E, hal ini dapat mengakibatkan lambatnya penyembuhan luka yang terdapat dalam tubuh, meskipun hal itu jarang terjadi. Sedangkan apabila seseorang kelebihan asupan vitamin E dalam tubuh maka hal itu akan menyebabkan timbulnya masalah seperti meningkatnya asam lambung, sakit kepala, cepat lelah dan juga lemah otot.

Sumber Tokoferol

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E harian, Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan sumber vitamin E. diantara makanan sumber vitamin E antara lain makanan yang berminyak seperti minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga mathari, minyak zaitun, buncis, ubi jalar maupun sayuran lain yang berwarna hijau.

artikel terkait: manfaat vitamin calcimega

Manfaat Tokoferol

Tokoferol atau vitamin E banyak dikaitkan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Akan tetapi, selain itu terdapat beberapa manfaat penting tokoferol yang dapat berguna untuk tubuh seperti.

1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tokoferol berguna untuk membantu menjaga keehatan kulit. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang sehat, mulai sekarang penting bagi Anda untuk memperhatikan kecukupan asupan tokoferol harian pada tubuh. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa produk kecantikan yang mengandung tokferol untuk menutrisi kulit dari luar.

2. Sebagai zat antioksidan

Tokoferol yang termasuk dalam antioksidan alami ini dapat berguna untuk sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Selain itu, tokoferol juga berguna untuk melindungi struktur  sel yang penting dari kerusakan yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas.

artikel terkait: manfaat vitamin IPI

3. Sebagai zat pelindung

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari tokoferol adalah sebagai zat pelindung sel darah merah dari kerusakan, mengingat pentingnya sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. selain  itu, tokoferol juga berguna untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan karena penggunaan obat, bahan kimia, maupun logam pembentuk radikal bebas, melindungi tubuh dari kelebihan vitamin A maupun melindungi vitamin A dari kerusakan.

4. Membantu mencegah penuaan

Tanda-tanda penuaan itu pasti akan terlihat pada seseorang. Namun dikarenakan paparan polusi, bahan kimia maupun sinar UV matahari, tanda-tanda penuaan pada seseorang dapat berlangsung lebih cepat. Untuk mencegah penuaan dini, ada baiknya bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan tokoferol harian Anda. Tokoferol dapat berguna sebagai anti-penuaan yang dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan kenyal.

artikel terkait: manfaat vitamin rambut

ads

5. Membantu melembabkan kulit

Kulit kering sering menyebabkan masalah lain layaknya membuat kulit terlihat lebih kusam. Apabila Anda ingin meingkatkan kelembaban kulit, ada bailknya bagi Anda untuk meningkatkan asupan tokoferol harian Anda daripada menggunakan produk kosmetik berlebih. Asupan tokoferol yang cukup dipercaya dapat membantu menutrisi kulit sehingga kelembaban alaminya dapat terjaga.

6. Membantu mencegah kanker kulit

Selain manfaat di atas, tokoferol dapat berguna juga untuk membantu mencegah kanker kulit. Adanya fungsi tokoferol sebagai antioksidan berguna bagi tubuh untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit.

artikel terkait: manfaat vitamin A untuk mata

7. Membantu mempercepat proses regenerasi

Manfaat lain dari tokoferol adalah dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel tubuh yang mengalmi kerusakan. Asupa tokoferol yang cukup pada tubuh dapat membantu mempercepat penggantian sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh yang baru.

8. Membantu merangsang pertumbuhan rambut

Rambut rontok merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang. bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mencoba mencukupi asupan tokoferol harian Anda. Hal ini dikarenakan tokoferol dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara menutrisi kulit kepala.

artikel terkait: manfaat vitamin B5

9. Membantu mengatasi stretch marks

stretch marks bukanlah luka yang menimbulkan rasa sakit, namun bagi sebagian orang kemunculan stretch marks dapat saja mengganggu keindahan penampilan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mencoba meningkatkan asupan tokoferol pada tubuh. selain dapat menutrisi kulit, tokoferol dipercaya dapat membantu mengatasi masalah stretch marks yang terjadi pada kebanyakan wanita.

10. Membantu membersihkan kulit

Mempunyai kulit yang bersih merupakan idaman hampir setiap orang. tokoferol yang terkandung dalam vitamin E ini rupanya dapat membantu untuk membersihkan kulit dari debu, asap dan kotoran lainnya yang menempel pad kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menggunakan esktrak buah-buahan yang mengandung vitamin E untu membersihakan kulit.

artikel terkait: manfaat vitamin B17

11. Membantu mencegah penyakit jantung dan stroke

Selain dapat berguna untuk menutrisi kulit, asupan tokoferol yang cukup juga dapat berguna untuk membantu mencegah tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Tokoferol yang terdapat dalam asupan vitamin E dapat berguna untuk mengencerkan aliran darah agar menjadi lancar sehinga terhindar dari berbagai macam penyakit berbaya yang disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah seperti jantung dan stroke.

12. Membantu mencegah penyumbatan darah

Manfaat lain dari tokoferol adalah membantu mencegah adanya penyumbatan darah yang disebabkan oleh plak yang ditimbulkan karena adanya lemak jaat (LDL) yang menumpuk dalam pembuluh darah. Hal ini juga sangat berguna untuk mencegah adanya penyakit jantung coroner.

artikel terkait: manfaat vitamin B1

13. Membantu mengurangi efek kram perut saat menstruasi

Bagi sebagian wanita, datangnya masa mesntruasi kerap dibarengi dengan adanya kram perut akibat peluruhan sel endometrium. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan tokoferol dikarenakan tokoferol dapat berguna untuk membantu menyupai darah dan oksigen ke rahim agar nyeri berkurang.

14. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tokoferol juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal berbagai macam serangan penyakit dari luar.

artikel terkait: manfaat vitamin B12 untuk pria

15. Membantu menenangkan pikiran

Asupan tokoferol yang cukup juga dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran. Caranya, Anda dapat mencampurkan minyak vitamin E dengan air pada bak mandi Anda lalu rendam atau basuh tubuh Anda dengan air tersebut.

16. Membantu memudarkan bekas luka

Apabila Anda memiliki bekas luka, asupan tokoferol yang cukup dipercaya dapat membanti memudarkan bekas luka yang timbul akibat luka bakar ataupun jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, silahkan gunakan minyak vitamin E yang diaplikasikan seperti perawatan luka dengan cairan kemudian pijat lembut dengan gerakan melingkar.

artikel terkait: manfaat vitamin E untuk kesuburan

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 13th, May 2017 / 01:12 Oleh :
Kategori : Nutrisi