Sponsors Link

16 Manfaat Toge untuk Kesuburan, Kesehatan dan Wanita

Sponsors Link

Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang telah umum digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, terutama di Benua Asia bagian timur. Di Indonesia, toge dibuat dari jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau. Dalam bahasa mandiri toge disebut sebagai “douya” yang berarti kecambah kacang-kacangan. Konsumsi sayuran satu ini sangat dianjurkan, karena didalamnya sarat akan kandungan manfaat vitamin E yang penting bagi kesehatan tubuh.

ads

Kandungan Nutrisi dalam Toge

manfaat togeDari bahan utama pembuatan toge, kita bisa tahu bahwa di dalam sayuran ini terdapat berbagai macam nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, diantaranya adalah : vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu, toge juga menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, dan asam lemak omega 3. Dalam sayuran toge terdapat sumber yang baik dari enzim dan diperlukan oleh tubuh, yaitu untuk meningkatkan energi dan dapat membuat kita merasa bugar dan sehat.

Toge juga dikenal sebagai sayuran yang kaya akan manfaat oksigen, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 mangkuk atau sekitar 104 gram toge segar :

  • Energi : 23 kkal
  • Protein : 2.9 gram
  • Lemak : 0.2 gram
  • Karbohidrat : 4.1 gram
  • Kalsium : 29 mg
  • Fosfor : 69 mg
  • Zat Besi : 1 mg
  • Vitamin A : 10 IU
  • Vitamin B1 : 0.07 mg
  • Vitamin C : 15 mg
  • Air : 92.4 gram

Setelah melihat kandungan gizi yang cukup melimpah dari toge, maka kita bisa tahu bahwa banyak sekali manfaat sayuran ini bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat dari mengkonsumsi toge, diantaranya adalah :

1. Mencegah kanker

Dalam prosesnya, 90% rantai olisakarida yang terdapat dalam manfaat kacang hijau diubah menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap oleh tubuh, tanpa menghasilkan gas. Toge mengandung banyak manfaat serat dan air, sehingga pada akhirnya hal tersebut akan dapat membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar, sehingga tidak ada zat-zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, hal ini juga kan membantu mencegah terjadinya penumpukan zat beracun dalam tubuh yang nantinya dapat  merangsang berkembangnya bibit-bibit kanker.

Manfaat antioksidan yang terdapat dalam sayuran ini juga dipercaya mampu memperlambat penyebaran sel kanker serta proses penuaan. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa toge sangat baik untuk mencegah kanker.

2. Mencegah serangan jantung dan stroke

Peningkatan kadar lemak dalam darah dapat memicu peningkatan resiko serangan jantung maupun stroke pada seseorang. Kandungan saponin dalam manfaat toge untuk kesehatan dipercaya dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Untuk itu, bagi orang-orang yang berpotensi mendapatkan serangan jantung dan stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi toge.

3. Mencegah Osteoporosis

Kandungan estrogen alami yang terdapat dalam toge memiliki sifat dan fungsi yang sama dengan estrogen sintetis, akan tetapi estrogen alami tidak memiliki efek samping. Hal ini dapat diartikan bahwa kandungan estrogen dalam toge dapat membantu proses kepadatan tulang, menjaga struktur tulang, serta mencegah tulang mengalami kebusukan atau keropos secara signifikan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin dalam toge juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, terutama limfosit T-sel dan interferon. Selain itu, kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam sayuran ini dapat melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel DNA.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi toge, maka dapat membantu untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan toge memiliki sifat basa. Selain itu, kandungan serat alami dalam toge juga mampu meningkatkan kontraksi pada organ usus yang nantinya akan dapat melancarkan proses buang air besar.

6. Meningkatkan kesuburan

Beberapa kalangan masyarakat telah mempercayai bahwa dengan manfaat toge untuk kesuburan, akan membantu dalam meningkatkan kualitas sperma pada pria. Hal ini berarti bahwa toge dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan.

Toge mengandung sejumlah antioksidan alami seperti vitamin E, terutama vitamin E-alpha yang dapat melindungi sel dari pengaruh atau dampak dari radikal bebas yang sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada seorang pria. Dengan mengkonsumsi toge, sel telur atau sperma dapat terlindungi dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas tersebut.

7. Membantu menurunkan berat badan

Dalam toge hanya sebagian kecil atau bahkan nyaris tidak terdapat lemak sama sekali. Hal ini mengartikan bahwa toge merupakan salah satu bahan makanan yang layak dikonsumsi guna membantu dalam program penurunan berat badan. Hal ini juga erat kaitannya dengan penurunan resiko terjangkitnya diabetes tipe 2 yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

8. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Manfaat toge untuk wanita yang dikonsumsi secara teratur apalagi sebelum masa menstruasi, dapat membantu mengatasi berbagai macam keluhan saat menstruasi. Selain itu, mengkonsumsi toge juga dapat membantu mengatasi gangguan yang dirasakan pada masa pra menopause. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan alami seperti vitamin E yang terdapat dalam toge mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mencegah dan menetralisir faktor pendukung terjadinya penyakit.

9. Sangat baik untuk kulit

Selain dalam dunia kesehatan, toge ternyata juga memiliki berbagai macam manfaat bagi dunia kecantikan, terutama dalam perawatan kulit. Kandungan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan yang terdapat dalam toge dipercaya mampu membantu dalam proses peremajaan kulit. Selain itu, hal ini juga dapat menjadikan kulit lebih halus dan mulus.

10. Mengatasi jerawat

Mengkonsumsi toge segar juga dipercaya mampu untuk mengobati eksim. Selain itu, hal ini dapat juga menunjukkan hasil yang ajaib pada penderita gangguan jerawat. Dimana  jerawat dapat diatasi secara alami tanpa memerlukan biaya perawatan yang mahal. Kecambah mengandung manfaat omega 3 yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta menurunkan risiko timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya seperti gatal, scaling dan eritema.

Dengan demikian, dengan mengkonsumsi kecambah akan dapat membantu membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih muda yaitu dengan pengurangan kondisi peradangan seperti jerawat dan psoriasis.

11. Mencegah penuaan dini

ads

Kandungan vitamin E dalam toge juga mampu melindungi sel dari pengaruh radikal bebas yang dapat mengakibatkan terjadinya penuaan dini. Hal ini berarti bahwa dengan mengkonsumsi toge dapat membantu mencegah penuaan dini serta, sangat dibutuhkan dalam proses pergantian kulit. Selain vitamin E manfaat vitamin C dalam toge juga dapat mempromosikan produksi kolagen pada kulit yang nantinya dapat membuat kulit lebih elastis serta akan tempak lebih muda.

12. Menghidrasi kulit

Toge juga kaya manfaat vitamin B yang dapat membantu dalam proses pembentukan kulit yang sehat. Dengan mengkonsumsi segelas jus toge setiap hari, dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik, sehingga menjaga kelembabannya.

13. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat toge untuk kecantikan juga mengandung sejumlah nutrisi yang snagat berguna bagi pertumbuhan rambut. Diantaranya adalah manfaat vitamin C yang telah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Hal ini juga sangat membantu dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, rapuh dan tipis, serta dapat mencegah berbagai gangguan seperti alopecia dan hirsutisme.

14. Mencegah rambut beruban

Kandungan antioksidan dalam toge dapat membantu mengurangi resiko munculnya uban lebih awal yang disebabkan oleh oksidasi jaringan, yaitu dengan mencegah korosi jaringan.

15. Menguatkan rambut

Manfaat vitamin A dalam toge dapat merangsang folikel rambut dan kulit kepala untuk menghasilkan rambut lebih sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering serta dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, mengkonsumsi toge juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta memperkuat dan memperbaiki jaringan kapiler dalam upaya mendapatkan rambut yang kuat dan tebal yaitu dengan menghasilkan pembuluh darah baru dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan folikel.

Manfaat vitamin K yang juga ada dalam toge dapat membantu dalam membangun protein dalam kulit kepala untuk mempertahankan akar dan helai rambut yang kuat. Sedangkan kandungan zat besi dalam togedapat membantu membawa oksigen ke kulit kepala, akar dan rambutnya.

16. Mencegah ketombe

Kandungan selenium dalam manfaat toge dapat membantu membunuh jamur Malassezia yang dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Hal ini akan dapat mendorong pertumbuhan rambut baru  serta dapat menghilangkan kotoran-kotoran penyebab ketombe.


Untuk mengkonsumsinya, toge bisa dinikmati dalam keadaan mentah ataupun melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Toge seringkali dijadikan aneka olahan makanan seperti sup, oseng, maupun sebagai bahan pembuatan lumpia. Untuk menghasilkan kualitas toge yang baik diperlukan kacang hijau dengan kualitas baik, tidak busuk, serta bebas dari pestisida. Adapaun untuk perkembangannya, toge biasanya memerlukan tempat yang gelap, lembab, dengan kadar air yang cukup. Pembudidayaan toge bisa dilakukan kapanpun, dan tidak mengenal musim. Dan perkembangannya tidak memerlukan sinar matahari.

Berikut ini proses dalam pembuatan toge :

  • Mencuci serta merendam benih yang telah disiapkan selama +/- 6 hingga 8 jam
  • Menyebar benih yang telah siap pada alas kain yang telah disiapkan
  • Melakukan penyiraman benih +/- sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan menggunakan air bersih
  • Kecambah toge siap dipanen dalam 3 hingga 5 hari kemudian.


Selain memeiliki kandungan gizi serta manfaat yang melimpah, toge juga memiliki sifat-sifat maupun zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan. Diantara bahaya tersebut antara lain adalah :

  1. Mengkonsumsi terlalu banyak toge dapat merusak lambung dengan mudah. Hal ini dapat menyebabkan kolitis akut, gastroenteritis berat, dan diare.
  2. Bagi wanita yang menderita kanker payudara atau yang sedang menjalani pengobatan dengan terapi tamoxifen sebaiknya membatasi konsumsi toge, atau jenis kecambah lainnya. kandungan senyawa fitoestrogen yang terdapat dalam toge dapat mengganggu proses terapi tersebut.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 12th, August 2015 / 08:37 Oleh :
Kategori : Sayuran